Abstract
Pendidikan merupakan salah kebutuhan penting yang harus terpenuhi demi kelangsungan hidup manusia. Dengan adanya pendidikan, dapat membantu manusia untuk mengembangkan potensi dan kemampuan yang dimiliki agar bermanfaat bagi kehidupan dimasa sekarang maupun masa depan. Pendidikan memiliki beberapa landasan yang dapat dijadikan tumpuan dalam menganalisis kebijakan dan praktik pendidikan. Karena tanpa adanya landasan, tujuan dari pendidikan menjadi tak tentu arah. Salah satu landasan dari pendidikan adalah sosiologis dan antropologis. Landasan sosiologis dan antropologis menjaga hubungan antara individu dengan masyarakat, lingkungan, dan kebudayaanya. Dengan adanya landasan sosiologis dan antropologis pendidikan, seorang individu dapat belajar cara bersosialisasi di masyarakat dan lingkungannya, serta menjadikan mereka tetap melestarikan kebudayaan yang ada. Dan untuk itu mencapai semua itu,perlu diadakan proses sosialisasi dan enkulturasi. Selain itu diperlukan pula lingkungan pendidikan yang mendukung semua proses itu, baik lingkungan pendidikan informal, lingkungan pendidikan formal, maupun lingkungan pendidikan nonformal.
References
Karsidi, Ravik. Sosiologi pendidikan. (Surakarta: UNS Press dan LPP UNS, 2010).
Khafidah, Wahyu dan Maryani. “Aspek Sosial Dalam Pendidikan”. Serambi Tarbawi : Jurnal Studi Pemikiran, Riset, dan Pengembangan Pendidikan Islam. Vol. 08, No. 01, Januari 2020.
Mahdayeni, Muhammad Roihan Alhaddad, Ahmad Syukuri Saleh. “Manusia Dan Kebudayaan (Manusia Dan Sejarah Kebudayaan, Manusia Dalam Keanekaragaman Budaya dan Peradaban, Manusia dan Sumber Penghidupan)”. Tadbir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol. 07, No. 02, Agustus 2019.
Maunah, Binti. Landasan Pendidikan. (Yogyakarta: Kalimedia, 2022).
Munthalib, Abdul. “Menilik Aspek-Aspek Sosial Dalam Pendidikan Dasar dan Menengah”. Tarbawiyah. Vol. 13, No. 2, Juli-Desember 2016.
Nawati, Dhita Yulia. Skripsi. Lingkungan Pendidikan dan Aktivitas Belajar yang Mendukung Prestasi Belajar Siswa (Studi di SMA Negeri 1 Bawang Banjarnegara). (Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2011).
Putra, Heri Sugianto. Skripsi. Pengaruh Pendidikan Formal, Perhatian, serta Pendapatan Orang Tua dengan Prestasi Belajar TIK Siswa Kelas X SMAN 2 Ngabang. (Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2014).
Rahmat, Abdul. Manajemen Pemberdayaan “Pada Pendidikan Nonformal”. (Gorontalo: Ideas Publishing, 2018).
Subianto, Jito. “Peran Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas”. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. Vol. 8, No. 2, Agustus 2013.
Suryono, Yoyon dan Entoh Tohani. Inovasi Pendidikan Nonformal. (Yogyakarta: Graha Cendekia, 2016).
Sutanti, Aci. Skripsi. Pengaruh Pendidikan Informal Terhadap Kecerdasan Emosional (Studi Pada Siswa Kelas V SD Al-Zahra Indonesia Pamulang). (Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarief Hidayatullah, 2019).
Sy, Tatang. BBM 4 : Landasan Sosiologi dan Antropologi Pendidikan. (Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2010).
Wahy, Hasbi. “Keluarga Sebagai Basis Pendidikan Pertama dan Utama”. Jurnal Ilmiah Didaktia. Vol. 12, No. 02, Februari 2012.
Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Tadris Matematika are the sole responsibility of their respective authors and advertisers.