Abstract
Purpose: Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital masyarakat Desa Sukorejo sebagai strategi pemberdayaan menuju desa cerdas. Literasi digital dianggap sebagai kunci dalam memperkuat kapasitas warga dalam menghadapi tantangan era teknologi informasi dan komunikasi.
Method: Kegiatan dilakukan melalui pendekatan partisipatif-edukatif oleh tim KKN UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung selama Juli–Agustus 2024. Program meliputi pelatihan UMKM digital, edukasi aplikasi belajar, promosi media sosial, serta penyuluhan kesehatan berbasis teknologi. Metode pelaksanaan berupa praktik langsung, diskusi kelompok, dan simulasi penggunaan aplikasi populer seperti Canva, Kahoot!, dan WhatsApp Business.
Practical Applications: Program ini mendorong warga untuk aktif mempromosikan produk lokal, menggunakan media sosial sebagai sarana komunikasi, serta memahami etika dan keamanan digital. Anak-anak diperkenalkan dengan teknologi pembelajaran interaktif, sementara pelaku usaha mulai mengembangkan strategi branding dan konten digital.
Conclusion: Pelaksanaan program menunjukkan peningkatan keterampilan warga dalam memanfaatkan teknologi secara produktif. Program ini membuktikan bahwa pendekatan literasi digital yang sederhana dan aplikatif dapat mempercepat transformasi desa menuju ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan.
References
Abbas, J., Aman, J., Nurunnabi, M., & Bano, S. (2019). The Impact of Social Media on Learning Behavior for Sustainable Education: Evidence of Students from Selected Universities in Pakistan. Sustainability, 11(6), 1683. https://doi.org/10.3390/su11061683
Aditya, R., & Rusdianto, R. Y. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 96–102. https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i2.386
Ahmed, A., Naji, A., & Tseng, M.-L. (2020). A decision model for selecting a safety data sheet management system using fuzzy TOPSIS. Journal of Modelling in Management, 15(4), 1515–1541. https://doi.org/10.1108/JM2-05-2019-0109
Malik, H. (2021). Cyber Religion Dan Real Religion Di Tengah Masyarakat Digital. KOMUNIKA, 4(1), 63–78. https://doi.org/10.24042/komunika.v4i1.8615
Ni Putu Gatriyani. (2024). Meningkatkan Profesionalisme Berbasis Teknologi dan Empati untuk Mendukung Pengabdian Masyarakat di Era Society 5.0. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 73–85. https://doi.org/10.65055/bhaktijivana.v1i2.9
Suryawandari, D., Wicaksono, A. S., Febryani, M. W., Agustin, R. D., Pamungkas5, W. R., Komariyah, E. F., & Afnan. (2025). Digitalisasi UMKM Berbasis E-Commerce: Pelatihan, Pendampingan, dan Implementasi UMKM Go Digital: Pengabdian. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 4(1), 4409–4417. https://doi.org/10.31004/jerkin.v4i1.2067
Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Implikasi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) Bagi Pemberdayaan Bimbingan dan Konseling dalam Mengembangkan Kompetensi Konselor. Jurnal Tahsinia, 2(1), 67–77. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.293
Zahroh, F., & Afrianingsih, A. (2024). Strategi Penanaman Moral Agama Melalui Lingkungan Hidup. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(3). https://doi.org/10.51574/jrip.v4i3.2158

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
