MINAT PEMUDA GAMPONG ALUE IE MIRAH DALAM BERWIRAUSAHA
Download Article (PDF)

Keywords

Minat
Pemuda
Wirausaha

How to Cite

Darmawan, Z., & Fakhurrazi, F. (2023). MINAT PEMUDA GAMPONG ALUE IE MIRAH DALAM BERWIRAUSAHA. Jurnal Penelitian Mahasiswa Ilmu Sosial Ekonomi Dan Bisnis Islam (SOSEBI), 3(1), 72-82. https://doi.org/10.21274/sosebi.v3i1.7536

Abstract

Abstrak: Penelitian ini mengkaji tentang Minat Pemuda Gampong Alue Ie Mirah dalam Berwirausaha (Studi Kasus di Kecamatan Indra Makmur Kabupaten Aceh Timur). Penelitian ini berfokus pada faktor pendorong minat pemuda Gampong Alue Ie Mirah dalam berwirausaha serta upaya yang dilakukan untuk sukses. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu teori motivasi perspektif McClelland. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa factor pendorong minat pemuda di Gampong Alue Ie Mirah dalam berwirausaha adalah (a), tempat tinggal di dalam pasar mendukung untuk membuka usaha; (b) keinginan memperoleh kesuksesan; (c) pemuda tidak ingin ketergantungan pada orang tua; (d) terbukanya lapangan pekerjaan; (e), keinginan mendongkrak perekonomian keluarga pada pemuda dari keluarga miskin; (f), dapat meningkatkan kepercayaan diri; (g), memberikan harta pribadi kepada pemuda; (g) adanya pengalaman bekerja. Strategi pemuda dalam mengembangkan usaha adalah (a), merencanakan usaha terlebih dahulu; (b) menyiapkan modal usaha; (c) menentukan lokasi usaha; dan (d) mengelola waktu usaha dan sekolah..

Kata Kunci: Minat; Pemuda; Wirausaha

 

Abstract: This research examines the interests of Youth Gampong Alue Ie Mirah in Entrepreneurship (Case Study in, Indra Makmur District, East Aceh district). This research focuses on factors driving youth interest in Gampong Alue Ie Mirah in entrepreneurship and effort made to succes. The theory used in this study is the McClelland perspective theory of motivation. This study uses a qualitative method using a descriptive approach. The results of this study indicate that the causes of youth in Gampong Alue Ie Mirah being interested in entrepreneurship are (a), housing in the market supports opening a business; (b) the desire to achieve success; (c) youth do not want to depend on their parents; (d) the opening of employ opportunities; fifth, the desire to boost the family economy for young people from poor families; (e), can increase self-confidence; (f), giving personal property to youth; (g) work experience. The youth strategy in developing a business is (a), planning the business beforehand; (b) preparing business capital; (c) determine the location of the business; and (d) managing business and school time.

Keywords: Motivation; Youth; Entrepreneurs

https://doi.org/10.21274/sosebi.v3i1.7536
Download Article (PDF)

References

Alma, Buchari. (2009). Kewirausahaan Untuk Mahasiswa Dan Umum. Bandung: Alfabeta.

Dariyo, Agoes. (2004). Psikologi Perkembangan Remaja. Bogor: Ghalia Indonesia.

Desmita. (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya

Habib, M. A., Nisa, B. K., Diniati, B. T. A., Ratnaningsih, A. P., & Fatkhullah, M. (2022). Empowerment of Society Art Groups as Supporting Magnetism of Sendang Made Natural Tourist Attraction, Jombang Regency. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 22231-22245.

Makabori, Y. Yan dan Triman Tapi. (2019). Generasi Muda dan Pekerjaan di Sektor Pertanian: Faktor Persepsi dan Minat (Studi Kasus Mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian Manokwari). Jurnal Triton, Vol. 10, No. 2, Desember 2019.

Mardatilah, Insonia dan Hermanzoni. (2020). Faktor Penyebab Rendahnya Minat Mahasiswa Kepelatihan Terhadap Kewirausahaan. Jurnal Patriot Volume 2 Nomor 1, Tahun 2020, PP: 327-335.

Rohani, S., Fauzi, F., Putra R, R., & Usrah, C. (2021). Julo-Julo dalam Konteks Pertukaran Sosial. Jurnal Penelitian Mahasiswa Ilmu Sosial, Ekonomi, dan Bisnis Islam (SOSEBI), 1(1), 24-35. https://doi.org/10.21274/sosebi.v1i1.4913

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryana, Yuyus dan Kartib Bayu. (2010). Kewirausahaan Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses. Jakarta: Kencana.

Suyanto, Bagong dan Sutinah. (2010). Metode Penelitian Sosial: Berbagai Alternatif Pendakatan. Jakarta: Kencana

Siagian, Sondang. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Binapura Aksara

Suryana.(2014). Kewirausahaan: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.