PENGARUH PENGETAHUAN PAJAK, SIKAP, DAN KESADARAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK BUMI DAN BANGUNAN
PDF

Keywords

Pengetahuan Pajak
Sikap
Kesadaran Wajib Pajak
Kepatuhan Wajib Pajak
Pajak Bumi dan Bangunan

How to Cite

Saputri, A., & Khoiriawati, N. (2021). PENGARUH PENGETAHUAN PAJAK, SIKAP, DAN KESADARAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK BUMI DAN BANGUNAN. Jurnal Penelitian Mahasiswa Ilmu Sosial Ekonomi Dan Bisnis Islam (SOSEBI), 1(1), 14-23. https://doi.org/10.21274/sosebi.v1i1.4917

Abstract

Abstrak: Pajak bumi dan bangunan atau PBB merupakan salah satu sumber penghasilan negara, yang sangat berguna untuk menyokong pembangunan sarana dan prasarana umum,dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun tingkat kepatuhan masyarakat untuk membayar pajak bumi dan bangunan masih tergolong rendah, hal ini dipengaruhi karena kurangnya pengetahuan terhadap pajak dan didukung kurangnya sikap dan kesadaran masayarakat sebagai wajib pajak. Maka tujuan dari penelitian ini untuk mengenali akibat kurangnya pengetahuan tentang pajak, sikap, serta kesadaran masyarakat terhadap kepatuhan wajib pajak untuk membayar pajak bumi dan bangunan di Kelurahan Bence, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model penelitian deskriptif. Adapun data yang digunakan yaitu sumber data primer dengan sampel peneltiain sebanyak 86 responden. Sedangkan untuk teknik pengambilan data yaitu dengan menyebar kuesioner. Untuk teknik pengolahan data menggunakan SPSS 26 untuk uji validitas, reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastistas, uji autokorelasi, dan uji regresi linier berganda (uji-t dan uji-F). Hasil penelitian menyimpukan bahwa pengetahuan pajak, sikap, serta kesadaran masyarakat berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan masyarakat saat membayar pajak bumi dan bangunan di Kelurahan Bence.

Kata Kunci: Pajak Bumi dan Bangunan; Pengetahuan Pajak; Sikap; Kesadaran Wajib Pajak; Kepatuhan Wajib Pajak.

 

Abstract: Land and building tax or PBB is one of the sources of state income, which is very useful to support the development of public facilities and infrastructure, to improve people's welfare. However, the level of public compliance to pay land and building taxes is still relatively low, this is influenced by a lack of knowledge of taxes and supported by a lack of attitude and awareness of the community as taxpayers. So the purpose of this study is to identify the consequences of lack of tax knowledge, attitudes, and public awareness of taxpayer compliance to pay land and building taxes in Bence Village, Garum District, Blitar Regency. This research uses a quantitative approach with a descriptive research model. The data used are primary data sources with a sample of 86 respondents. As for the data collection technique, namely by distributing questionnaires. For data processing techniques using SPSS 26 for validity, reliability, normality test, multicollinearity test, heteroscedasticity test, autocorrelation test, and multiple linear regression test (t-test and F-test). The results of the study conclude that tax knowledge, attitudes, and public awareness have a positive and significant impact on community compliance when paying land and building taxes in Bence Village.

Keywords: Land and Building Tax; Tax Knowledge; Attitude; Taxpayer Awareness; Taxpayer Compliance.

https://doi.org/10.21274/sosebi.v1i1.4917
PDF

References

Ariastuti, S. dan H. (2019). Pengaruh Pengetahuan Perpajkan, Kesadaran Wajib Pajak, dan Pemberian Hadiah terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan di Kecamatan Pasar Kota Surakarta. Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi informasi, pp. 341–351.

Budhiartama, I. G. P. dan Jati, I. K. (2016). Pengaruh Sikap, Kesadaran Wajib Pajak dan Pengetahuan Perpajakan pada Kepatuhan Membayar Pajak Bumi dan Bangunan. E-Jurnal Akuntansi, 15(2), pp. 1510–1535.

Fitrianingsih, F., Sudarno, S. dan Kurrohman, T. (2018). Analisis Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Pelayanan Fiskus dan Sanksi Denda terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan di Kota Pasuruan. E-Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, 5(1), p. 100. doi: 10.19184/ejeba.v5i1.7745.

Gusar, H. S. dan Nurazlina, P. (2019). Oleh: Helen Stephanie Gusar Pembimbing : Nurazlina dan Susilatri’, pp. 1–15.

Habib, M. A. F., & Maika, A. (2018). Pola Komunikasi Dokter-Pasien dalam Pemberian Pelayanan Kesehatan. Yogyakarta: Repository Universitas Gadjah Mada.

Hartini, O. S. dan Sopian, D. (2018). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Urnal Sains Manajemen & Akuntansi, 10(2), pp. 43–56.

Ma’ruf, M. H. dan Supatminingsih, S. (2020). Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan. Jurnal Akuntansi dan Pajak, 20(2), pp. 276–284. doi: 10.29040/jap.v20i2.641.

Nafiah, Z. dan Warno, W. (2018). Pengaruh Sanksi Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, dan Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan (Studi Kasus Pada Kecamatan Candisari Kota Semarang Tahun 2016). Jurnal Stie Semarang, 10(1), pp. 86–105. doi: 10.33747/stiesmg.v10i1.88.

Oktafiyanto, I. dan Wardani, D. K. (2016). Pengaruh Pemahaman Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, dan Pelayanan Fiskus terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Bumi dan Bangunan. Jurnal Akuntansi, 3(1), pp. 41–52. doi: 10.24964/ja.v3i1.43.

Rachmawati, A. (2013). Analisis Efektifitas dan Kontribusi Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (Pbb) terhadap Pendapatan Daerah di Kabupaten Gresik. Jurnal Kesehatan Olahraga, 1(3), pp. 1–20.

Ramadhanti, I., Suharno dan Widarno, B. (2020). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Pelayanan Fiskus, Sanksi Pajak, dan Sosialisasi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan di Kota Surakarta, Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi, 16(1), pp. 9–21.

Salmah, S. (2018). Pengaruh Pengetahuan dan Kesadaran Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan (Pbb). Inventory: Jurnal Akuntansi, 1(2), p. 151. doi: 10.25273/.v1i2.2443.

Witjaksono, D. dan Muldiah, S. (2017). Pengaruh Kesadaran Masyarakat terhadap Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan di Kabupaten Lebak. Jurnal Studia Akuntansi dan Bisnis, 5(3), pp. 109–120.

Wowor, V. M. L., Sabijono, H. dan Wokas, H. R. N. (2017). Pengaruh Sikap Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (Pbb) di Kecamatan Motoling di Kabupaten Minahasa Selatan. Going Concern : Jurnal Riset Akuntansi, 12(2), pp. 770–781. doi: 10.32400/gc.12.2.18073.2017.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.