DAMPAK NEGATIF PENGGUNAAN GADGET BERDASARKAN ASPEK PERKEMBANGAN ANAK DI SOROWAKO
pdf

Keywords

Aspek Perkembangan Anak
Dampak Negatif
Penggunaan Gadget

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dampak negatif penggunaan gadget berdasarkan aspek perkembangan anak di Sorowako Kecamatan Nuha. Penelitian kuantitatif jenis survei ini memiliki populasi ibu rumah tangga sebanyak 120 ibu-ibu yang terhimpun dalam majelis taklim se-Kecamatan Nuha. Sampel sebanyak 19 orang yang terpilih secara random. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala dampak gadget yang terbagi ke dalam aspek perkembangan anak. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya gejala dampak negatif yang dialami oleh anak di Sorowako ditinjau dari aspek perkembangan fisik psikomotorik, agama dan moral, kognitif, sosial dan emosi, bahasa dan seni anak.

 

https://doi.org/10.21274/martabat.2020.4.1.1-22
pdf

References

Al-Ayouby, M. Hafiz. “Dampak Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini (Studi Di PAUD Dan TK Handayani Bandar Lampung),” Journal of Personality and Social Psychology, 2017.

Anggraeni, Septi. “Pengaruh Pengetahuan Tentang Dampak Gadget Bagi Kesehatan terhadap Perilaku Penggunaan Gadget pada Siswa SDN Kebun Bunga 6 Banjarmasin,” Faletehan Health Journal, 6(2), 2019, 64-68.

Aslan. “Peran Pola Asuh Orangtua Di Era Digital,” Jurnal Studia Insania, (7)1, 2019.

Baharun, Hasan dan Febri Deflia Finori, “Smart Techno Parenting: Alternatif Pendidikan Anak pada Era Teknologi Digital,” Jurnal Tatsqif, 17(1), 2019, 52-69.

Chusna, Puji Asmaul. “Pengaruh Media Gadget pada Perkembangan Karakter Anak,” Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 17(2), 2017, 315-330.

Dwiyanti, Retno. “Peran Orang Tua Dalam Perkembangan Moral Anak (Kajian Teori Kohlberg)”. Prosiding Seminar Nasional Parenting, 2013, 161-169.

Fatmawati, Nur Ika. “Literasi Digital, Mendidik Anak Di Era Digital Bagi Orang Tua Milenial,” Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 11(2), 2019, 119-138.

Hudaya, Adeng. “Pengaruh Gadget terhadap Sikap Disiplin dan Minat Belajar Peserta Didik,” Research and Development Journal of Education, 4(2), 2018.

Hurlock, Elizabeth, B, terjemahan. Psikologi Perkembangan; Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga, 1980.

Ibdah, Fatimah. “Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget” Intelektualita, 3(1), 2015, 27-38.

Iswidharmanjaya, Derry dan Beranda Agency. “Bila Si Kecil Bermain Gadget: Panduan bagi orang tua agar memahami faktor-faktor penyebab anak kecanduan gadget”, Bisakimia, 2014, 18-19.

Juherna, Erna dan Nurul Primawistri, “Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi Anak Usia 4-5 Tahun,” Jurnal Pelita PAUD, 1(2), 2017, 132-142.

Lestari, I., Agus Wahyudi Riana, & Budi M. Taftarzani. “Pengaruh Gadget pada Interaksi Sosial dalam Keluarga,” Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 2015, 147-300.

Novitasari, Wahyu dan Nurul Khotimah, “Dampak Penggunaan Gadget terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun,” Jurnal PAUD Teratai, 5(3), 2016, 182-186.

Nurhaeda. “Dampak Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini dalam Pandangan Islam Di PAUD Terpadu Mutiara Hati Palu,” ECEIJ, 1(2), 2018, 70-78.

Pebriana, Putri Hana. “Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini,” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 2017.

Pangastuti, Ratna. “Fenomena Gadget dan Perkembangan Sosial bagi Anak Usia Dini,” Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 2017, 165-174.

Ratnawulan, Teti. “Perkembangan dan Tahapan Penting dalam Perkembangan”. Inclusive: Journal of Special Education, IV (1), 2018, 64-74

Rozalia, Maya Ferdiana. “Hubungan Intensitas Pemanfaatan Gadget dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar,” Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, 5(2), 2017, 722-731.

S., Dyna Herlina, Benni Setiawan, and Gilang A. Jiwana. Digital Parenting: Mendidik Anak Di Era Digital. Yogyakarta: Samudra Biru, 2018.

Santrock, John W. terjemahan. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga, 2007.

Sapardi, Vivi Syofia. “Hubungan Gadget dengan Perkembangan Anak Usia Prasekolah Di PAUD/TK Islam Budi Mulia,” Menara Ilmu, 12(80), 2018.

Sari, Tria Puspita dan Amy Asma Mitsalia. “Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Personal Sosial Anak Usia Pra Sekolah Di TKIT Al Mukmin,” Profesi (Profesional Islam): Media Publikasi Penelitian, 13(2), 2016.

Setiawan, Hari Harjanto. “Pola Pengasuhan Keluarga dalam Proses Perkembangan Anak,” Sosio Informa, 19(3), 2014.

Subarkah, Milana Abdillah. “Pengaruh Gadget terhadap Perkembangan Anak,” Rausyan Fikr, 15(1), 2019.

Sunita, Indian dan Eva Mayasari. “Pengawasan Orangtua terhadap Dampak Penggunaan Gadget pada Anak,” Jurnal Endurance, 3(3), 2018, 510-514.

Swatika, Priantari. “Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi Anak,” Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 2(1), 2018.

Syifa, L., Eka Sari Setianingsih, dan Joko Sulianto. “Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikologi Pada Anak Sekolah Dasar,” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 2019, 538-544.

Witarsa, R., Rina Sri Mulyani Hadi, Nurhananik, Neneng Rini Haerani. “Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar,” Pedagogik, 6(1), 2018, 9-20.

Trinika, Yulia. “Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikososial Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun) Di T K Swasta Kristen Immanuel Tahun Ajaran 2014-2015,” Naskah Publikasi, 2015.

Wulandari, Dwi dan Dilfera Hermiati. “Deteksi Dini Gangguan Mental dan Emosional pada Anak yang Mengalami Kecanduan Gadget, Jurnal Keperawatan Silampari, 3(1), 2019, 382-392.

Wulandari, Herni dan Meilanny Santoso Budiarti. “Proses Parental Mediation terhadap Anak Usia Prasekolah dalam Menggunakan Gadget,” Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2), 2019, 232-244.

Yulsyofriend, Vivi Anggraini, dan Indra Yeni. “Dampak Gadget terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini,” Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 2019, 67-80.

Zulfitria. “Pola Asuh Orang Tua Dalam Penggunaan Smartphone Pada Anak Sekolah Dasar,” Holistika, 1(2), 2017.

Creative Commons License

Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.