ANALISIS PEMBERDAYAAN UMKM PADA MASA PANDEMI COVID-19
PDF

Keywords

Pemberdayaan UMKM
Pandemi Covid-19
UMKM Pada Masa Pandemi

How to Cite

Emiliani, F., Rizqiana, S., Suhandito, R., Muchibbah, N., Nurmahfidhoh, R., & Habib, M. (2021). ANALISIS PEMBERDAYAAN UMKM PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Penelitian Mahasiswa Ilmu Sosial Ekonomi Dan Bisnis Islam (SOSEBI), 1(1), 83-94. https://doi.org/10.21274/sosebi.v1i1.4929

Abstract

Abstrak: UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) merupakan usaha (bisnis) yang umumnya dilakukan oleh masyarakat dalam skala rumah tangga. UMKM di Indonesia memiliki andil yang cukup besar dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, karena UMKM dapat membantu Indonesia ketika mengalami krisis ekonomi tahun 1998. Pandemi covid-19 yang dimulai dari tahun 2020 hingga 2021 ini, menjadi penyebab UMKM di berbagai daerah mengalami penurunan pendapatan. Pada masa pandemi covid-19 beberapa pengusaha UMKM yang mengalami penurunan penghasilan antara lain seperti pelaku bisnis pariwisata, transportasi atau pun kuliner. Pelaku UMKM pada masa pandemi covid-19 dapat memaksimalkan penjualannya menggunakan media online dan para pelanggan dapat menilai produk yang dibeli dengan cara memberikan bintang untuk meningkatkan penjualan agar dikenal masyarakat secara luas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data studi kepustakaan. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemberdayaan masyarakat melalui UMKM yang tepat pada masa pandemi yaitu dengan mengembangkan produk melalui e-commerce, mempromosikan produk dengan pemasaran digital, mempertahankan Customer Relationship Marketing (CRM), dan memperbaiki kualitas dan pelayanan produk maupun jasa.

Kata Kunci: Pemberdayaan UMKM; Pandemi Covid-19; UMKM Pada Masa Pandemi.

 

Abstract: MSME (Micro, Small and Medium Enterprises) are businesses (businesses) that are generally carried out by the community on a household scale. MSME in Indonesia have a significant role in improving the community's economy, because MSME can help Indonesia when it experienced the economic crisis in 1998. The COVID-19 pandemic, which started from 2020 to 2021, has caused MSME in various regions to experience a decline in income. During the COVID-19 pandemic, several MSME entrepreneurs experienced a decline in their income, such as tourism, transportation or culinary businesses. MSME actors during the COVID-19 pandemic can maximize their sales using online media and customers can assess the products purchased by giving stars to increase sales so that they are widely known to the public. This study uses descriptive qualitative research methods with data collection techniques literature study. The results of this study indicate that the right strategy for community empowerment through MSME during the pandemic is to develop products through e-commerce, promote products with digital marketing, maintain Customer Relationship Marketing (CRM), and improve the quality and service of products and services.

Keywords: MSME Empowerment; Covid-19 Pandemic; MSMEs During a Pandemic.

https://doi.org/10.21274/sosebi.v1i1.4929
PDF

References

Afrizon, H. (2020, Oktober 1). Pemberdayaan IKM/UMKM Terhadap Pandemi Covid-19 Oleh Pemerintah Daerah. Retrieved Oktober 24, 2021, from Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau: https://dispkh.riau.go.id/post/21/pemberdayaan-IKM-UMKM-terhadap-pandemi-covid-19-oleh-pemerintah-daerah

Amri, A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Brand, 2(1), 123-130. Retrieved from https://ejournals.umma.ac.id/index.php/brand

Andayani, I., Roesminingsih, M. V., & Yulianingsih, W. (2021, Maret). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Pelaku UMKM di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Nonformal, 16(1), 12-20.

Awwaabiin, S. (2021, Juni 7). Studi Literatur : Pengertian, Ciri-Ciri, dan Teknik Pengumpulan Datanya. Retrieved Oktober 23, 2021, from Penerbit Deepublish: https://penerbitdeepublish.com/studi-literatur

Habib, M. (2021). Kajian Teoritis Pemberdayaan Masyarakat dan Ekonomi Kreatif. Ar Rehla: Journal of Islamic Tourism, Halal Food, Islamic Traveling, and Creative Economy, 1(2), 106-134. https://doi.org/10.21274/ar-rehla.v1i2.4778

Handayani, T., Rahmi, M., & Fathoni, M. A. (2021). Pemberdayaan Pelaku Ekonomi Usaha Mikro Terdampak Covid-19 di Kelurahan Pangkalan Jati Jakarta Selatan. Jurnal Ikraith-Abdimas, 4(2), Juli.

Hardilawati, W. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akutansi & Ekonomika, 10(1), 1-10. Retrieved from http://ejurnal.umri.ac.id/index.php/jae

Hastuti, P., Nurofik, A., Purnomo, A., Hasibuan, A., Aribowo, H., Faried, A. I., . . . Simarmata, J. (2020). Kewirausahaan UMKM. Medan: Yayasan Kita menulis.

Junaedi, D., & Salistia, F. (2020). Dampak Pndemi Covid-19 Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Negara-Negara Terdampak. Jurnal Simposium Nasional Keuangan Negara, 2(1), 1-19. Retrieved from https://jurnal.bppk.kemenkeu.go.id/snkn/article/view/600/323

Maryani, D., & Nainggolan, R. R. (2019). Pemberdayaan Masyarakat. Sleman: CV Budi Utama.

Nisa, K. K., & Habib, M. A. (2020). Penerapan Corporate Social Responcibility (CSR) di TBBM Pertamina Rewulu sebagai Bentuk Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Sosiologi, 65-72.

Rosita, R. (2020, November). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 109-120.

Setiawan, S. (2021, September 22). Studi kepustakaan. Retrieved Oktober 23, 2021, from Guru Pendidikan: https://www.gurupendidikan.co.id/studi-kepustakaan/

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.