IMPLEMENTASI INTERGRATED MARKETING COMMUNICATION DALAM MENUNJANG PEMASARAN DAN BRAND EQUITY BMT MANDIRI ARTHA SEJAHTERA JAWA TIMUR
PDF

Keywords

Intergrated Marketing Communication
Pemasaran
Brand Equity

Abstract

Penelitian ini memiki tujuan untuk memberikan pemahaman tentang seberapa penting Intergrated Marketing Communication dalam Menunjang Pemasaran dan Brand Equity BMT Mandiri Artha Sejahtera Jawa Timur. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif deskriptif melalui wawancara. Obyek penelitian adalah BMT Mandiri Artha Sejahtera Jawa Timur. Hasil penelitian menjelaskan pentingnya Intergrated Marketing Communication (IMC) untuk berkomunikasi dengan pelanggan agar mendapat hubungan timbal balik yang baik, serta menginformasikan secara langsung tentang adanya BMT dengan produk-produk yang ditawarkan. IMC memastikan konsistensi komunikasi dalam memfasilitasi tujuan pemasaran, meningkatkan Brand Equity (ekuitas merek). Konsep komunikasi dalam IMC yang digunakan adalah direct marketing, sales promotion, Public relation, personal selling, advertising, word of mouth marketing, events and exeriences, dan interactive marketing. Strategi IMC memudahkan dalam menyampaikan pesan ataupun informasi dalam terkait produknya, meskipun alat yang digunakan dalam penyampaian pesan berbeda tetapi maksud informasi serja tujuan memiliki arti sama. Elemen yang berpengaruh untuk membentuk brand equity diawal ialah word of mouth, komunikasi melalui mulut ke mulut melalui tokoh-tokoh yang berpengaruh besar ditengah masyarakat, membuat lebih melekat kepercayaannya. Selain itu public relation juga termasuk hal yang mendukung adanya penguatan merek, dari hubungan yang baik akan tercipta hubungan timbal balik yang baik juga dari konsumen. Dari strategi IMC yang sesuai akan membantu penyampaian pesan dan informasi, sehingga tersampaikan secara maksimal dan tepat sasaran

https://doi.org/10.21274/jeps.v3i2.7126
PDF

References

A Aker, David. 1991. Managing Brand Equity. New York : The Free Press.
A Aker, David. 2013. Manajemen Pemasaran Strategis. Jakarta: Salemba Empat.
Apriliani, Aisyah. 2022. Pengaruh Media Social Terhadap Kegiatan Bisnis, (online), (https://retizenrepublika.co.id/posts/30464/pengaruh-media-sosial-terhadap-kegiatan-bisnis), diakses 7 Maret 2022.
Chitty, William dkk. 2008. Integrated Marketing Communications, Second Asia Pasific Edition. Australia: Chengage Learning Australia Pty Limited.
Fayakun, Wawancara: Kanor, 17 Februari 2022.
Firmansyah, Muhammad Anang. 2020. Komunikasi Pemasaran. Pasuruan: Qiara Media.
Kotler, Philip dkk. 2009. Manajemen Pemasaran: Edisi 13. Alih Bahasa Bob Sabran. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Mukhamad Roni, Wawancara: Kanor, 17 Februari 2022.
Pickton, David and Amanda Broderick. 2005. Integrated Marketing Communication. Essex: Pearson education.
Ratna saida, Wawancara: Sumberrejo, 15 Februari 2022.
Rumini, Wawancara: Kapas, 16 Februari 2022.
Shinta. Agustina. 2011. Manajemen Pemasaran. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Downloads

Download data is not yet available.