Analisa Persepsi Masyarakat Tentang Biaya Administrasi Di Bank Konvensional Dengan Pendekatan Al-Urf Dan Relevansinya Pada Ekonomi Islam
PDF

Keywords

Biaya admin Bank, Urf, Ekonomi Islam

Abstract

Artikel ini memabahas tentang persepsi masyarakat terhadap biaya administrasi di bank konvensional yang masih pro dan kontra bagi masyarakat Indonesia. Perbedaan tersebut bisa disebabkan karena adanya banyak faktor salah satunya adalah pemahaman yang kurang terkait perbankan dan ekonomi Islam. Maka dari itu dalam artikel ini akan mencoba membahas tentang perbedaan persepsi dimasyarakat terkait biaya administrasi, kemudian mencoba mengkaji relevansi al-urf pada biaya administrasi dan kajian ketiga adalah tentang bagaimana posisi maqashid syariah pada biaya administarsi di bank konvensional. Metode yang dipaikai pada artikel ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan maqashid syariah dan pendekatan fenomenologi. Penggalian data diperoleh dengan teknik wawancara dan observasi secara acak kepada muslim yang pernah menjadi nasabah di bank konvensioal. Hasil dari kajian ini adalah persepsi masyarakat yang berbeda telah dipengaruhi oleh banyak faktor fundamental seperti faktor kemapuan ekonomi dan pemahaman. Kedua adalah urf masih sangat relevan jika digunakan sebagai dasar biaya administarsi di bank konvensional, ketiga dari aspek maqashid syariah biaya administrasi sudah sesuai dengan kulliyat al khams. Berdasarkan kajian yang dipaparkan dalam artikel ini ada satu kesimpulan utama bahwa biaya administrasi tetap sah namun tetap harus ada batasan bahwa biaya administrasi hanya bisa dibenarkan ketika diimplementasikan diluar keperluan hutang piutang antara pihak bank dan nasabah

https://doi.org/10.21274/jeps.v4i01.8273
PDF

References

Abdullah, A.A. Maqasid Al-Shariah and the Principles of Islamic Jurisprudence: A Comparative Study. The Islamic Foundation, 2015.
Alfaruqi, F and A. Prastowo. “Perkembangan Asuransi Syariah Di Inggris.” Jurnal Al Muqayyad 4, no. 2 (2021): 128.
Al-Makki, Ahamad. “Relevansi Pendekatan Al-Urf Dalam Biaya Administrasi Bank Konvensional.” Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam 5, no. 2 (2018): 43–56.
Antonio, Muhammad Syafi’i. Bank Syariah: Dari Teori Ke Praktik. Yogyakarta: Gema Insani, 2001.
Anwar, Choirul, Yunita Sari, and Tina Miniawati Barusman. “Analisis Penggunaan Anggaran Biaya Administrasi Umum Dan Efisiensi Terhadap Peningkatan Kinerja Supervisor (Studi Kasus Pada PT. Lautan Teduh Interniaga Bandar Lampung).” Jurnal Akuntansi Dan Keuangan 3, no. 1 (2012).
Autad, Sunan and Imam Kamaluddin Suratman. “Konsep ‘Urf Dalam Penetapan Hukum Islam.” Jurnal Tsaqafah 13, no. 2 (2017): 279-296.
El-Ashker, Abdul-Rahman. Financial Transactions in Islamic Jurisprudence. London: International Institute of Islamic Thought, 1992.
Fadillah, Ayu Aulia and Taufiqurrahman Ruqi. “Penerapan Prinsip Syariah Dalam Biaya Administrasi Bank: Studi Kasus Bank Syariah Di Kota Bandung.” Jurnal Syariah 27, no. 2 (2019): 297.
Fahmi, Moh Farih, Shonhaji Sholeh, Ali Arifin, Iskandar Ritonga, and Lathoif. “Literature Study on Traditional Javanese Economic.” IOSR Journal of Economics and Finance (IOSR-JEF) 12, no. 3 (2021): 16.
Fiaizah, Nurul, and Oktaviana. “Analisis Strategi BAZNAS Provinsi Bengkulu Dalam Upaya Mempertahankan Eksistensi UMKM Dengan Pendekatan Maqashid Syariah.” Al-Intaj: Jurnal Ekonomi Dan Perbbankan Syariah 9, no. 1 (n.d.): 45.
Ghazali, Al. Ihya Ulumuddin. 6. Nuansa Cendekia, 2020.
Hasan, Muhammad. Islamic Banking and Finance: Principles, Instruments & Operations. BPB Publications, 2019.
Hidayat, Ahmad and Mukhammad Mukhlisin. “Analisis Pertumbuhan Zakat Pada Aplikasi Zakat Online Dompet Dhuafa. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 6, no. 3 (2020): 675.
Hidayat, Fatimah Taufiq and Mohd Izhar Ariff bin Mohd Qasim. “Kaedah Adat Muhakkamah Dalam Pandangan Islam (Sebuah Tinjauan Sosiologi Hukum).” Urnal Sosiologi USK (Media Pemikiran & Aplikasi) 9, no. 1 (2016): 67-83.
Ibrahim, Faisal. “Urf Sebagai Prinsip Dalam Hukum Ekonomi Islam.” Jurnal Hukum Ekonomi Syariah 4, no. 1 (2017): 87-98.
Jones, A, Smith. B, and Tanaka. C. “The Impact of Public Perception of Administrative Fees on Bank Performance.” Journal of Banking and Finance 35, no. 2 (2020): 43–60.
Khusnul Fikriyah. “Fikriyah, Khusnul. "Al-Umuru Bimaqasidiha: Bagaimana Implementasinya Dalam Muamalah?” Nomicpedia: Journal of Economics and Business Innovation 1, no. 2 (n.d.): 80.
Mahmud, Amir. “Kajian Hadist Tentang Halal, Haram Dan Syubhat.” Jurnal Adabiyah 17, no. 2 (2017): 124. https://doi.org/10.24252/JAd.v17i1i2a3.
Mannan, M.A. Islamic Financial Management: Theory, Policy and Practice. Routledge, 2018.
Mukhtar, Masruri. “Analisis Risiko Akad Murabahah Di Perbankan Syariah.” Jurnal Info Arta 5, no. 1 (n.d.): 2021.
Nafisi, M.I.W. “Hak Ijbar Perspektif Maqasid Asy-Syar’iyah Imam Syatibi.” Disertation, UIN Sunan Kalijaga, 2022.
Qardlawi, Yusuf. Interest-Free Commercial Banking. Islamic Development Bank: Islamic Research and Training Institute, 1985.
Rifqi, Ahmad. “Penerapan Ganti Rugi (Ta’widh) Pada Produk Amanah Di Pegadaian Syariah. (Studi Pada Pegadaian Syariah Kantor Cabang Pondok Aren).” Skripsi, Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta., 2021.
Tanaka, C. “The Impact of Public Perception of Administrative Fees on Bank Revenue and Profitability.” Journal of Financial Economics 25, no. 3 (2018): 45-60.
Usmani, Mufti MUhammad Taqi. An Introduction to Islamic Finance. Brill, 2021.
Widyananda, A.J. “Power Relations in Dating Relationships: A Phenomenological Study of Violence in University Students in Samarinda City Relasi Kuasa Dalam Hubungan Pacaran: Studi Fenomenologi Kekerasan Pada Mahasiswa Di Kota Samarinda.” Jurnal Sosiologi Dialektika 18, no. 1 (2023): 34.
Zurqani, I. Iqh Muamalah: Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam Dalam Transaksi Kontemporer. Semarang: Kencana Prenada Media Group, 2013.

Downloads

Download data is not yet available.