THE EFFECT OF PRODUCTION COSTS, OPERATIONAL COSTS, MARKETING COSTS AND PROMOTIONAL COSTS ON NET PROFIT WITH SALES VOLUME AS INTERVENING VARIABLES IN PT GUDANG GARAM TBK 2015-2019
PDF

Supplementary Files

FULL ARTICLE

Keywords

Production Cost, Operational Cost, Marketing Cost, Promotion Cost, Net Profit

How to Cite

Suselo, D., & Rohmah, M. (2022). THE EFFECT OF PRODUCTION COSTS, OPERATIONAL COSTS, MARKETING COSTS AND PROMOTIONAL COSTS ON NET PROFIT WITH SALES VOLUME AS INTERVENING VARIABLES IN PT GUDANG GARAM TBK 2015-2019. BALANCE: JOURNAL OF ISLAMIC ACCOUNTING, 2(02), 80-101. https://doi.org/10.21274/balance.v2i02.5376

Abstract

Net income is a component for measuring the success of a company. Several factors that affect net income are the amount of production costs, operational costs, marketing costs and promotional costs incurred by the company. The purpose of this study is to discuss the effect of independent variables on production costs, operational costs, marketing costs and promotional costs on net income through sales volume as an intervening variable with the research object at PT Gudang Garam Tbk for the period 2015 to 2019. Analysis of the data used in This study uses the classical assumption test, multiple linear regression, path analysis test and for the hypothesis the t test and F test are used. The results show that partially production costs, operational costs, marketing costs and promotional costs have a significant effect on net income. Simultaneously production costs, operational costs, marketing costs, promotion costs and sales volume have a significant effect on net income. Sales volume is able to mediate between production costs, operational costs, marketing costs and promotion costs on net income. Suggestions for further researchers are to add variables related to the level of net income such as long-term debt or can use intervening variables other than sales volume in increasing net income such as selling prices

https://doi.org/10.21274/balance.v2i02.5376
PDF

References

Anwar, Chairul, Lidia Fasi Ashari dan Indrayenti. 2010. Harga Pokok Produksi Dalam Kaitannya Dengan Penentuan Harga Jual Untuk Pencapaian Target Laba Analisis (Studi Kasus Pada PT. Indra Brother’s di Bandar Lampung). Jurnal Akuntansi & Keuangan, Vol.1 No.1.

CNN Indonesia. Sri Mulyani Akan Naikkan Tarif Cukai Rokok pada 2020-2024. Diakses dari https://www.cnnindonesia.com/ekono mi/20200706175830-532-521495/sri-mulyani-akan-naikkan-tarif-cukai- rokok-pada-2020-2024 pada tanggal 1 Mei 2020 pukul 11.30 WIB.

Daryono. 2011. Manajemen Pemasaran. Bandung: CV. Yrama Widya.

Fadli, Ainur Mansururi, Achmad Fauzi dan Dahlan Fanani. 2014. Efektifitas Distribusi Fisik dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus pada CV. Agrotama Gemilang Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 7 No.1.

Felicia, Robinhot Gultom. 2018. Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Kualitas dan Biaya Promosi Terhadap Laba Bersih Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015. Jurnal Ilmu Manajemen METHONOMIX, Vol. 1 No. 1.

Ginting, Ratna Pita Sari Br dan Lamria Sagala. 2019. Analisis Anggaran Biaya Produksi sebagai Alat Perencanaan dan Pengendalian Biaya Produksi pada PT. Indapo Batu Bongkam. Jurnal Ilmiah Smart, Vol. 3 No. 1.

Hansen, Don R, Mowen Marryanne M. 2007. Manageria l Accounting 8th edition. South Western, Australia: Thomson.

Hidayat, Lukman dan Suhandi Halim. 2013. Analisis Biaya Produksi dalam Meningkatkan Profitabilitas Perusahaan. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, Vol. 1 No.2.

Ikatan Akuntansi Indonesia. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No.1 Penyajian Laporan Keuangan (Revisi 2009). Jakarta: Salemba Empat.

Iryanie, Emy dan Monika Handayani. 2019. Akuntansi Biaya. Banjarmasin: Poliban Press.

Januarsah, Irpan, Jubi, Ady Inrawan dan Debi Eka Putri. 2019. Pengaruh Biaya Produksi dan Biaya Pemasaran Terhadap Laba Perusahaan Pada PT PP London Sumatera Indonesia Tbk Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Financial: Jurnal Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung, Vol. 5 No.1.

Kementerian Keuangan RI, 2020.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. Alih Bahasa Benyamin Molan. Manajemen Pemasaran (Edisi Keduabelas). Jilid 1. Penerbit PT. Indeks.

Kotler. 2006. Manajemen Pemasaran (Ed. ke-11). Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Kurnia, Yusup. 2017. Pengaruh Biaya Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Industri Kerajinan Tikar Mendong Mekar Putra Tasikmalaya. Jurnal J-Ensitec, Vol. 4 No. 1.

Laki, Melisa Feronica, Grace B. Nangoi dan Heince RN Wokas. 2019. Pengaruh Biaya Promosi Dan Biaya Distribusi Terhadap Laba Pada Pt. Megamitra Makmur Sentosa Manado. Going Concern: Jurnal Riset Akuntansi, Vol. 14 No.1.

Manda, Gusganda Suria. 2018. Pengaruh Pendapatan dan Biaya Operasional Terhadap Laba Bersih (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di BEI Periode 2012-2016). Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 8 No. 1.

Mulyadi. 2016. Akuntansi Biaya. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan STIM YKPN.

Mulyadi. 2018. Akuntansi Biaya, Edisi 5. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Novera, Ade. 2014. Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Penjualan Sepeda Motor Honda di CV. Mitra Makmur Samarinda. eJournal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol. 2 No. 4.

Pondaag, Trivena Octaviana dan Agus Supandi Soegoto. 2016. Evaluasi Strategi Promosi dan Penjualan terhadap Keunggulan Bersaing pada PT. Astragraphia, TBK Cabang Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, Vol. 4 No. 2.

Ramdhani, Dadan, Merida, Ai Hendrani, dan Suheri. 2020. Akuntansi Biaya (Konsep dan Implementasi di Industri Manufaktur). Yogyakarta: CV Markumi.

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi Yang Efektif & Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, Freddy. 2013. Strategi Promosi Yang Efektif & Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Risyana, Rizki dan Leny Susan. 2018. Pengaruh Volume Penjualan Dan Biaya Operasional Terhadap Laba Bersih (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016). E-Proceeding of Management, Telkom University, Vol. 5 No. 2.

Romadhon, Masgirang, Mochammad Al Musadieq dan Sri Sulasmiyati. 2016. Evaluasi Pemungutan Cukai Hasil Tembakau di Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Malang. Jurnal Perpajakan (JEJAK), Vol. 8 No.1.

Rustami, Putu, I Ketut Kirya dan Wayan Cipta. 2014. Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi, dan Volume Penjualan Terhadap Laba pada Perusahaan Kopi Bubuk Banyuatis. e- Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen, Vol. 2 No. 1.

Sasongko, Catur, Safrida Rumondang Parulian. 2018. Anggaran. Jakarta: Salemba Empat.

Sembiring, Masta, Siti Aisyah Siregar. 2018. Pengaruh Biaya Produksi dan Biaya Pemasaran Terhadap Laba Bersih. Jurnal Studi Akuntansi & Keuangan, Vol. 2 No.3.

Sigit, Soehardi. 2002. Pemasaran Praktis Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE.

Simamora, Henry. 2013. Pengantar Akuntansi II. Jakarta: Bumi Aksara.

Supriyono. 2013. Akuntansi Biaya Pengumpulan Biaya dan Penentuan Harga Pokok. Yogyakarta: BPFE.

Susilawati, Endang, Asep Mulyana. 2018. Pengaruh Penjualan dan Biaya Operasional Terhadap Laba Bersih PT Indocement Tunggal Prakarsa (Persero) Tbk Periode 2010-2017. Organum: Jurnal Saintifik Manajemen dan Akuntansi, Vol. 1 No. 2.

Syahputra, Agung. 2018. Analisis Pengaruh Pemasaran Kreatif, Pengembangan Rute dan Pelayanan Bandara terhadap Peningkatan Jumlah Penumpang, Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, Vol. 6 No. 2.

Syaifullah, Hamli. 2014. Buku Praktis Akuntansi Biaya & Keuangan. Jakarta: Laskar Aksara.

Triwibowo, Edi dan Jumiatun. 2019. Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi dan Biaya Distribusi Terhadap Volume Penjualan. Jurnal Akuntansi Bisnis Pelita Bangsa, Vol. 4 No. 1.

Widilestariningtyas, Waluya, dan Anggadini. 2012. Akuntansi Biaya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yuda, I Made Ari, I Ketut Puja Wirya Sanjaya. 2020. Pengaruh Biaya Produksi, Baiya Promosi dan Volume Penjualan terhadap Laba pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2015-2017. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi, Vol. 19 No.1.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.