PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI PERAN IPTEK DAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MEMBANGUN EKONOMI INDONESIA KELAS VII TINGKAT SMP/MTs (Studi Penelitian SMP Negeri 1 Sumbergempol, SMP Negeri 1 Ngunut, MTs Darul Falah Bendiljati Kulon)

Keywords

Pengembangan video pembelajaran

Abstract

Abstrak:  Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang bervasianya media pembelajaran yang digunakan di SMP Negeri 1 Sumbergempol, SMP Negeri 1 Ngunut, MTs Darul Falah Bendiljati Kulon pada mata pelajaran IPS. Pemanfaatan media pembelajaran menjadi salah satu solusi untuk mendapatkan pembelajaran lebih baik agar saat proses pembelajaran tidak hanya berfokus pada guru. Penggunaan media pembelajaran berbasis video diharapkan dapat menambah semangat dan antusias peserta didik saat pembelajar IPS, karena dapat mengilustrasikan atau merealisasikan materi pembelajaran yang sebelumnya abstrak bagi peserta didik menjadi lebih konkrit. Jenis penelitian ini adalah R&D dengan model Borg & Gall yang mengacu pada sepuluh langkah pengembangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa validasi oleh ahli materi, ahli media, guru IPS ditiga sekolah menunjukkan kategori baik dan layak digunakan, dengan presentase masing masing ahli materi 92%, ahli media 93,3%, guru IPS ditiga sekolah memperoleh hasil rata-rata 90,2%. Hasil respon siswa terhadap penggunaan video pembelajaran ditiga sekolah memperoleh hasil rata-rata 86,83% dengan kriteria bagus pada keefektifan dan kepraktisan. Dan hasil keaktifan siswa memperoleh rata-rata 81,6% dengan kriteria bagus.

 

https://doi.org/10.21274/jess.v3i2.8338

References

Andari, Izqy Yuan. 2019. Pentingnya Media Pembelajaran Berbasis Video untuk Siswa Jurusan IPS Tingkat SMA Se-Banten. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKI). 2 (1)
Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Khairunnisa, Khairunnisa, dan Darmansyah Darmansyah. “Pengembangan Media Video Animasi pada Metode Inkuiri untuk Pembelajaran IPS Kelas IX SMP.” FONDATIA 6, no. 4 (1 Desember 2022): 972–86. https://doi.org/10.36088/fondatia.v6i4.2332.
Riyana, Cheppy. 2007. Pedoman Pengembangan Media Video. P3AI UPI.
Sadiman dkk. 2014. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syaodih, N. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial as publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.

Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Tadris Matematika are the sole responsibility of their respective authors and advertisers.

Downloads

Download data is not yet available.