PENGARUH BI RATE, PENANAMAN MODAL DALAM NEGERI, PRODUK DOMESTIK BRUTO, JUMLAH PENDUDUK, INDEKS PRODUKSI INDUSTRI TERHADAP PENGHIMPUNAN DANA ZAKAT DI INDONESIA TAHUN 2015.01-2019.12
PDF

Keywords

Bi rate, Penanaman Modal Dalam Negeri, Produk Domestik Bruto, Jumlah Penduduk, Indeks Produksi Industri, Zakat

Abstract

Artikel ini bertujuan menganalisis pengaruh variabel makro terhadap penerimaan zakat di Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah runtut waktu (time series) periode 2015.01 – 2019.12 meliputi BI rate, Penanaman Modal Dalam Negeri (PMD), Produk Domestik Bruto (PDB), Jumlah Penduduk (Populasi), Indeks Produksi Industri (IPI). Hasil analisis dalam penelitian ini menggunakan model ARDL-ECM menunjukkan bahwa dalam jangka panjang variabel yang berpengaruh terhadap penerimaan zakat adalah Penanaman Modal Dalam Negeri, Produk Domestik Bruto dan Indeks Produksi Industri. Dalam jangka pendek, variabel-variabel yang berpengaruh terhadap penerimaan zakat adalah Penanaman Modal Dalam Negeri, Produk Domestik Bruto dan Indeks Produksi Industri. Sehingga dalam jangka Pendek dan dalam jangka panjang variabel yang berpengaruh yaitu Penanaman Modal Dalam Negeri, Produk Domestik Bruto dan Indeks Produksi Industri

https://doi.org/10.21274/jeps.v2i1.4670
PDF

References

Afifah, Nur. “Pengaruh Produk Domestik Bruto (PDB) Dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Terhadap Jumlah Penghimpunan Dana Zakat, Infaq Dan Shadaqah (ZIS) Di Indonesia Tahun 2010 – 2015”. Skripsi. IAIN Tulungagung, Tulungagung, 2017.
Al Aksar, Natiq. “Pengaruh Variabel Ekonomi Makro Dan Mikro Terhadap Jumlah Penerimaan Zakat Di Indonesia.” Tesis. Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, 2019. https://dspace.uii.ac.id (diakses 23 April 2021)
Azizah, Yanis Khosni. “Analisis Pengaruh Variabel Ekonomi Makro: Suku Bunga, Nisbah Bagi Hasil, Inflasi Dan Produksi Industri Terhadap Jumlah Zakat Yang Diterima Di Indonesia.” Tesis. Sekolah Pasca Sarjana Universitas Airlangga, Surabaya, 2017. https://pdfcoffee.com/yanis-khosni-azizahtesisunairpdf-pdf-free.html (diakses 28 April 2021)
Bailey, Karlene. 2001. “Macroeconomic Fluctuations, Economic Policy And The Jamaican Stock Market.” Social and Economic Studies 50(3/4): 173-207.
Boediono. 2005. Ekonomi Moneter Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE
FORDEDI, ADESy. 2017. Ekonomi dan Bisnis Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Gujarati, Damodar N. and Dawn C. Porter. 2013. Dasar-dasar Ekonometrika. Jakarta: Salemba Empat
https://www.worldometers.info/world-population/indonesia-population/ (diakses 6 Mei 2021)
Islamiyati, Dina, dan Humaira Hany, Ira. 2019. Pengaruh Inflasi, Indeks Produksi Industri, dan Kurs terhadap Penghimpunan Zakat, Infaq, dan Sedekah, Telaah Bisnis STIM YKPN Yogyakarta 20. no. 2 (Desember 2019): 27. http://journal.stimykpn.ac.id/index.php/tb (diakses 3 Mei 2021)
Johadi. “Analisis Ketahanan Sistem Perbankan Di Indonesia: Pendekatan Makro Dan Mikroprudensial.” Tesis. Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, 2015.
Junaidi dan Hardiani. 2009. Dasar-Dasar Teori Ekonomi Kependudukan. Jambi: Hamada Prima
Muhamad. 2020. Makroekonomi Islam Suatu Pengantar. Yogyakarta: UPP STIM YKPN
Saeed. 2015. “ARDL Using Eviews With The Help Of Few Steps”. Meo School of Research, http://saeedmeo.blogspot.co.id
Sugiyanto, Catur. 2010. Analisis Indikator Ekonomi. Yogyakarta: PSEKP UGM
www.bi.go.id
www.bps.go.id
www. pid.baznas.go.id
Yusof, Rosylin Moh. dan Majid M. Shabri Abd., 2007. “Macroeconomic Variables And Stock Returns In Malaysia: An Application Of The Ardl Bound Testing Approach”. Research Center on International Cooperation of the University Of Bergamo 31(4)

Downloads

Download data is not yet available.