RESILIENSI PADA IBU SINGLE PARENT (Studi Kasus pada Ibu Single Parent di Dusun Karang Tengah, Desa Pikatan, Kecamatan Wonodadi, Kabupaten Blitar)
PDF

Keywords

Resiliensi
Ibu Single Parent

Abstract

Ibu single parent adalah seorang ibu yang ditinggal oleh suaminya karena kematian atau perceraian. Ibu yang menjadi single parent memiliki peran ganda untuk keluarganya seperti mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan, merawat anak dan mengurus rumah. Peran ganda yang dialami oleh ibu single parent tentunya memiliki masalah yang kompleks. Resiliensi merupakan kemmpuan ibu single parent dalam menghadapi masalah yang dialaminya setiap hari sehingga mampu beradaptasi dengan keadaanya. Dari ketebalan iman serta dukungan para saudara dan teman dapat meningkatkan resiliensi seorang ibu single parent. Di dusun karang tengah desa pikatan kecamatan wonodadi blitar diketahui banyak ibu single parent yang memiliki peran ganda untuk keluarganya. Hal ini dikarenakan kematian suami dan perceraian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui masalah-masalah yang dihadapi oleh ibu single parent dan untuk mengetahui bagaimana resiliensi ibu single parent di dusun karang tengah. Beberapa ibu single parent di dusun karang tengah menjadi subjek penelitian. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan wawancara mendalam, Observasi Partisipan dan Teknik dokumentasi. Selanjutnya  analisis pengumpulan data dengan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan verivikasi data (conclution drawing/ verivication). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa masalah-masalah yang dihadapi oleh ibu single parent di susun karang tengah dalam menjalankan fungsi keluarga meliputi masalah ekonomi, masalah sosial dan masalah keluarga. Bentuk resiliensi ibu single parent di dusun Karang Tengah adalah mereka selalu bersyukur dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT mereka percaya akan kuasaNya sehingga sikap optimisme, empati, dan meregulasi emosi dapat mereka kuasai.
https://doi.org/10.21274/martabat.2019.3.1.141-160
PDF

Creative Commons License

Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.