PENDEKATAN DALAM LINGKUP PENDIDIKAN DAN TEORI (HUKUM DASAR) PENDIDIKAN
PDF

Keywords

Pendekatan,
Pendidikan,
metode,
teori pendidikan

Abstract

Pendidikan Kemajuan sebuah Negara sangat tergantung kepada kemajuan pendidikannya (termasuk di dalamnya pendidikan Islam), dan dalam pendidikan itu erat kaitannya dengan penggunaan pendekatan dan metode yang dilakukan selama proses belajar mengajar terjadi. Pendekatan dan metode selayaknya dikuasai oleh seorang pengajar supaya bisa mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Penggunaan pendekatan dan metode yang tepat dan sesuai dengan materi pelajaran serta situasi dan kondisi yang ada akan mengantarkan anak didik ke dalam penguasaan isi pelajaran yang diharapkan. Teori pendidikan tersurat dalam proses atau tindakan mendidik lebih dikenal secara khusus sebagai proses belajar dan mengajar. Pembelajaran yang didalamnya terdapat tindakan guru mengajar merupakan kegiatan nyata untuk menerapkan sebuah teori pendidikan. Pendidik harus mengetahui keunggulan dan kelemahan dari masing-masing pendekatan dan metode yang akan digunakan serta menentukan pilihan yang paling tepat sehingga peserta didik lebih aktif dan kritis dalam proses pembelajaran. Pendidikan dalam arti luas dapat didefinisikan segala pengalaman belajar yang berlangsung dalam segala lingkungan dan sepanjang hidup. Pendidikan adalah segala situsi hidup yang mempengaruhi pertumbuhan individu. Lembaga pendidikan merupakan salah satu alat untuk memperoleh tujuan Pendidikan, tujuan pendidikan di Indonesia dapat dilihat dalam undang-undang SISDIKNAS nomor 20 tahun 2003 bab ll pasal 3 yang isinya adalah “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.”

https://doi.org/10.21274/jess.v3i2.5946
PDF

References

Sadulloh, Uyoh. “Pengantar Filsafat Pendidikan”. (Bandung : Alfabeta, 2007).
Arbi, Sutan Zanti, Pengantar Kepada Filsafat Pendidikan, Jakarta : Departemen P Dan K, 1988.
Kholifah, Nur.” Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach)”. CENDEKIA. Vol. 05, No. 01, Juni 2019.
Arfah, Muhammad.” Pendekatan Berbasis Pendekatan Religius”. Pijies. Vol. 02, No. 2, Oktober 2019.
Basruddin.” Urgensi Pendekatan Psikologis Dalam Pembelajaran Yang Efektif”. Jurnal Konsepsi. Vol. 10, No. 7, Mei 2018.
Khoiruddin, Arif. “ Pendekatan Sosiologi Dalam Studi Islam”. Iai Tribakti Kediri. Vol. 25, No. 2, September 2014.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial as publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.

Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Tadris Matematika are the sole responsibility of their respective authors and advertisers.

Downloads

Download data is not yet available.