IDENTIFIKASI LAYANAN BARU UNTUK PENGAMBILAN KEBIJAKAN TARIF LAYANAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN BADAN LAYANAN UMUM
PDF

Keywords

Identifkasi, Badan Layanan Umum, Pendapatatan

Abstract

Tulisan ini adalah policy brief yang bertujuan untuk mengungkapkan aspek layanan umum yang mampu dikembangkan oleh Badan Layanan Umum (BLU) Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pengalistatusan dari institut ke universitas di beberapa perguruan tinggi Islam negeri yang banyak terjadi di dekade ini diawali dengan semangat menuju kemajuan ilmu pengetahuan yang ada di masing-masing Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Proses integrasi antara ilmu agama dan ilmu sains menjadi tolok ukur kemajuan sebuah perguruan tinggi. Di sisi lain, selain ilmu pengetahuan, alih status institusi ini juga berangkat dari spirit perbaikan layanan pendidikan yang bisa dilakukan lewat BLU. Dengan BLU ini universitas tidak lagi hanya memberikan pengetahuan integrasi ilmu pengetahuan dan agama melainkan juga bagaimana sebuah universitas mampu memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada lingkungan akademik universitas. Artikel ini setidaknya memberikan gambaran layanan apa saja yang mampu dikembangkan oleh BLU UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat lebih baik lagi

https://doi.org/10.21274/jeps.v3i01.6160
PDF

References

Arifin, Nur. “Kebijakan Transformasi IAIN Menjadi UIN Pada Kementerian Agama Republik Indonesia (RI).” UIN Sunan Ampel Surabaya, 2020.
Al Usrah, C. R., Mutafarifa, B., & Fahmi, M. F. (2021). Persepsi Muslim, Etika Dan Nilai Bisnis Dari Karaoke Syariah. Journal of Islamic Tourism, Halal Food, Islamic Traveling, and Creative Economy, 1(1), 47-62.
Box, Richard C. “Running Government like a Business: Implications for Public Administration Theory and Practice.” The American Review of Public Administration 29, no. 1 (1999): 19–43.
Egeberg, Morten, and Jarle Trondal. “Agencification and Location: Does Agency Site Matter?” Public Organization Review 11, no. 2 (2011): 97–108.
Harbani, Rahma Indina. “6 IAIN Ini Resmi Berubah Jadi UIN, Ini Harapan Menag,” n.d. Accessed July 7, 2022. https://www.detik.com/edu/perguruan-tinggi/d-5586886/6-iain-ini-resmi-berubah-jadi-uin-ini-harapan-menag.
Suradi, Ahmad. “Analisis Format Ideal Transformasi Institut Menuju Universitas Di PTKIN.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 3, no. 1 (2018): 1–14.
Thynne, Ian. “Making Sense of Organizations in Public Management: A Back-to-Basics Approach.” Public organization review 3, no. 3 (2003): 317–332.
Waluyo, Budi. “Analisis Permasalahan Pada Implementasi Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum.” Jurnal Infoartha 3, no. 12 (2014): 27–38.
Sumber Perundang-undangan dan Website
Dit. PK BLU; “Digitalisasi Pengelolaan Bisnis BLU”; http://blu.djpbn.kemenkeu. go.id/index.php?r=publication/news/view&id=68; diakses tanggal 8 Maret 2021.
Indonesia; “Peraturan Pemerintah tentang Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum”; PP No. 23; 2005; pasal 1.
Menteri Keuangan; “Peraturan Menteri Keuangan tentang Pedoman Pengelolaan Badan Layanan Umum”; PMK No. 129/PMK.05/2020; 2020.
Nawasis; “Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum”; nawasis.org/portal/ digilib/read/pengelolaan-keuangan-badan-layanan-umum/47657; diakses tanggal 8 Maret 2021.
Isnaini, U. N. (2020). ANALYSIS OF HEALTH ASSESSMENT WITH CAMEL METHOD IN AN NISA'S COOPERATIVE, BLITAR CITY. BALANCE: JOURNAL OF ISLAMIC ACCOUNTING, 1(02), 92-107.
“Lagi, Lima IAIN Bertransformasi Menjadi Universitas Islam Negeri,” n.d. Accessed July 7, 2022. https://kemenag.go.id/read/lagi-lima-iain-bertransformasi-menjadi-universitas-islam-negeri-y5g5j.
“Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 17 Tahun 2016 – JDIH Pemerintah Provinsi Bali.” Accessed July 7, 2022. https://jdih.baliprov.go.id/produk-hukum/peraturan/katalog/23509.

Downloads

Download data is not yet available.