PERAN EKONOMI KREATIF KERAJINAN KESET BAPAK ROMI DALAM MEMBANGUN MASYARAKAT PRODUKTIF DI DESA TUNGGANGRI KECAMATAN KALIDAWIR
PDF

Keywords

Produktivitas
peran
ekonomi kreatif

Abstract

Perusahaan kerajinan keset milik Pak Romi merupakan salah satu yang terbesar di wilayah Kalidawir dan menjadi fokus kajian ini karena beliau adalah penggerak ekonomi kreatif di Dusun Tunggangri yang banyak menganggur dan tidak memiliki pekerjaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merinci bagaimana Romi menggunakan ekonomi kreatif untuk membantu membangun masyarakat yang sejahtera, dan bagaimana pengaruhnya terhadap masyarakat Tunggangri. Pendekatan penelitian adalah deskriptif kualitatif yang menekankan pada interpretasi dan justifikasi temuan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan informan kunci, observasi langsung, dan pencatatan yang cermat, serta diambil dari sumber primer dan sekunder. Mereduksi data, menyajikan data, dan membuat kesimpulan semuanya dilakukan dengan menggunakan alat analisis data. Berdasarkan apa yang kami ketahui sekarang, kami dapat dengan yakin mengatakan bahwa perusahaan kerajinan keset milik Pak Romi adalah salah satu contoh ekonomi kreatif karena memberikan tempat berkumpul bagi anggota masyarakat setempat, melatih mereka untuk bekerja sama secara efektif, dan menginspirasi mereka untuk menjadi lebih baik. diri. Tujuan Pak Romi adalah untuk membantu masyarakat setempat dan memudahkan mitra bisnis baru untuk terlibat. Pabrik keset inovatif Bapak Romi di Tunggangri telah membantu meningkatkan produksi lokal dan memberikan stabilitas ekonomi yang sangat dibutuhkan di daerah tersebut. Perusahaan kerajinan keset milik Pak Romi sangat bermanfaat, bahkan berperan penting, dalam pembangunan masyarakat yang sejahtera, tidak hanya di daerah sekitar, tetapi juga di beberapa desa tetangga

https://doi.org/10.21274/jeps.v3i2.7116
PDF

References

Anwar, Moh Khoirul . “Produktivitas dalam Perspektif Ekonomi Islam.” BISEI: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam 5, no. 01 (2020): 1-14.
Anwar, Muhammad,” Pengantar Kewirausahaan,” PT. Kharisma Putra Utama, (2017).
Carr , Juli Annette. Industri kreatif, pekerja kreatif, dan ekonomi kreatif: Tinjauan literatur terbaru yang dipilih . Penelitian Sosial Pemerintah Skotlandia, (2009).
Farhan, Naufal, “Produktif dan Berdaya di Era Pandemi Covid 19,” LP 2M UIN SGD Bandung, (2021).
Hartomo , Deny Dwi , dan Malik Cahyadin . “Pemeringkatan Faktor Keberlanjutan Usaha Industri Kreatif di Kota Surakarta.” Jurnal Ekonomi & Kebijakan Publik 4, no. 2 (2013): 225-236.
Alexander, Erwan . Zaman, N., Muhammad C. Syafrizal , P. Sukarman , B. Erniati , MPS Hengki , B. Edwin, S. Eko , dan Puji H. Koesriwulandari . "Sumber Daya dan Kesejahteraan Masyarakat. Yayasan Penulisan Kita, Medan." (2021): 103-128. IQTISHADUNA 4, no. 2 (2021): 627-636.
Kusnadi , "Pengantar Manajemen, Unibraw Press," (2005)
Muchdarsyah , Sinungan . "Produktivitas Apa dan Bagaimana, Bumi Sastra." (2019).
Muhdar , HM "Potret Ketenagakerjaan, Pengangguran, dan Kemiskinan di Indonesia: Masalah dan Solusinya." Al -Buhuts 11, tidak. 1 (2015): 42-66.
Purnomo, Rochmat Aldi . Ekonomi Kreatif Pilar Pembangunan Indonesia . Ziyad Visi Media, 2016.
Saksono , Heri . "Ekonomi Kreatif: Bakat Baru Picu Daya Saing Daerah." Jurnal Bina Praja : Jurnal Tata Kelola Dalam Negeri 4, no. 2 (2012): 93-104.
Setyarini , Wenny. “Upaya Peningkatan Produktivitas di Masa Pandemi dengan Mengelola Tambal Sulam.”
Soekanto , Sarjomo "Sosiologi Suatu Pengantar". Raja Grafinfo , (2010) .
Susanti , Hewi , Mohd Nur Syechalad , and Abubakar Hamzah. “Analisis Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi Aceh dan Pengeluaran Pemerintah Terhadap Pendapatan Asli Daerah Provinsi Aceh Pasca Tsunami.” Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Publik Indonesia 4, no. 1 (2017): 1-12.
Zaman, N., Muhammad C. Syafrizal , P. Sukarman , B. Erniati , MPS Hengki , B. Edwin, S. Eko , dan Puji H. Koesriwulandari . "Sumber Daya dan Kesejahteraan Masyarakat. Yayasan Penulisan Kita, Medan." (2021): 103-128

Downloads

Download data is not yet available.