FACTORS AFFECTING OF SHARIA ACCOUNTING STUDENTS TO WORK IN SHARIA FINANCIAL INSTITUTIONS
PDF

Keywords

Penghargaan Finansial; Pengetahuan Akuntansi Syariah; Minat Berkarir di Lembaga Keuangan Syariah

How to Cite

’Athifah, N., & Adinugraha, H. (2022). FACTORS AFFECTING OF SHARIA ACCOUNTING STUDENTS TO WORK IN SHARIA FINANCIAL INSTITUTIONS. BALANCE: JOURNAL OF ISLAMIC ACCOUNTING, 3(2), 179-194. https://doi.org/10.21274/balance.v3i2.6387

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat kerja pada
mahasiswa akuntansi syariah di IAIN Pekalongan pada Lembaga Keuangan
Syariah. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode angket, yaitu
dengan membagikan daftar pertanyaan (kuesioner) untuk diisi atau dijawab oleh
responden kepada mahasiswa akuntansi syariah. Untuk mengelola dan
menganalisis data yang diperoleh serta melakukan penelitian analisis kuantitatif
menggunakan teknik analisis regresi linier berganda bertujuan untuk memperoleh
pemahaman yang komprehensif tentang hubungan antar variabel dengan bantuan
program SPSS 24. Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel pertimbangan
pasar kerja, lingkungan kerja, dan spiritualitas tidak berpengaruh terhadap minat
mahasiswa akuntansi syariah untuk bekerja di lembaga keuangan syariah,
sedangkan variabel penghargaan finansial dan pengetahuan akuntansi syariah
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi syariah
bekerja di lembaga keuangan syariah, kemampuan prediksi kedua variabel tersebut
terhadap minat 71,8% mahasiswa akuntansi syariah bekerja di lembaga keuangan
syariah dan sisanya 26,9% dipengaruhi oleh faktor eksternal lainnya.

https://doi.org/10.21274/balance.v3i2.6387
PDF

References

Aidha, Zuhrina,

Amalia, Riska, and Nur Diana,

Ariska, Dian,

Candraning, Cynthia, and Rifqi Muhammad,

Nofinawati, Nofinawati,

Novia Erista,

Permana, Fafa Yushifa, and Adityawarman,

Rahmi Rafiqa, Lathifah, and Mia Angelina Setiawan,

Sandy, Rofiq Kurnia,

Sihombing, Randi Gunawan,

Siri, Galih Raka, Dianita Meirini,

Sutrisna S, Anna, and Saiful Muchlis,

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.