THE INFLUENCE OF SELF-EFFICIENCY AND MANAGEMENT KNOWLEDGE BUSINESS FINANCE ON ENTREPRENEURSHIP INTENTION
Download Article (PDF)

Keywords

Self-Efficacy
Knowledge
Financial Management
Business
Entrepreneurial Intentions

How to Cite

Setyagustina, K., Ihsan, M., Ahmadi, A., Wiranata, A., & Khotib, W. (2023). THE INFLUENCE OF SELF-EFFICIENCY AND MANAGEMENT KNOWLEDGE BUSINESS FINANCE ON ENTREPRENEURSHIP INTENTION. Jurnal Penelitian Mahasiswa Ilmu Sosial Ekonomi Dan Bisnis Islam (SOSEBI), 3(2), 166-175. https://doi.org/10.21274/sosebi.v3i2.8390

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk melihat efikasi diri dan pengetahuan manajemen keuangan bisnis terhadap niat seseorang dalam berwirausaha. Pendekatan kuantitatif Digunakan dalam penelitian untuk mengumpulkan, menafsirkan data dan menyajikan hasil penelitian yang memerlukan penggunaan angka-angka dengan sumber data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner dan wawancara terhadap responden yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri tidak dapat memberikan pengaruh terhadap niat berwirausaha dengan tingkat signifikansi sebesar 15,8% dan pengetahuan pengelolaan keuangan usaha dapat memberikan pengaruh terhadap niat berwirausaha dengan tingkat signifikansi sebesar 30,9%. Sedangkan efikasi diri dan pengetahuan pengelolaan keuangan usaha secara bersama-sama dapat mempengaruhi niat berwirausaha dengan tingkat signifikansi sebesar 21,5%. Berdasarkan pemaparan di atas, penulis memberikan rekomendasi yang menurut penulis dapat memberikan manfaat dan dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam membangun dan/atau menjalankan suatu usaha, antara lain: 1. Seorang wirausaha perlu memiliki pengetahuan tentang pengelolaan keuangan usaha dalam menjalankan usahanya; 2. Untuk dapat bersaing dalam mengembangkan usaha, selain harus mempunyai pengetahuan mengenai pengelolaan keuangan usaha, seorang wirausaha juga harus mampu mengetahui kemampuannya sendiri serta mampu menempatkan, mengatur dan memilah segala kebutuhan usaha pada tempatnya.

Kata kunci: Efikasi Diri; Pengetahuan; Pengelolaan Keuangan; Bisnis; Niat Berwirausaha.

 

Abstract: This research aims to look at self-efficacy and knowledge of business financial management on a person's intention to become an entrepreneur. The quantitative approach is a research approach in collecting, interpreting data and presenting research results that requires using numbers with data sources obtained by distributing questionnaires and interviews with the respondents studied. The results of this research show that self-efficacy cannot have an influence on entrepreneurial intentions with a significance level of 15.8% and business financial management knowledge can have an influence on entrepreneurial intentions with a significance level of 30.9%. Meanwhile, self-efficacy and business financial management knowledge together can influence entrepreneurial intentions with a significance level of 21.5%. Based on the explanation above, the author provides recommendations which the author thinks can provide benefits and can be considered in building and/or running a business, including: 1. An entrepreneur needs to have knowledge of business financial management in running his business; 2. To be able to compete in developing a business, apart from having knowledge of business financial management, an entrepreneur must be able to know his own abilities and be able to place, organize and sort all business needs in their place.

Keywords: Self-Efficacy; Knowledge; Financial Management; Business; Entrepreneurial Intentions.

https://doi.org/10.21274/sosebi.v3i2.8390
Download Article (PDF)

References

Agoes Dariyo. (2011). Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama, Bandung: Refika Aditama.

Badudu Zain. (1996). Kamus Umum Bahasa Indoensia, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Haris Nurdiansyah dan Robbi Saepul Rahman. (2019). Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Diandra Kreatif.

Kanyoto. (2018). Manajemen Keuangan Konsep dan Implementasi. Malang: UB Press.

Mulyani, I., Raditya, L., & Fatkhullah, M. (2021). Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit II Dumai. JESS: Jurnal Education Social Science, 1(1), 114–124.

Muhar, A. (2013). Faktor Penentu Intensi berwirausaha Di Kalangan Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri. Jurnal Keuangan dan Bisnis.

Pius Abdillah & Danu Prasetya. (2003). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Arloka.

Siti Fitriana. (September, 2015). Pengaruh Efikasi Diri, Aktivitas, Kemandirian Belajar dan Kemampuan Berpikir Logis terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP. Journal Of Est.

Sitorus, S. H., Fatkhullah, M., & Julastri, R. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Nelayan; Peran dan Kontribusi Dinas Perikanan dan Kelautan. Jurnal Masyarakat Madani, 7(1).

W.J.S Poewadarmita. (1996). “Kamus Umum Bahasa Indonesia”, Jakarta: Balai Pustaka

Zahro, E. O., Hidayati, A. N., & Habib, M. A. F. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Struktur Aktiva, dan Risiko Bisnis terhadap Struktur Modal pada Perusahaan Manufaktur Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018. Jurnal Sinar Manajemen, 9(2), 315-324.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.