Penerapan Gerak dan Lagu dalam Pengenalan Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini di Taman Posyandu Nurul Barokah Krucil
pdf

Keywords

Gerak dan Lagu, pengenalan Bahasa Inggris, Anak Usia Dini

Abstract

Anak usia dini adalah anak yang masih berada dalam masa keemasan atau golden age yaitu pada masa ini sangat penting/diperlukan untuk mengembangkan berbagai aspek-aspek perkembangan dalam diri anak, salah satunya yaitu perkembangan bahasa anak termasuk pengenalan bahasa Inggris pada anak usia dini. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional sehingga dengan mengenalkan bahasa Inggris sejak masa kanak-kanak, anak nanti dapat bersaing di dunia global ketika mereka dewasa. Salah satu metode dalam mengenalkan bahasa Inggris pada anak usia dini yaitu dengan metode gerakan dan lagu/nyanyian. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan gerak dan lagu dalam mengenalkan bahasa Inggris pada anak usia dini di Taman Posyandu Nurul Barokah Krucil. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, dalam hal ini melibatkan pendidik dan 20 siswa-siswi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan peneliti adalah metode bernyanyi dan gerak sangat berperan dalam merangsang keingintahuan anak dalam mengenal bahasa asing. Anak dengan mudah untuk mengingat kosa kata dalam bahasa Inggris melalui lagu yang mereka nyanyikan.

https://doi.org/10.21274/martabat.2022.6.01.46-64
pdf

References

Arumsari, Andini Dwi, Bustomi Arifin, dan Zulidyana Dwi Rusnalasari. “Pembelajaran Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini di Kec Sukolilo Surabaya.” Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini 4, no. 2 (2017): 133.

Azra, A. Esei-esei intelektual Muslim dan pendidikan Islam. Logos Wacana Ilmu, 1999.

Fahrudin, Ahmad. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian: Kompetensi dan Strategi Jitu Riset Peneliti. 1 ed. Tulungagung: UIN SATU PRESS, 2020.

Fatmawati, Nor Laili. “Development of Powtoon Animated Videos as English Learning Media for Elementary School Students during the Pandemic.” INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 26, no. 1 (2021): 65–77.

Ita, Efrida, Melkior Wewe, dan Emirensiana Goo. “ANALISIS PERKEMBANGAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK KELOMPOK A TAMAN KANAK-KANAK Anak Usia Dini (PAUD). Dikutip dari Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 , pasal 1 ayat 14” 3, no. 2 (2020): 174–186.

Kurnia, Selia Dwi. “Pengaruh kegiatan painting dan keterampilan dini dalam seni lukis kegiatan pendidikan taman” (2015): 285–302.

Lexy J.Meleong. Metodologi kualitatif. bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.

Lutfiyatul Husna, Ahmad Ma’ruf. “IMPLEMENTASI METODE GERAK DAN LAGU UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA ARAB DAN INGGRIS (di Taman Kanak-Kanak Pesantren Anak Sholeh Al-Ihlas Capang)” 4, no. 1 (2019): 43–60.

Moleong Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.

Pertiwi, Ayu Bella, Anayanti Rahmawati, dan Ruli Hafidah. “Metode Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini.” Kumara Cendekia 9, no. 2 (2021).

Rahwati, S, dan C A Windarsih. “Implementasi Metode Phonics Dalam Pengenalan Bahasa Inggris Dan Membaca Permulaan Anak Usia Dini.” CERIA (Cerdas Energik … 4, no. 1 (2020): 29–37.

Sophya, Ida Vera, dan Ida Vera Sophya. “MELALUI LAGU PADA ANAK USIA DINI” 1 (n.d.): 1–21.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.

Uzer, Yuspar. “Implementasi Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Melalui Metode Gerak Dan Lagu Untuk Anak Paud.” PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2, no. 2 (2019): 187.

Viana,ria octa, jauhari. “Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini.” Pedagogi 3 (2017): 58–69.

Creative Commons License

Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.