ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN TELUR AYAM RAS DI UD. JAYA MAKMUR DESA BENDOSARI BLITAR
PDF

Keywords

Kata Kunci: Analisis SWOT, Strategi Pemasaran, Telur Ayam

Abstract

Sektor peternakan ayam petelur merupakan salah satu sektor pokok bagi kebutuhan manusia. Permasalahan-permasalahan yang timbul mulai dari proses produksi telur hingga pemasaran telur tentu saja perlu dianalisis dan ditangani secara serius, sehingga nantinya mampu memberikan banyak manfaat bagi sektor kebutuhan pokok dan sektor perekonomian masyarakat secara umum. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengidentifikasi IFAS dan EFAS; dan 2) melakukan analisis SWOT untuk menentukan strategi pemasaran pada UD. Jaya Makmur Desa Bendosari Blitar. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif. Peneliti bertindak sebagai instrumen sekaligus pengumpul data. Data primer dalam penelitian ini diperoleh peneliti berdasarkan wawancara kepada subjek penelitian. Penelitian ini dilakukan di UD. Jaya Makmur dengan pemilik Ibu Nur Hidayati yang berlokasi di Desa Bendosari Blitar. Setelah dilakukan analisis menggunakan matriks internal faktor (IFAS) dan eksternal faktor (EFAS) ditemukan hasil bahwa strategi pemasaran  UD Jaya Makmur memperoleh nilai 3,33 dan 3,66. Hal ini menunjukkan bahwa UD Jaya Makmur berada pada titik koordinat (0,55: 0,43) yang terletak pada kuadran I (agresif) di antara kekuatan dan ancaman, sehingga yang digunakan yaitu strategi SO. Strategi yang dapat digunakan antara lain melakukan pengembangan dan promosi produk unggulan pada media online selain pada WhatsApp, Facebook, Instagram, dan lain-lain; melakukan pendekatan dan peningkatan kualitas agar masyarakat tetap percaya; peningkatan sistem pembayaran di akhir; peningkatan seleksi telur ayam agar pelanggan tetap loyal; serta memberikan wawasan bagi pelaku usaha dengan bahan baku telur agar UD Jaya makmur dan pemilik usaha sama-sama berkembang.

 

https://doi.org/10.21274/jeps.v3i01.5801
PDF

References

Buchari Alma, Donni Juni Priansa ; editor: Rismi Somad. Manajemen Bisnis Syariah. Revisi. Bandung: Alfabeta, 2014.

Mutafarida, B., & Fahmi, M. F. (2020). UPAYA IMPLEMENTASI FATWA MAJELIS ULAMA INDONESIA NOMOR 23 TAHUN 2020 SEBAGAI UPAYA PEMULIHAN EKONOMI OLEH LEMBAGA AMIL ZAKAT (MUI FATWA IMPLEMENTATION BUSINESS NUMBER 23 YEAR 2020 IN ECONOMIC RECOVERY BY AMIL ZAKAT INSTITUTION). Qawanin: Journal of Economic Syaria Law, 4(2), 138-153.

Jogiyanto, H. Analisa Dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori Dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset, 2005.

KASIM, SULASTRI A. “STRATEGI PEMASARAN TELUR AYAM RAS PETELUR PADA PERUSAHAAN BINTANG GORONTALO DI KECAMATAN PULUBALA KABUPATEN GORONTALO.” Universitas Negeri Gorontalo, 2013. Accessed June 13, 2022. https://repository.ung.ac.id/skripsi/show/621408052/strategi-pemasaran-telur-ayam-ras-petelurpada-perusahaan-bintang-gorontalodi-kecamatan-pulubalakabupaten-gorontalo.html.

Kasmir. Bank Dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2004. Accessed June 13, 2022. https://rajagrafindo.co.id/produk/bank-dan-lembaga-keuangan-lainnya/.

Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran . Jakarta: Erlangga, 2010.

Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. Marketing Management. Pearson. 14th edition. Vol. 22. Upper Saddle River N.J.: Prentice Hall, 2012. Accessed June 13, 2022. http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=bth&AN=44033223&site=ehost-live.

Lim, Meng Thiam, Bernice Jiaqi Pan, Darel Wee Kiat Toh, Clarinda Nataria Sutanto, and Jung Eun Kim. “Animal Protein versus Plant Protein in Supporting Lean Mass and Muscle Strength: A Systematic Review and Meta-Analysis of Randomized Controlled Trials.” Nutrients 13, no. 2 (February 1, 2021): 1–18. Accessed June 13, 2022. /pmc/articles/PMC7926405/.

Purwadi, Budi. Riset Pemasaran : Implementasi Dalam Bauran Pemasaran. Jakarta: PT Grasindo, 2000.

Rangkuti, Freddy. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2006.

SE, Rosemeilia. “Evaluasi Strategi Pemasaran Pada Lembaga Bimbingan Belajar Primagama Cabang Sutoyo Semarang.” Program Pascasarjana Program Studi Magister Manajemen Universitas Diponegoro, 2007.

Song, Mingyang, Teresa T. Fung, Frank B. Hu, Walter C. Willett, Valter D. Longo, Andrew T. Chan, and Edward L. Giovannucci. “Association of Animal and Plant Protein Intake With All-Cause and Cause-Specific Mortality.” JAMA internal medicine 176, no. 10 (October 1, 2016): 1453–1463. Accessed June 13, 2022. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/27479196/.

Tjiptono, F. Manajemen Pelayanan Jasa. Yogyakarta: Andi Offset, 2006.

“SISKAPERBAPO.” Accessed June 13, 2022. https://siskaperbapo.jatimprov.go.id/harga/tabel.

“Sistem Informasi Pelayanan Informasi Pasar-Ternak.” Accessed June 13, 2022. https://simponiternak.pertanian.go.id/.

Downloads

Download data is not yet available.