PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO MATERI KEGIATAN EKONOMI SEMESTER II KELAS VII TINGKAT SMP/MTS

Keywords

: Pengembangan Media, Video, Kegiatan Ekonomi

Abstract

Media pembelajaran merupakan faktor penting dalam proses pembelajaran, karena di dalam kelas guru menggunakan media pembelajaran sebagai media dalam penyampaian materi.Dalam penelitian dan pengembangan ini digunakan model pengembangan Brog and Gall yang terdiri dari sepuluh pengembangan terapan. tahapan di SMPN 3 Tulungagung. , SMPN 1 Ngunut dan SMPN 1 Sumbergempol Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan (1) Kebutuhan guru akan materi pembelajaran yang menarik, seperti film dan video pendidikan, membutuhkan data baru, fakta baru dan inovasi baru, sehingga siswa dapat dengan mudah fokus pada isi materi. (2) Ada sepuluh langkah yaitu Penelitian dan Pengumpulan Data, Perencanaan, Pengembangan Design/Produk, Uji Coba Awal ( Validasi Para Ahi), Revisi Produk, Uji Skala Kecil ( Teman Sejawat), Revisi Produk Tahap II, Uji Coba Lapangan Skala Besar, Penyempurnaan Produk Akhir, Desiminasi dan Distribusi Produk (3) Berdasarkan uji validitas yang dilakukan oleh peneliti ahli media diperoleh skor rata-rata 30, tingkat validitas 99%, sehingga termasuk dalam kategori valid. Ahli mata pelajaran mendapatkan skor rata-rata 43 dengan tingkat validitas 98% sehingga termasuk dalam kategori valid dan skor guru IPS SMPN 3 Tulungagung rata-rata 31 dengan tingkat validitas 76% sehingga termasuk dalam kategori valid IPS skor guru SMPN 1 Ngunut dengan rata-rata 36, persentase kualifikasi adalah 87%, sehingga dianggap dalam kategori kualifikasi. Guru IPA SMPN 1 Sumbergempol memperoleh nilai rata-rata 36 dan persentase kelulusan 87%. Dengan demikian kategori valid, hasil uji validitas dan reliabilitas siswa kelas VII-11 terdiri dari 31 responden dari SMPN 3 Tulungagung. jika Rhitung kueri 1-17 lebih besar dari r table yaitu 0,355 maka dapat disimpulkan bahwa setiap pertanyaan dalam kuesioner adalah valid

https://doi.org/10.21274/jess.v3i2.8343
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial as publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.

Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Tadris Matematika are the sole responsibility of their respective authors and advertisers.

Downloads

Download data is not yet available.