THE EFFECTS OF ISLAMIC BRANDING, PRICE AND SERVICE QUALITY ON WORD OF MOUTH THROUGH CUSTOMER SATISFACTION AS INTERVENING VARIABLES

Case Study: Sumber Bening Motor Wash

  • Nurul Fitriana Munawiroh UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Nadia Roosmalita Sari UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
Keywords: Islamic Branding, Customer Satisfaction, Price, Service Quality, Word of Mouth

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi oleh semakin ketatnya persaingan bisnis terutama pada bidang usaha jasa cuci motor. Hal tersebut membuat para pelaku usaha dituntut untuk lebih giat lagi dalam berinovasi guna bersaing pada usaha kompetitor sehingga dapat lebih baik dalam menarik pelanggan. Beberapa upaya yang dapat digunakan diantaranya dengan memperbaiki reputasi islamic branding, kualitas harga, kualitas pelayanan, serta kepuasan pelanggan untuk memperoleh citra yang baik bagi komunitas pelanggan terutama dalam komunikasi word of mouth pada komunitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis kausalitas. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer yang dikumpulkan pada komunitas pelanggan cuci motor Sumber Bening. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Analisis Path yang diolah dengan menggunakan software SPSS 16. Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel islamic branding, harga, dan kualitas pelayanan secara langsung memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan secara tidak langsung variabel islamic branding, harga, dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap komunikasi word of mouth melalui variabel mediasi kepuasan pelanggan. Adapaun pengaruh kepuasan pelanggan terhadap word of mouth memiliki pengaruh posiitif dan signifikan.

Kata kunci: Islamic branding, Harga, Kepuasan Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Word of Mouth

 

 

Abstract: This research is motivated by the increasingly fierce business competition, especially in the field of motorcycle washing services. This makes business actors required to be even more active in innovating to compete with competitors' businesses so that they can be better at attracting customers. Some of the efforts that can be used include improving islamic branding reputation, price quality, service quality, and customer satisfaction to obtain a good image for the customer community, especially through word-of-mouth communication to the customer community. This study uses a quantitative approach to the type of causality. The data used in this study are primary data collected from the Sumber Bening motorcycle washing customer community. The data analysis technique used is Path Analysis which is processed using SPSS 16 software. The test results show that the variables of islamic branding, price, and service quality directly have a positive and significant influence on customer satisfaction. While indirectly the variables of islamic branding, price, and service quality have a significant influence on word-of-mouth communication through the mediating variable of customer satisfaction. The influence of customer satisfaction on word of mouth has a positive and significant effect mouth has a positive and significant effect.

Keywords: Islamic branding, Customer Satisfaction, Price, Service Quality, Word of Mouth

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alinda, R., & Adinugraha, H. (2022). Pengaruh Logo Halal, Kesadaran Halal, dan Sikap Kosumen untuk Kembali Membeli Produk Makanan dan Minuman Kemasan. Jurnal Penelitian Mahasiswa Ilmu Sosial, Ekonomi, dan Bisnis Islam (SOSEBI), 2(2), 153-168. https://doi.org/10.21274/sosebi.v2i2.6298

Amruddin dkk. 2022. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Sukoharjo: Pradina Pustaka

Buduri, D. F., & Habib, M. A. F. (2023). The Effect of Price, Product Quality, and Promotion on The Purchasing Decision of MS Glow Products at MS Glow Tulungagung Branch Agent. Madani Jurnal Politik dan Sosial Kemasyarakatan, 15(01), 187-206.

Chalil, Rifyal Dahlawy dkk. 2020. Brand, Islamic Branding, & Re-Branding “Peran Strategi Merek Dalam Menciptakan Daya Saing Industri Dan Bisnis Global”.Depok: Rajawali Pers

Djalaluddin, Nurgadima Achmad. 2021. Analisis Cost Recovery Rate (Crr) Pada Instalasi Rawat Inap. Pekalongan: Penerbit NEM

Gwee, James. 2007. Positive Business Ideas + CD. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Harrison, L. Jean- Walker. (2001). “The Measurement Of Word of Mouth Communication And An Investigation Of Service Quality And Customer Commitment As Potential Anteced-ents”, Journal of Service Research. Vol. 4 No. 1, Hal. 60

Idrus, Salim Al. 2019. Kualitas Pelayanan dan Keputusan Pembelian (Konsep dan Teori). Ma-lang: MMalang Media Nusa Creative

Kadri, Trihono. 2009. Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Deepublish

Kotler, Philip. 2022. Manajemen Pemasaran Edisi Milenium. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia

Kurniasih, Dedeh. 2021. Kepuasan Konsumen (Studi Terhadap World Of Mouth, Kualitas Layanan Dan Citra Merek). Banten: Bintang Sembilan Visitama

Mahasiswi Prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Putri, Gustita Arnawati dan Aruma Nur Rahmini. 2021. Monograf Pengaruh Leeverage Ter-hadap Manajemen Laba dengan Corporate Governance. Klaten: Lakeisha

Situmorang, Syafrizal Helmi dan Muslich Lufti. 2014. Analisis Data (Untuk Riset Manajemen dan Bisnis). Medan: USU Press

Sujarweni, V. Wiratna dan Lila Retnani Utami. 2019. The Master Book of SPSS. Yogyakarta: Star Up

Sunarto Andang. dkk, 2018. Statistik Pembiayaan Bermasalah Pada Bank. Yogyakarta: Sam-udra Biru

Tanzeh, Ahmad. 2009. Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Teras

Tjiptono. 2008. Prinsip-Prinsip Total Quality Service. Yogyakarta: Andi Offset

Wijaya, Tony. 2009. Analisis Data Penitian Menggunakan SPSS. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Zacharias, Tehubijuluw. 2019. Metode Penelitian Sosial Teori dan Aplikasi. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia

Published
2023-05-13
How to Cite
Munawiroh, N., & Sari, N. (2023). THE EFFECTS OF ISLAMIC BRANDING, PRICE AND SERVICE QUALITY ON WORD OF MOUTH THROUGH CUSTOMER SATISFACTION AS INTERVENING VARIABLES. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, 10(1), 17-35. https://doi.org/10.21274/an.v10i1.6971
Section
Articles