Analisis Pengaruh Inflasi, Ekspor, Impor, Uang Beredar Dan Nilai Tukar Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia Periode 2018-2022
PDF

Keywords

Inflasi
Ekspor dan Impor
Pertumbuhan Ekonomi

Abstract

Penelitian ini diperuntukkan guna mencari tahu sejauh mana variabel independen (Inflasi, Ekspor, Impor, Uang Beredar, dan Nilai Tukar) dalam memberikan pengaruh terhadap variabel dependen (Pertumbuhan Ekonomi) dalam rentang waktu lima tahun terakhir. Penelitian kuantitatif ini digunakan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh variabel Inflasi, Ekspor, Impor, Uang Beredar, dan Nilai Tukar terhadap Pertumbuhan Ekonomi. Dengan hasil sebagai berikut: Inflasi tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi, Ekspor tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi, Impor tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi, Uang Beredar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi, Nilai Tukar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi, dan Inflasi, Ekspor, Impor, Uang Beredar dan Nilai Tukar secara bersama-sama (simultan) berpengaruh dan signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi.

https://doi.org/10.21274/jeps.v4i01.8274
PDF

References

Adnan, M., Yulindawati, dan Mifda F. “Pengaruh Ekspor Dan Impor Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Provinsi Aceh”. 1, tidak. 2 (Mei 2022): 8. https://researchgate.net.
Badan Pusat Statistik. “Data Ekspor dan Impor”. bps.go.id. https://www.bps.go.id (diakses 4 Mei 2023).
Badan Pusat Statistik. “Data Uang Beredar (Milyar Rupiah)”. bps.go.id. https://www.bps.go.id (diakses 4 Mei 2023).
Bank Indonesia. “Data Inflasi”. bi.go.id. https://www.bi.go.id (diakses 4 Mei 2023).
Febriyanti D. F. “Pengaruh Ekspor dan Impor terhadap Produk Domestik Bruto Indonesia Tahun 2008-2017”. 2, tidak. 1 (April 2019): 15. https://ecoplan.ulm.ac.id.
Firmansyah M. N. “Analisis Ekspor dan Impor terhadap Pertumbuhan Ekonomi dengan Mediasi Daya Beli Masyarakat”. Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (Desember 2020): 5. https://etheses.uin-malang.ac.id.
Kementerian Perdagangan. “Data Nilai Tukar Mata Uang Asing terhadap Rupiah”. satudata.kemendag.go.id. https://satudata.kemendag.go.id (diakses pada 4 Mei 2023).
Kementerian Perdagangan. “Data Produk Domestik Bruto”. satudata.kemendag.go.id. https://satudata.kemendag.go.id (diakses pada 4 Mei 2023).
Kistianingsih D. “Analisis Pengaruh Jumlah Uang Beredar, Inflasi, Investasi, dan Nilai Tukar Rupiah terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia Tahun 2000-2017”. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta (Agustus 2019): 4. https://eprints.ums.ac.id.
Maulina, R., Jul F. S., dan Rollis J. “Pengaruh Tingkat Inflasi dan Pengangguran terhadap Pertumbuhan Ekonomi”. 4, tidak. 1 (April 2018): 53. https://researchgate.net.
Ngatikoh, S., dan Isti’anah. “Pengaruh Ekspor Impor Bagi Pertumbuhan Ekonomi dalam Perspektif Islam”. 4, tidak. 1 (Maret 2020): 57. https://jurnal.unimed.ac.id.
Salim A., Fadila, dan Anggun P. “Pengaruh Inflasi terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia”. 7, 1 (Agustus 2021): 20. https://ejournal.stebisigm.ac.id.
Septiatin, A. M., dan Rizki, M. K. “Pengaruh Inflasi dan Tingkat Pengangguran Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia”. 2, tidak. 1 (Juli 2016): 62. https://jurnal.radenfatah.ac.id.
Sianipar Y. L. “Pengaruh Inflasi, Investasi, Nilai Tukar, dan Tenaga Kerja terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia”. 8, tidak. 1 (Juli 2019): 4. https://jimfeb.ub.ac.id.
Silaban, Putri S. M. J., dan Raysa R. “Pengaruh Inflasi, Ekspor, dan Impor terhadap PDB di Indonesia Periode 2015-2018”. 9, tidak. 1 (Maret 2020): 57. https://jurnal.unimed.ac.id.

Downloads

Download data is not yet available.