Fenomena Kidfluencer dalam Beretika Media Sosial
pdf

Keywords

anak
etika
media sosial
kidfluencer
komunikasi

Abstract

Media sosial saat ini menjadi bagian kehidupan yang sulit dipisahkan dari masyarakat. Bahkan, media sosial juga menjadi lahan bagi sebagian orang untuk mengais rupiah yang dipergunakan untuk berbagai kebutuhan hidup. Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga turut hadir di media sosial sebagai objek untuk menghasilkan uang. Padahal, penggunaan media sosial dibatasi oleh aturan usia untuk menghindari berbagai hal yang bisa membahayakan anak di masa depan. Namun, orang-orang dewasa, yang umumnya merupakan orang tua si anak itu sendiri, melegitimasi terjunnya anak-anak ke media sosial demi berbagai alasan, salah satunya adalah popularitas dan keuntungan  finansial. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis dengan pendekatan kualitatif. Strategi penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dengan metode pengumpulan data berupa mencari literatur ilmiah yang sesuai dengan tema serta mengobservasi media sosial milik beberapa kidfluencer. Dalam artikel ini, penulis membahas fenomena kidfluencer di media sosial dari perspektif etika. Apakah kehadiran anak-anak sebagai selebriti media sosial sesuai dengan etika? Bagaimana seharusnya peran dan tanggung jawab orang tua dilihat dari perspektif etika? Hasilnya menunjukkan bahwa tindakan orang tua yang membagikan informasi tentang anaknya di media sosial bertentangan dengan etika. Sebab, membagikan konten anak di media sosial akan melucuti sisi humanitas orang tua terutama dari sisi etika.  

https://doi.org/10.21274/martabat.2022.6.2.214-241
pdf

References

Archer, Catherine. “How influencer ‘mumpreneur’ bloggers and ‘everyday’ mums frame presenting their children online.” Media International Australia 170, no. 1 (2019): 47–56.

Baron, Jessica. “Posting About Your Kids Online Could Damage Their Futures.” Forbes.com.

Blossom, John. Content nation: Surviving and thriving as social media changes our work, our lives, and our future. John Wiley & Sons, 2011.

CBS News. “(621) Kid influencers: Few rules, big money | Full Documentary - YouTube.” CBS, 2019.

Cohen, L, dan L Manion. “Research methods in education 4th edition Routeledge.” London, 1994.

Coughlan, Sean. “‘Sharenting’ puts young at risk of online fraud.” BBC News.

Creswell, J W, dan C N Poth. Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. SAGE Publications, 2016.

Creswell, John W. “A framework for design.” Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (2003): 9–11.

Curran, J. Media and Power. Communication and society. Routledge, 2002.

Desai, Rajvi. “‘Kid-fluencers’’ Will Get Privacy, Exploitation Protection Under French Law.’” The Swaddle.

Fahrudin, Ahmad. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian: Kompetensi dan Strategi Jitu Riset Peneliti. 1 ed. Tulungagung: UIN SATU PRESS, 2020.

Gladwell, Malcolm. The tipping point: How little things can make a big difference. Little, Brown, 2006.

Hestianingsih. “Mengenal Jenis-jenis Influencer Berdasarkan Jumlah Followers.” Wolipop.

Hoed, B H. Semiotik & dinamika sosial budaya: Ferdinand de Saussure, Roland Barthes, Julia Kristeva, Jacques Derrida, Charles Sanders Peirce, Marcel Danesi & Paul Perron, dll. Komunitas Bambu, 2011.

Insertlive. “Belum 1 Hari Dibuat, Akun IG Anak Atta-Aurel Capai Ratusan Ribu.” Insertlive.

Juntiwasarakij, Suwan. “Framing emerging behaviors influenced by internet celebrity.” Kasetsart Journal of Social Sciences 39, no. 3 (September 2018): 550–555.

Kant, Immanuel. The Science of Right. Simon and Schuster, 2012.

Kemp, Simon. “Digital 2022: Global Overview Report — DataReportal – Global Digital Insights.” We Are Social.

———. “Digital in Indonesia: All the Statistics You Need in 2022 — DataReportal – Global Digital Insights.” We Are Social.

Khamis, Susie, Lawrence Ang, dan Raymond Welling. “Self-branding, ‘micro-celebrity’ and the rise of Social Media Influencers.” Celebrity Studies 8, no. 2 (April 2017): 191–208.

Magnis-Suseno, F. Filsafat sebagai ilmu kritis. Pustaka filsafat. Penerbit Kanisius, 1995.

Makhmudah, Siti. “Penguatan Peran Keluarga dalam Pendidikan Anak.” Martabat 2, no. 2 (2018): 269–286.

Martell, Katie. “Trend Lightly: Keeping Up with Kidfluencers.” Traackr.com.

Martineau, Paris. “What’s an Influencer? The Complete WIRED Guide | WIRED.” Wired.com.

Masterson, Marina. “When play becomes work: child labor laws in the era of ‘Kidfluencers.’” University of Pennsylvania Law Review Forthcomin (2020).

Maulidiyah, Eka Cahya. “Penanaman nilai-nilai agama dalam pendidikan anak di era digital.” Martabat 2, no. 1 (2018): 71–90.

McLuhan, Marshall, dan Bruce R Powers. The global village: Transformations in world life and media in the 21st century. Communication and society, 1989.

Mercer, Danae. “The rise of the ‘kidfluencer’: how online fame impacts children’s mental health.” The National News.

Mertens, Donna M. Research and evaluation in education and psychology: Integrating diversity with quantitative, qualitative, and mixed methods. Sage publications, 2019.

Mufid, Muhamad. Etika dan filsafat komunikasi. Prenada Media, 2012.

Mums At the Table. “Kid influencers.” Mums At the Table.

Panchevski, G, S May, dan D Munshi. The Handbook of Communication Ethics. ICA Handbook Series. Taylor & Francis, 2011.

Rohmah, Jazilah. “Pembentukan kepercayaan diri anak melalui pujian.” Martabat 2, no. 1 (2018): 117–134.

Sari, Citra Ayu Kumala, dan Fatiya Halum Husna. “PELATIHAN ANTI-BULLYING SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN PERUNDUNGAN DI SEKOLAH” (n.d.).

Sears, Andrew. “The Ethics of Sharenting.” Technovirtuism.

Shabani, O A P. Democracy, Power and Legitimacy: The Critical Theory of Jürgen Habermas. G - Reference,Information and Interdisciplinary Subjects Series. University of Toronto Press, 2003.

Weimann, Gabriel. The influentials: People who influence people. Suny press, 1994.

Widani, Citra. “Baru Lahir, Anak Kedua Baim Wong dan Paula Verhoeven Sudah Punya Instagram, Jumlah Followers-nya Gak Main-main!” Grid.

Creative Commons License

Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.