PENGARUH CITRA PERUSAHAAN, TINGKAT KEAGAMAAN, GAYA HIDUP, PERSEPSI, DAN PROMOSI TERHADAP MINAT MENJADI NASABAH BANK SYARIAH DI KOTA BLITAR
PDF

Keywords

Citra Perusahaan, Tingkat Keagamaan, Gaya Hidup, Persepsi, Promosi

Abstract

Lembaga Keuangan Syariah merupakan lembaga keuangan yang beroperasional dan berjalan dengan prinsip syariah Islam. Prinsip syariah Islam ini berbeda dari perbankan atau lembaga keuangan konvensional. Lembaga Keuangan Syariah sebagai lembaga keuangan dengan prinsip syariah awalnya hadir sebagai pilihan sekaligus solusi untuk muslim yang ingin terhindar dari praktek bank atau lembaga keuangan konvensional yang menggunakan system ribawi namun akhirnya juga dapat menjadi pilihan bagi selain umat muslim. Penyelenggaraan lembaga keuangan syariah berarti wajib bertanggung jawab secara syariah untuk menjaga tidak hanya agar praktek dalam lembaga keuangan syariah itu bebas riba saja tapi juga harus bebas dari unsur maysir/judi dan Ghoror/spekulasi/judi. Islam memerintahkan untuk menjauhi hal hal tersebut karena hal tersebut dianggap sebagai berbuat zhalim atau kerusakan. Indonesia merupakan suatu negara yang mayoritas penduduknya adalah agama islam. Dengan pertambahan penduduk muslim yang sangat pesat, maka Indonesia ini memiliki potensi yang besar untuk mengembangkan sistem keuangan di Lembaga Keuangan Syariah. Dengan hal tersebut akan mempermudah untuk menggerakkan masyarakat di Indonesia khususnya yang beragama islam untuk menjadi nasabah di Bank Syariah yang ada di Indonesia. Akan tetapi, mengapa sampai saat ini masih banyak masyarakat Indonesia yang belum paham mengenai Perbankan Syariah. Dengan menekankan pengetahuan kepada masyarakat pastinya akan mempermudah dalam memasarkan produk perbankan syariah. Selain mayoritas penduduknya agama islam, Indonesia juga sangat padat dengan penduduknya. Salah satu kota yang memiliki banyak penduduk adalah di Kota Blitar. Dengan jumlah penduduk yang banyak dan mayoritas agama islam, maka akan mempermudah lembaga keuangan syariah untuk menarik atau merangkul masyarakat

https://doi.org/10.21274/jeps.v2i2.5322
PDF

Downloads

Download data is not yet available.