Mengatasi Gangguan Fokus Belajar Siswa Hiperaktif menggunakan Metode Self instruction
PDF

Keywords

Strategi Guru
Gangguan Fokus Belajar
Siswa Hiperaktif
Metode Self Instruction

How to Cite

Hati, I., & Nurlaila Erfiana, N. (2024). Mengatasi Gangguan Fokus Belajar Siswa Hiperaktif menggunakan Metode Self instruction. Pemijar: Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Dan Pembelajaran, 1(1), 37-48. Retrieved from https://ejournal.uinsatu.ac.id/index.php/pemijar/article/view/9301

Abstract

Terhambatnya proses kegiatan belajar mengajar dapat disebabkan adanya gangguan pada peserta didik, gangguan tersebut apabila tidak segera ditangani maka akan berdampak buruk bagi masa depan peserta didik. Adapun jenis gangguan yang kerap di temui dalam pendidikan di sekolah dasar adalah gangguan siswa hiperaktif. Hiperaktif sendiri dapat dikatakan seperti gangguan yang terjadi pada syaraf otak, hal tersebut akan menyebabkan siswa sulit memusatkan perhatian, sulit untuk diam, dan juga sulit untuk di atur. Agar permasalahan siswa hiperaktif tidak semakin parah, maka guru harus mencari strategi dan metode yang tepat digunakan. Salah satunya guru dapat menggunakan metode self instruction, metode self instruction merupakan metode yang menggunakan pendekatan berupa interaksi secara pribadi antara guru dengan siswa dengan tujuan agar siswa mampu memahami perasaannya dan mampu mengendalikan dirinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data diambil melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan model Miles Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi data). Uji keabsahan data yaitu menggunakan teknik triagulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran yang tepat, maka guru di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam dapat mengembalikan fokus belajar siswa hiperaktif dan dapat memahami materi yang disampaikan oleh guru, selain itu penggunaan metode self instruction memberikan dampak yang positif bagi perubahan tingkah laku siswa hiperaktif menjadi siswa yang dapat berinteraksi sosial dengan baik, dan dapat meningkatkan hasil belajarnya di sekolah.

PDF

References

Evita Nur Chasanah. 2018. Peran Konselor dalam Mengatasi Siswa yang Hiperaktif Melalui Pendekatan Behavioral dengan Konseling Individual. Surakarta: Repository Universitas Slamet Riyadi.

Gabriel Amin Silalahi.2003. Metode Penelitian dan Studi Kasus. Sidoarjo: CV Citra Media. 57.

Haris, C. M., Graham, P. 2006. Cognitive Behavioral Treatment in Children With Attention Deficit Hyperactivity Disorder. Revista de Psicologia: Universitas de Antoquia. 6, no. 2.

Helda Fitriyani Herdayanti. 2021. Strategi Pembelajaran Anak ADHD Di MI SeKecamatan Banjarmasin Timur. Banjarmasin: Repository UIN Palu.

Maria Ulfa. 2015. Beragam Gangguan Paling Sering Menyerang Anak, Yogyakarta: Flash Book. 104-106.

Mingkala, Haria. 2021. Pendampingan Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Mendidik Anak Hiperaktif Serta Cara Menangani Anak Hiperaktif. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian 1.

Muhammad Wahyudi dan Nurjanah. 2023. Strategi Bimbingan Konseling untuk mengatasi Hiperaktif pada Anak Usia Dini di RA Masyithoh XV Pangenjurutengah Purworejo. Purworejo: Abna: journal of islamic early chilhood education, 4 no. 1, 26.

Oman Fathurohman. 2023. Membentuk Karakter Unggul di Sekolah Inklusif: Studi Kasus Strategi Guru di SD Peradaban Cilegon. Banten: Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 8, no. 2, 168.

Saifudin Azwar. 2004. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offiset. 91

Saryono. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif . Yogyakarta: Nuha Medika. 9.

Setyawan, AB. 2015. Aspek Neurologis: Attention Deficit Hiperactivity Disorder (ADHD). Surabaya: Fakultas Kedokteran

Sukmawan Rivanaldi. 2020. Keterampilan Guru Dalam mengatasi Siswa Hiperaktif di Kelas VA SDN 55/1 Sridadi, Jambi: Repository UNJA.

Thyagarajan. 2016. A Case Study Using Cognitive Behavioral Therapy Management of ADHD, India: The International Journal of Indian. 3, no. 8.

Yuliati. 2022. Teknik Guru Menangani Anak Hiperaktif (Studi Kasus di Kelas III SDN 2 Jonggrangan Klaten Tahun Pelajaran 2021/2022). Klaten: Repository Uwindha.

Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta:Kencana.179

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.