PENGARUH MODAL INVESTASI, TEKNOLOGI YANG MEMADAI, DAN MOTIVASI TERHADAP MINAT MAHASISWA BERINVESTASI DI PASAR MODAL
PDF

Keywords

Investasi
Modal Investasi
Teknologi
Motivasi
Modal pasar

How to Cite

Siwi, G., & Meirini, D. (2021). PENGARUH MODAL INVESTASI, TEKNOLOGI YANG MEMADAI, DAN MOTIVASI TERHADAP MINAT MAHASISWA BERINVESTASI DI PASAR MODAL. Jurnal Penelitian Mahasiswa Ilmu Sosial Ekonomi Dan Bisnis Islam (SOSEBI), 1(1), 1-13. https://doi.org/10.21274/sosebi.v1i1.4912

Abstract

Abstrak: Dengan banyaknya perusahaan efek yang menerbitkan aplikasi investasi dan dapat dengan mudah diakses melalui ponsel dengan tujuan untuk memudahkan masyarakat, khusunya kawula muda seperti mahasiswa untuk berinvestasi. Namun minat untuk berinvestasi dikalangan mahasiswa masih sangat rendah dengan segala kemudahan untuk berinvestasi. Seyogyanya melalui investasi kita bisa mendapatkan keuntungan tambahan sekaligus belajar mengelola keuangan. Maka tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat pengaruh modal investasi, teknologi yang memadai, dan motivasi terhadap minat mahasiswa untuk berinvestasi di pasar modal. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dengan sampel 70 responden. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan SPSS 26 untuk uji uji vaiditas, reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, uji autokorelasi, uji berganda, dan uji regresi linier. Hasil yang diperoleh dalam peneltian ini menunjukkan bahwa 1) varibel modal investasi berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa berinvestasi di pasar modal, 2) variabel teknologi memadai berpengaruh signifikan terhadap mina mahasiswa berinvestasi di pasar modal, 3) variabel motivasi berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa berinvestasi di pasar modal, 4) variabel modal investasi, teknologi yang memadai, dan motivasi secara simultan atau bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa berinvestasi di pasar modal.

Kata Kunci: Investasi; Modal Investasi; Teknologi; Motivasi; Pasar Modal.

 

Abstract: With so many securities companies issuing investment applications that can be easily accessed via mobile phones, it makes it is easier for the public, especially young people such as students, to invest. However, the interest in investing among students is still very low with all the conveniences to invest. It should be through an investment that we can get additional benefits while learning to manage finances. So the purpose of this study is to determine the level of influence of investment capital, adequate technology, and motivation on student interest in investing in the capital market. The research approach used in this research is quantitative, with the type of descriptive research. Sources of data used are primary data with a sample of 70 respondents. Data collection techniques through questionnaires. The data obtained were then processed using SPSS 26 to test the validity, reliability, normality test, multicollinearity test, heteroscedasticity test, autocorrelation test, multiple tests, and linear regression test. The results obtained in this study indicate that 1) the investment capital variable has a significant effect on student interest in investing in the capital market, 2) the adequate technology variable has a significant effect on students' interest in investing in the capital market, 3) the motivation variable has a significant effect on student interest in investing in the market. capital, 4) investment capital variables, adequate technology, and motivation simultaneously or jointly have a significant effect on student interest in investing in the capital market.

Keywords: Investment; Investment Capital; Technology; Motivation; Capital market.

https://doi.org/10.21274/sosebi.v1i1.4912
PDF

References

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), pp. 179–211. doi: 10.1016/0749-5978(91)90020-T.

Amalia, N., Malikah, A. dan Mahsuni, A. W. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan pada Investasi Saham. E-JRA Vol. 09 No. 01 Agustus 2020, 09(01), pp. 29–39.

Habib, M. A. F. (2021). Kajian Teoritis Pemberdayaan Masyarakat dan Ekonomi Kreatif. Ar Rehla: Journal of Islamic Tourism, Halal Food, Islamic Traveling, and Creative Economy, 1(2), 106-134. https://doi.org/10.21274/ar-rehla.v1i2.4778

Haidir, M. S. (2019). Pengaruh Pemahaman Investasi, dengan Modal Minimal dan Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa dalam Melakukan Investasi di Pasar Modal Syariah. Jurnal Istiqro: Jurnal Hukum Islam, Ekonomi dan Bisnis, 5(2), pp. 198–211.

Hasibuan, B. M. (2017). Investasi dan Sejarah Perkembangan Investasi Asing di Indonesia. Available at: https://business-law.binus.ac.id/2017/02/19/investasi-dan-sejarah-perkembangan-investasi-asing-di-indonesia/.

Mahdi, S. A., Jeandry, G. dan Wahid, F. A. (2020). Pengetahuan, Modal Minimal, Motivasi Investasi dan Minat Mahasiswa untuk Berinvestasi di Pasar Modal. Jurnal Ekonomi, Akuntansi dan Manajemen Multiparadigma (JEAMM), 1(2), pp. 44–55. doi: 10.51182/jeamm.v1i2.1840.

Mastura, A., Nuringwahyu, S. dan Zunaida, D. (2020). Pengaruh Motivasi Investasi, Pengetahuan Investasi dan Teknologi Informasi Terhadap Minat Berinvestasi di Pasar Modal (Studi Pada Mahasiswa FIA dan FEB UNISMA yang Sudah Menempuh Mata Kuliah Mengenai Investasi). Jiagabi, 9(1), pp. 64–75.

Pardiansyah, E. (2017). Investasi dalam Perspektif Ekonomi Islam: Pendekatan Teoritis dan Empiris. Economica: Jurnal Ekonomi Islam, 8(2), pp. 337–373. doi: 10.21580/economica.2017.8.2.1920.

Perusahaan, U. K. (2020). Dukung Social Distancing, Ksei Percepat Realisasi E-Proxy PT Kustodian Sentra; Efek Indonesia. Available at: https://www.ksei.co.id/publication/fokusss-bulletin.

Tri Cahya, B. dan Ayu Kusuma, N. W. (2019). Pengaruh Motivasi dan Kemajuan Teknologi terhadap Minat Investasi Saham. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Keislaman, 7, pp. 192–207.

Umar, Husein. (2000). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Wibowo, A. (2018). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Kebijakan Modal Minimal Investasi, dan Pelatihan Pasar Modal terhadap Minat Investasi (Studi Kasus Mahasiswa FE UNESA yang Terdaftar di Galeri Investasi FE UNESA). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 7(1), pp. 192–201.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.