Pengembangan Media Video Pembelajaran IPS pada Materi Potensi Sumber Daya Alam di Indonesia.

Keywords

Pengembangan Media, Video Pembelajaran IPS, Materi Potensi Sumber Daya Alam di Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan media pembelajaran IPS, hasil kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan pengembangan media pembelajaran IPS pada materi Potensi Sumber Daya Alam di Indonesia untuk kelas VII dan hasil analisis kebutuhan media pada sekolah. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode penelitian research and development (R&D) dengan menggunakan model Borg and Gall. Dari penelitian ini menghasilkan sebuah produk media pembelajaran berupa video pembelajaran untuk peserta didik, pendidik, sekolah serta link youtube. Hasil kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan pengembangan media pembelajaran IPS pada materi Sumber Daya Alam di Indonesia untuk kelas VII menunjukkan komponen kevalidan dan kepraktisan sesuai dengan penilaian ahli media, materi, dan teman sejawat dengan presentase 85%. Hasil analisis kebutuhan media pada sekolah menunjukkan bahwa masih kurangnya media pembelajaran yang efektif sehingga membuat peserta didik memiliki anggapan bahwa mempelajari materi SDA sulit dan juga membosankan. Dengan adanya pengembangan media pembelajaran IPS, maka diharapkan peserta didik menjadi lebih tertarik dalam mempelajari materi Sumber Daya Alam di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan bahwa media video pembelajaran belum pernah digunakan.

https://doi.org/10.21274/jess.v3i2.8368

References

Ami, M. S. & Yulia, A. I., 2020. Makanan Tradisional sebagai Media Pembelajaran Struktur Tumbuhan, Jombang: LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.
Fahli, M., 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar, Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 3 (1).
Kurniawati, I., Sarifudin, S. & Widawati, 2021. Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Video, Jurnal TEKNODIK, Vol. 25 (2).
Kustandi & Darmawan, 2020. Pengembangan Media Pembelajaran (Konsep dan Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran) bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat, Kencana.
Rachman, F., 2022. Buku Ajar Media Pembelajaran, Jawa Tengah: Lakeisha.
Rosyid, M. Z., 2019. Ragam Media Pembelajaran, Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.
Rosyid, M. Z., Sa’diyah, H. & Septiana, N., 2019. Ragam Media Pembelajaran. Malang: CV. Literasi Nusantara
Sanjaya, W., 2018. Perencanaan & Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Kencana.
Sukiman, 2012. Pengembangan   Media   Pembelajaran. Pustaka Insan.
Tafonao, T., 2018. Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat belajar Mahasiswa, Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol. 2 (2).
Usman, B. & Asnawir, 2002. Media Prembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers.
Usman, B. & Asnawir, 2002. Media Prembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers.
Yuantha, F., 2019. Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 1 (2).
 
 
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial as publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.

Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Tadris Matematika are the sole responsibility of their respective authors and advertisers.

Downloads

Download data is not yet available.