Hukum Seputar Darah Perempuan dalam Islam
pdf

Keywords

Fiqih wanita
haid
nifas
istihadhah

Abstract

Abstrak: Membahas mengenai hukum darah perempuan yaitu haid, istihadhah, dan nifas adalah materi yang sangat perlu dibahas karena pembahasan ini sangat bermanfaat dan sering ditanyakan oleh kaum hawa. Pembahasan tentang darah perempuan ini pun, ada yang menganggap bahwa pembahasan yang paling sulit dalam hal fiqih. Haid, istihadhah, dan nifas adalah kodrat yang dianugerahkan kepada kaum hawa sehingga pembahasan ini sangat bermanfaat bagi kaum hawa, bahwa setiap perempuan tidak boleh bodoh dalam masalah ini. Perkara ini berpengaruh kepada sah tidaknya sebuah ibadah karena berhubungan dengan suci dari hadats dan najis. Penulisan artikel ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keilmuan yang lebih luas kepada pembaca mengenai haid, istihadhah, dan nifas. Dalam penulisan artikel ini, penulis memaparkan dan menejelaskan hal-hal yang berhubungan dengan haid, istihadhah, dan nifas, secara sistematis yang akan memudahkan pembaca dalam memahaminya. Sehingga dapat mengimplementasikanya dalam kehidupan sehari-hari. Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian kepustakaan dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Sehingga data yang digunakan yaitu sumber data primer yang didapat dari buku dan sumber data sekunder sebagai pelengkap dan penunjang. Adapun teknik pengumpulan datanya yaitu dengan kajian literatur mengenai haid, istihadhah, dan nifas.

https://doi.org/10.21274/martabat.2020.4.1.155-174
pdf

References

Al-Makky, Muhammad Nuruddin Marbu Banjar, Fiqih Darah Perempuan, Solo: PT Adicitra Intermedia, 2007.

Ardani, Muhammad, Risalah Haidl, Nifas, dan Istihadloh, Surabaya: Al-Miftah Surabaya, 1998.

Ardhia, Flos, Tera Azhar, Segala Hal tentang Haid, Nifas dan Istihadhah, Bandung: Pustaka Oasis, 2004.

Ayyub, Syaikh Hasan, Fikih Ibadah, Jakarta Pusat: Al-Kautsar, 2003.

Azzam, Abdul Aziz Muhammad, Abdul Wahab Sayyed Hawwas, Fiqh Ibadah, Jakarta: Siantar Grafika Ofset, 2009.

Bhartiya, Aru, Menstruation, Religion and Society, International Journal of Social Science and Humanity, Vol. 3, No.6, 2013.

Dahri, Nurdeni, Reproduksi Perempuan dalam Prespektif Islam (Tinjauan terhadap Haid, Nifas dan Istihadhah), Jurnal Perempuan, Agama dan Gender, Vol. 11, No. 2, 2010.

Fuad, Muhammad, Fiqih Wanita Lengkap (mencakup isi hukum wanita dalam kehidupan sehari-hari), Jombang: Lintas Media, 2007.

Ismawati, Darah Istihadah, akarta Selatan: Rumah Fiqih Publishing, 2019.

Ismawati, Larangan-Larangan Wanita Haid, Jakarta Selatan: Rumah Fiqih Publishing, 2018.

Mufid, Muchamad, Herlina, Sexual Education on Khazanah Fiqih Pesantren (Islamic Jurisprudence), Islamic Insights Journal, Vol. 01, No. 01, 2019.

Nuruddin, Sheikh Muhammad, Cara Wanita Menghadapi Haid, Nifas dan Istihadhah Menurut Al-Qur’an dan Hadis, Jakarta Selatan: Al-Kautsar Prima, 2018.

Rusyd, Ibnu, Bidayatul Mujahidin (Analisis Fiqih Para Mujtahid), Jakarta: Pustaka Amini, 2002.

Sabiq, Sayyid, Fiqih Sunnah, Jakarta: Darul Fath: 2004.

Salim, Abu Malik Kamal As Sayyid, Shahin Fiqih Sunnah: (Taharah dan Shalat), Jakarta: Pustaka at-Tazkia, 2006.

Saputra, Agus Romdlon, Pemahaman Taharah Haid, Nifas dan Istihadhah: Studi Kasus Ibu-Ibu Jama'ah Muslimat Yayasan Masjid Darussalam Tropodo Sidoarjo), Justitia Islamic, Vol. 12/No. 1/ Jan-Juni, 2015.

Saribanon, Nonon, dkk, Haid dan Kesehatan Menurut Ajaran Islam, Jakarta: Sekolah Pascasarjana Universitas Nasional, 2016.

Utsman, Muhammad, Lanatun Nisa’, Petok: 1/5 Mojokerto Kediri 64162.

Zuhri, Saifuddin, Buku Pintar Wanita, Al-Maya: 2010.

Creative Commons License

Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.