Perempuan Pebisnis Online dan Perannya dalam Peningkatan Ekonomi Keluarga Pada Masa Covid-19 dalam Perspektif Feminisme
PDF

Keywords

Perempuan, bisnis online, Pandemi Covid-19

Abstract

Pandemi Covid-19 membawa perubahan di pelbagai lini masyarakat. Pembatasan mobilitas masyarakat menjadikan media online sebagai alternatif dalam memenuhi kebutuhan hidup. Hal ini juga dilakukan para perempuan dalam usaha meningkatkan ekonomi keluarga, yakni dengan melakukan bisnis online, Tujuan penelitian adalah untuk memahami adanya perubahan yang dinamis pada peran laki-laki dan perempuan dalam institusi keluarga. Penelitian ini juga memaparkan tentang perlunya keterbukaan pandangan masyarakat terhadap posisi perempuan dan pengakuan atas kontribusi perempuan dalam kelangsungan hidup rumah tangganya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan feminisme. Pendekatan Feminisme dalam penelitian ini sangat bergantung kepada isu yang berkembang dalam dinamika sosial. Fokus dari penelitian ini terletak pada posisi subordinat yang disandang perempuan terhadap laki-laki dalam kehidupan sosial masyarakat.  Penelitian ini berupaya menunjukkan posisi tersebut ke dalam keterbukaan dan menjelaskan bahwa sistem ekonomi dan sosial politik tidak mengistimewakan maupun memarjinalkan perempuan.

https://doi.org/10.21274/martabat.2022.6.01.85-100
PDF

References

Afrizal, Stevany Wika Hardika Legiani, Rahmawati. Peran Perempuan Dalam Upaya Meningkatkan Ketahanan Ekonomi Keluarga Pada Kondisi Pandemi Covid-19. Untirta Civic Education Journal UCEJ, Vol. 5 No. 2, Desember 2020. Hal. 149-162 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Anita Rahmawaty, Perempuan Dan Pemanfaatan Teknologi Internet dengan Pendekatan Utaut, Jurnal Palastren, Vol. 9, No. 1, Juni 2016, STAIN Kudus

Badan Pusat Statistik Kabupaten Lamongan. Kecamatan Sekaran dalam Angka 2021. BPS Kabupaten Lamongan. http://lamongankab.bps.go.id

Bakker, Anton & Achmad Charris Zubair. 1990. Metodologi Penelitian Filsafat. Yogyakarta: Kanisius.

Fakih, Mansour. 2013. Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Handayani, Arri. Keseimbangan Kerja Keluarga pada Perempuan Bekerja: Tinjauan Teori Border. Buletin Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada. 21 (2), Desember 2013: 90

Lestari, Yuliana Intan. Fear Of Success Pada Perempuan Bekerja Ditinjau Dari Konflik Peran Ganda Dan Hardiness. Jurnal Psikologi, Volume 13 Nomor 1, Juni 2017. H. 56-63. Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Mulyana, Deddy dan Jalaluddin Rakhmat. 2009. Komunikasi Antarbudaya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslikhati, Siti. 2004. Feminisme dan Pemberdayaan Perempuan dalam timbangan Islam. Jakarta: Gema Insani Press

Rosmadi, Maskarto Lucky. Nara Penerapan Strategi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19, Jurnal IKRA-ITH Ekonomika Vol 4 No 1 Bulan Maret 2021, STIE Kridatama Bandung

Santana K., Septiawan. 2007. Menulis Ilmiah: Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Tong, Rosemarie Putnam. 2010. Feminist Thought. Yogyakarta: Jalasutra

Ulya, H. N. 2020. Alternatif Strategi Penanganan Dampak Ekonomi Covid-19 Pemerintah Daerah Jawa Timur Pada Kawasan Agropolitan. el Barka: Journal of Islamic Economic and Business, 3(1), 80-109.

Widyaningrum, P. W. Peran Media Sosial sebagai Strategi Pemasaran pada Sewa Kostum Meiyu Aiko Malang. Jurnal Al Tijarah, (2016). 2(2), 230-257

Creative Commons License

Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.