Pemanfaatan Media Belajar Interaktif Untuk Mengatasi Minat Baca Siswa Yang Rendah Dalam Pembelajaran IPS
PDF

Keywords

Media Pembelajaran, Minat Baca Siswa, Media Interaktif

Abstract

Media pembelajaran adalah saatu alat, metode, atau teknik yang digunakan untuk menyempurnakan suatu proses kegiatan penyaluran ilmu dari guru ke peserta didik. Media pembelajaran merupakan instrument yang penting. dalam dunia pendidikan. Media pembelajaran akan berjalan dengan lancar dan penyaluran materi dari tenaga pendidik ke peserta didik akan lebih maksimal. Namun perlu digaris bawahi, bahwa media yang baik merupakan media yang dapat menarik perhatian peserta didik dan dapat menstimulasi respon peserta didik. Untuk mencapai tujuan proses pembelajaran yang baik dapat digunakan media pembelajaran interaktif dalam proses kegiatan belajar mengajar. Media yang menarik dan interaktif tenaga pendidik dapat lebih maksimal dalam  menyampaikan materi pelajaran. Penggunaan media belajar yang interaktif juga dapat digunakan sebagai alternatif karena minat baca siswa yang rendah apalagi dalam pembelajaran IPS. Oleh karena itu dalam artikel ini akan menyampaikan tentang pemanfaatan media belajar interaktif untuk mengatasi minat baca siswa yang rendah dalam pembelajaran IPS. Artikel ini ini akan metode deskriptif kualitatif yang menggunakan sumber dari artikel, buku, serta wawancara dengan beberapa siswa di daerah sekitar penulis.

PDF

References

Sari, I. P. (2013). Hubungan Minat Baca dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Geografi. Skripsi, 1(451409079).
Suparman, I. W., Eliyanti, M., & Hermawati, E. (2020). Pengaruh Penyajian Materi dalam Bentuk Media Komik terhadap Minat Baca dan Hasil Belajar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1).
Mariskhana, K. (2019). Prestasi Belajar Sebagai Dampak Dari Minat Baca Dan Bimbingan Belajar Siswa IPS. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 19(1).
Astra, I. M., Ruharman, D., Fisika, J., & Jakarta, U. N. (2012). Sebagai Media Pembelajaran Pendukung. 18(April), 174–180.
Fadilah, R. (2015). JURNAL PENA INDONESIA (JPI) Jurnal Bahasa Indonesia, Sastra, dan Pengajarannya. Jurnal Pena Indonesia, 1(1), 79–95.
Fauziah, S. N., Faziah, S. N., Nupus, F. S., Ulfi, N., & Sapitri, S. (2020). Evaluasi Minat Baca Siswa melalui Program Literasi Sekolah. Nusantara: Jurnal Pendidikan Dan IImu Sosial, 2(1), 108-116. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/n.
Irwan. Minat Baca Siswa. (2018). (n.p.): Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Banyuasin.
Jennah, R. (2009). Media Pembelajaran.
Arsyad, Azhar. (2011). "Media pembelajaran.".
Rohani, R. (2019). Media pembelajaran.
Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorentasi Standar Proses Pendidikan .Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Basyiruddin Usman, Asnawir, Media Pembelajaran (Jakarta:Ciputat Pers,Juni 2002)
Oemar Hamalik, Media Pendidikan (Bandung : Citra Aditya, 1989)
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial as publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.

Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Tadris Matematika are the sole responsibility of their respective authors and advertisers.

Downloads

Download data is not yet available.