IMPLEMENTASI PENDEKATAN JOYFULL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA MI PERWANIDA BLITAR
PDF

Keywords

Joyfull Learning
Pembelajaran Matematika
Partisipasi Siswa

How to Cite

Mulya, F., & Jamilah, J. (2024). IMPLEMENTASI PENDEKATAN JOYFULL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA MI PERWANIDA BLITAR. Pemijar: Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Dan Pembelajaran, 1(1), 25-36. Retrieved from https://ejournal.uinsatu.ac.id/index.php/pemijar/article/view/9302

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena akan rendahnya nilai siswa pada pembelajaran matematika, partisipasi siswa di dalam kelas rendah, serti banyaknya siswa yang tidak suka dengan pelajaran matematika. Di antara yang menjadi penyebabnya adalah pembelajaran matematika yang seringkali disampaikan dengan kurang menyenangkan. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Implementasi Pendekatan Joyfull Learning untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa pada Pembelajaran Matematika siswa MI Perwanida Blitar dan untuk menjelaskan faktor dan penghambat tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan teknik penggalian data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk menggali suatu informasi mengenai penerapan Joyfull Learning dalam pembelajaran matematika Madrasah Ibtidaiyah Perwanida Blitar. Observasi digunakan untuk mengamati secara langsung siswa dan lingkungannya. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data dengan melihat dan menganalisis dokumen yang telah diambil untuk meneliti suatu subjek. Hasil penelitian ini menunjukan MI Perwanida Blitar telah mengimplementasikan pendekatan Joyfull Learning pada pembelajaran matematika karena pendekatan ini membuat siswa antusias dan berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Para guru membuat siswa merasa nyaman dan senang dalam proses pembelajaran, hal ini menjadikan siswa lebih mudah untuk mengerti dan memahami konsep yang diajarkan oleh guru. Faktor pendukung implementasi Joyfull Learning dalam meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika termasuk variasi gaya mengajar setiap guru, sarana dan prasarana sekolah yang mendukung, seperti media interaktif, serta kemampuan guru dalam berinovasi. Sementara itu, faktor penghambatnya meliputi hilangnya fokus siswa karena suasana menyenangkan, perbedaan karakter siswa dalam menyikapi pembelajaran, dan kesulitan dalam membagi waktu antara penyampaian materi dan pembangunan suasana belajar yang menyenangkan.

PDF

References

Abdullah, Abdurrahman, ‘Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas IV SD Inpres Bertingkat Kelapa Lima 2 Kota Kupang’, HINEF : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan, 2.2 (2023), 1–10 <https://doi.org/10.37792/hinef.v2i2.951>

Ahmad, and Muslimah, ‘Memahami Teknik Pengolahan Dan Analisis Data Kualitatif’, Proceedings, 1.1 (2021), 173–86

Akbar, Nadiyah Novia, Herdijanti, and Erna Noor Savitri, ‘Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Minat Belajar Siswa Melalui Think Pair Share ( Tps ) Pada Materi Bumi Dan Tata Surya Kelas Vii a Smp Negeri 3’, Seminar Nasional IPA XIII ‘Kecemerlangan Pendidikan IPA Untuk Konservasi Sumber Daya Alam’, 2023, 142–56 <https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snipa/article/download/2298/1781>

Alfansyur, Andarusni, and Mariyani, ‘Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu

Pada Penelitian Pendidikan Sosial’, Historis, 5.2 (2020), 146–50

Amelia, Chairunnisa, ‘Problematika Pendidikan Di Indonesia’, Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3 (2019), 775–79

Antonius Purwanto, ‘Kota Blitar: Kota Yang Mengiringi Kelahiran Indonesia’, Kompaspedia, 2022 <https://kompaspedia.kompas.id/baca/profil/daerah/kota-blitar-kota-yang-mengiringi-kelahiran-indonesia>

Atika Nur Hidayati, Vera Veriani, Rohini, ‘Penerapan Strategi Joyfull Learning Dalam Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SDN 5 KARANG ANYAR’, 01 (2016), 1–23

Azizah, Nur, Siti Khalijah Simanjuntak, and Neliwati Neliwati, ‘Peran Kepala Sekolah Dalam Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah Di SMA Negeri 1 Kutacane’, Transformasi Manageria: Journal of Islamic Education Management, 3.2 (2023), 506–14 <https://doi.org/10.47467/manageria.v3i2.3179>

Cerya, Efni, ‘Joyful Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan’, Pakar Pendidikan, 14.1 (2016), 35–36

Dewi Geca Willda Farhi, Tamjidillah HM Amin, ‘ANALISIS DAMPAK PENERAPAN REWARD DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN 2 TERONG TAWAH’, Jurnal of Primary Education, 1 (2022), 1–46 <http://repository.uinmataram.ac.id/3341/1/Analisis Danpak Penerapan Reward Dalam Pembelajaran Matematika Kelas V SDN 2 Terong Tawah.pdf>

Emiliza, Anisa, Pendi Hasibuan, Uin M Sjech Djamil Djambek Bukittinggi, and Sumatera Barat, ‘Penerapan Strategi Joyful Learning Pada Mata Pelajaran Pai Di Uptd Smpn 1 Kec Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota’, KOLONI: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1.3 (2022), 2828–6863

Fadli, Muhammad Rijal, ‘Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif’, Humanika, 21.1 (2021), 33–54 <https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075>

Fitri Barokah, Nan Rahminawati, and Dewi Mulyani, ‘Analisis Terhadap Partisipasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MTsN 2 Garut’, Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 1.1 (2021), 15–20 <https://doi.org/10.29313/jrpai.v1i1.39>

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.