PENGARUH LOGO HALAL, KESADARAN HALAL, DAN SIKAP KONSUMEN UNTUK KEMBALI MEMBELI PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN KEMASAN
Download Article (PDF)

Keywords

logo halal
kesadaran halal
pengaruh logo halal
keputusan minat beli

How to Cite

Alinda, R., & Adinugraha, H. (2022). PENGARUH LOGO HALAL, KESADARAN HALAL, DAN SIKAP KONSUMEN UNTUK KEMBALI MEMBELI PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN KEMASAN. Jurnal Penelitian Mahasiswa Ilmu Sosial Ekonomi Dan Bisnis Islam (SOSEBI), 2(2), 153-168. https://doi.org/10.21274/sosebi.v2i2.6298

Abstract

Abstrak: Kegiatan ekonomi tidak dapat dipisahkan dari pergantian peristiwa dan kemajuan produk. Selanjutnya, sebagai negara Muslim yang berpenduduk mayoritas Muslim, tentunya sangat penting untuk memperhatikan dan mengetahui konsep kehalalan suatu barang, terlebih dengan kemajuan mekanis yang dapat mendukung pembentukan produk baru. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan teknik non probability sampling. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan populasi mahasiwa IAIN Pekalongan dan sampel 34 yaitu mahasiswa Fakultas FEBI. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan studi pustaka, kuesioner dan lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh logo halal terhadap perilaku konsumen terhadap makanan dan minuman kemasan, mengetahui kesadaran dari konsumen terhadap kehalalan dan mengetahui keputusan yang akan dibeli konsumen terhadap produk yang akan dibeli maupun sudah di beli. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa logo halal dan kesadaran halal berpengaruh signifikan terhadap keputusan minat beli ulang produk makanan dan minuman kemasan pada mahasiswa Fakultas FEBI Iain Pekalongan. Penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan evaluasi bagi para konsumen yang ingin membeli suatu produk makanan dan minuman kemasan agar lebih memperhatikan label halal di kemasannya terutama bagi konsumen yang Muslim.

Kata Kunci: Logo halal, kesadaran hala, pengaruh logo halal, keputusan minat beli.

 

Abstract: Economic activity cannot be separated from the turn of events and the progress of products. Furthermore, as a Muslim country with a Muslim majority population, it is crucial to pay attention to and know the halalness of an item, especially with mechanical advances that can support the formation of new products. This research method is quantitative using a non-probability sampling technique. Hypothesis testing using multiple linear regression analysis with a population of IAIN Pekalongan students and a sample of 34 students from the Faculty of Economics and Business Islam (FEBI). Instruments in this study use literature studies, questionnaires, and others. This study aimed to determine the effect of the halal logo on consumer behavior towards packaged food and beverages, consumer awareness of halalness, and the decisions that consumers will buy on products to be purchased or already purchased. The results of this study are that the halal logo and halal awareness significantly affect the decision to repurchase packaged food and beverage products in FEBI students, Iain Pekalongan. This research can be used as an evaluation material for consumers who want to buy a packaged food and beverage product to pay more attention to the halal label on the packaging, especially for Muslim consumers.

Keywords: Halal logo, halal awareness, influence of halal logo, decision to buy interest

https://doi.org/10.21274/sosebi.v2i2.6298
Download Article (PDF)

References

Alfikri, S., Baga, L. M., & Suprehatin, S. (2019). Consumer Awareness and Willingness to Pay for Halal Certified of Beef in Bogor Area. Journal of Halal Product and Research, 2(2), 51. https://doi.org/10.20473/jhpr.vol.2-issue.2.51-59

Astuti, F. Y., & Nugroho, M. (2021). Analisis Pengaruh Firm Size, Leverage Dan Sale Growth Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomika dan Bisnis, 8(2), 83–102.

Aulia, A. N. (2018). Pengaruh Pengetahuan Produk Halal, Religiusitas, Dan Halal Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pangan Kemasan Berlabel Halal.. (Doctoral dessertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Bulan, T., & Rizal, M. (2016). Pengaruh Labelisasi Halal terhadap Keputusan Pembelian Sosis di Kuala Simpang Kabupaten Aceh Tamiang. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 5(1), 431–439.

Edi Wibowo, D., & Diah Madusari, B. (2018). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Oleh Konsumen Muslim Terhadap Produk Makanan di Kota Pekalongan. Indonesia Journal of Halal, 1(1), 73. https://doi.org/10.14710/halal.v1i1.3400

Hamdani, A., Sari, N., & Umuri, K. (2021). Pengaruh Kesadaran Halal dan Sertifikat Halal terhadap Minat Beli Produk Kentucky Fried Chicken (KFC). Al-Buhuts, 17, 198–212. https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/ab/article/view/2305

Hapsari, D. R., Kusumaningrum, I., Aminah, S., & Puspitasari, S. D. (2019). Studi Kasus Pengaruh Logo Halal dan Kesadaran Halal terhadap Keputusan Pembelian Bakso Sapi di Ciawi-Bogor. Jurnal Agroindustri Halal, 5(2), 196–203. https://doi.org/10.30997/jah.v5i2.1965

Headline news. (2017). Ditemukan Produk Tanpa Label Halal. Redaksi Palembang Ekspres. https://issuu.com/palpres/docs/palpres_jan_25_17/3

Ii, B. A. B., Terdahulu, A. K. P., & Teori, L. (2012). Bab ii kajian penelitian terdahulu, landasan teori/kerangka teori dan hipotesis. 1(1), 9–46.

Kurniaputri, M. R. (2020). Brand Equity dan Labelisasi Halal dalam Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Produk Lifebuoy. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 450. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i3.1200

Kusuma, R. W. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Fasilitas dan Emosional Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Dan Ilmu Riset Manajemen, 4, 1.

Lingga, H. (2016). awas, mamin tak berlabel halal marak di indomaret. http://www.lintaskapuas.com/awas-mamin-tak-berlabel-halal-marak-di-indomaret/

Maghfiroh. (2015). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Niat Membeli Makanan Kemasan Berlabel Halal LPPOM-MUI. Jurnal Economia, 11, 162.

Pramintasari, T., & Fatmawati, I. (2017). Pengaruh Keyakinan Religius, Peran Sertifikasi Halal, Paparan Informasi, Dan Alasan Kesehatan Terhadap Kesadaran Masyarakat Pada Produk Makanan Halal. Jurnal Manajemen Bisnis, 8(1), 1–33.

Safitri, L. N., Mukaromah, S. M., & Habib, M. A. (2021). Analisis Potensi Obyek Wisata Pantai dengan Konsep Halal Beach Tourism di Kota Denpasar. Ar Rehla: Journal of Islamic Tourism, Halal Food, Islamic Traveling, and Creative Economy, I(2), 167-180. doi:https://doi.org/10.21274/ar-rehla.v1i2.4814

Sujana, E. A. H. & Eri Agustian. (2013). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Produk Wall’s Conello). Jurnal Ilmiah Managemen Kesatuan, 1, 117.

Wahyuni, Noor. (2014). Uji Validitas dan Reliabilitas. Artikel Binus University Quality Management Center. https://qmc.binus.ac.id/2014/11/01/u-j-i-v-a-l-i-d-i-t-a-s-d-a-n-u-j-i-r-e-l-i-a-b-i-l-i-t-a-s/

Waskito, D. (2015). Pengaruh Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal, Dan Bahan Makanan Terhadap Minat Beli Produk Makanan Halal (Studi Pada Mahasiswa Muslim di Yogyakarta). Universitas Negeri Yogyakarta, 1, 1–12.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.