Rekam Jejak Perjuangan Rohana Kudus: Relevansi, Feminisme Liberal dan Islam Memandangnya
PDF

Keywords

Islam memandang kesetaraan, resiliensi perjuangan, Rohana Kudus, feminisme liberal

Abstract

Abstrak: Sejarah dan budaya patiarki yang sudah mengental sulit untuk di pisahkan dari kehidupan masyarakat seluruh dunia termasuk Indonesia, khusunya di daerah Minangkabau. Gebrakan emansipasi wanita sontak di gaungkan para feminisme dan tokoh pergerakan keperempuanan salah satunya Rohana Kudus, seorang feminisme muslim dari Minangkabau. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah deskriptif-analitis, hasil penelitian menunjukkan bahwa Islam sangat dekat dengan konsep kesetaraan gender, terbukti beberapa ayat Al-Qur’an dan hadits mengatakan bahwa laki-laki dan perempuan memiliki hak dan kewajiban yang sama, adapun praktik diskriminasi pada perempuan tidak dibenarkan, Upaya yang dilakukannya dalam pemberdayaan perempuan membawa dampak begitu besar pada masa itu, melalui jalur Pendidikan seperti mendirikan sekolah bagi perempuan Kerajinan Amai Setia (KAS) dan Surat Kabar Sunting Melayu, berhasil membuat perempuan mandiri secara intelektual dan perekonomian, relevansinya dengan Gerakan perempuan saat ini ialah banyaknya LSM, PSW diperguruan tinggi, ruang pengaduan bagi perempuan dan anak, beridirnya YJP, Webinar tentang isu-isu gender yang berkembang saat ini dsb, Feminisme Liberal di gunakan dalam membaca pergerakan yang dilakukan oleh Rohana kudus terkait isu Pendidikan, yang mana kala itu perempuan mengalami keterbatasan pada akses Pendidikan sontak membuat perempuan termarjinalkan, memasukkannya kedalam golongan feminisme liberal.

https://doi.org/10.21274/martabat.2021.5.1.153-176
PDF

References

Agustiningsih, Ema Pratama. “Pergerakan perempuan di Minangkabau: Kiprah Rohana Kudus dalam nasionalisme tahun 1912-1972.” Titian: Jurnal Humaniora 03, no. 02 (Desember 2019).

Arie. “Tokoh Perempuan Rohana Kudus Ditetapkan Sebagai Pahlawan Nasional.” tribunnews.com (blog), 7 November 2019. https://www.goriau.com/berita/baca/tokoh-perempuan-minang-rohana-kudus-ditetapkan-sebagai -pahlawan-nasional.html.

Chaniago, Danil M. “Perempuan Bergerak Surat Kabar Soenting Melajoe 1912-1921.” Kafa’ah: Jurnal Ilmiah Kajian Gender IV, no. 1 (2014).

Deliani, Nurfarida. “Gerakan emansipasi Ruhana Kuddus dalam memperjuangkan kesetaraan Pendidikan perempuan di Minangkabau.” HUMANISMA: Journal of Gender Studies 03, no. 02 (Juli 2019).

Dewi, Sri Navirika. Apakah Takdir Perempuan Sebagai Manusia Kelas Dua? Yogyakarta: Penerbit Independen, 2020.

Dipta, Pramudya Ken, trans. oleh. Mitos Inferioritas Perempuan. 3 ed. Yogyakarta: Penerbit Independen, 2020.

Engineer, Asghar Ali. Women and Modern Seciety. New Delhi: Sterling Publishers Private Limited, 1999.

Faqihuddin, Abdul Kodir. Qira’ah Mubadalah Tafsir Progresif Untuk Keadilan Gender Dalam Islam. Yogyakarta: IRCiSoD, 2019.

Hanani, Silfia. “Rohana Kudus Dan Pendidikan Perempuan.” Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan Jender 10, no. 1 (2011).

Jannah, Shofiatul. “, penulis, Tafsir Surah an-Nisa Ayat 1: Mengungkap Asal Penciptaan Manusia.” Dalam BincangSyariah.com (blog), 22 April 2020.

Nova. “Kesetaraan gender disebutkan dalam Al-Qur’an dan Hadits.” JakartaHaluan.com (blog), Desember 2019.

Paramayana, Yuliana. “Gerakan Perempuan dari Masa ke Masa,” 10 Agustus 2014. http://www.jurnalperempuan.org/wartafeminis/gerakan-perempuan-dari-masa-ke-masa.

Sari, Susi Ratna. “Dari Kerajinan Amai Setia Ke Soenting Melayoe Strategi Rohana Kuddus Dalam Melawan Ketertindasan Perempuan Di Minangkabau.” Kafa’ah: Jurnal Ilmiah Kajian Gender VI, no. 2 (2016).

Wibisono, Yusuf. “Konsep Kesetaraan Gender Dalam Perspektif Islam.” Diakses 20 Januari 2021. scholar.google.co.id.

Wikipedia. “Roehana Koeddoes wartawan Indonesia.” Diakses 20 Januari 2020. https://id.wikipedia.org/wiki/Roehana_Koeddoes.

Yati, Risa Marta. “Perempuan Minangkabau dalam Dunia Pers di Sumatra’s Westkust.” Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah 9, no. 2 (2020).

Creative Commons License

Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.