COVID-19 PANDEMIC: CONDITIONS AND SHARIA MARKETING STRATEGIES AT BMT AMANAH UMMAH SUKODONO BRANCH SIDOARJO REGENCY

  • Muhammad Hamdan Ali Masduqie UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Ashif Jauhar Winarto UIN Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Covid-19 Pandemic, Baitul Maal wa Tamwil (BMT), Sharia Marketing Strategy

Abstract

Abstrak: Pandemi Covid-19 merupakan wabah virus baru yang muncul saat ini dan menyebar di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Seluruh aspek kegiatan yang berlangsung di Indonesia tidak dapat berjalan dengan normal, termasuk pada kegiatan operasional Baitul Maal wat Tamwil (BMT) Amanah Ummah Cabang Sukodono. Tujuan dari studi ini untuk mengetahui kondisi dan strategi pemasaran syariah oleh BMT Amanah Ummah Cabang Sukodono dalam menghadapi pandemi Covid-19. Peneltian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan strategi studi kasus guna memberikan gambaran detail mengenai kondisi dan strategi pemasaran syariah oleh BMT Amanah Ummah Cabang Sukodono. Hasil penelitian menunjukkan adanya penerapan empat karateristik pemasaran syariah yang dapat membantu keberlangsungan operasional dari BMT Amanah Ummah Cabang Sukodono, antara lain rubbainiyah, akhlaqiyah, waqi’iyah, dan insaniyyah. Penerapan strategi pemasaran syariah selain bertujuan untuk menjaga eksistensi BMT Amanah Ummah Cabang Sukodono, juga dapat mempertahankan loyalitas nasabah. Berkaitan dengan ulasan yang telah dilakukan mulai dari tujuan penelitian, metode penelitian serta hasil penelitian maka saran yang dapat diberikan kepada pengelola BMT Amanah Ummah Cabang Sukodono yakni perlu penerapan strategi pemasaran syariah secara optimal agar tetap mampu menjaga keberlangsungan operasional selama pandemi Covid-19, serta menjaga loyalitas nasabah untuk tetap loyal dalam menggunakan produk yang dimiliki, baik funding maupun landing.

Kata kunci: Pandemi Covid-19; Baitul Maal wa Tamwil (BMT); Strategi Pemasaran Syariah

 

Abstract: The Covid-19 pandemic is a new virus outbreak that is emerging today and is spreading throughout the world, including in Indonesia. All aspects of activities that take place in Indonesia cannot run normally, including operational activities of Baitul Maal wat Tamwil (BMT) Amanah Ummah Sukodono Branch. The purpose of this study is to knowing about condition and sharia marketing strategy by BMT Amanah Ummah Sukodono Branch in the face of Covid-19 pandemic. This research uses a descriptive qualitative method with a case study strategy to provide a detailed description about condition and sharia marketing strategy by BMT Amanah Ummah Sukodono Branch. The research show that there are four characteristics of sharia marketing that can help the operational sustainability of BMT Amanah Ummah Sukodono Branch including rubbainiyah, akhlaqiyah, waqi’iyah, and insaniyyah. The implementation of sharia marketing strategy in addition to aiming to maintain the existence of BMT Amanah Ummah Sukodono Branch, can also maintain customer loyalty. According to the findings of this research, the relevant suggestion which can be given to the manager of BMT Amanah Ummah Sukodono Branch, namely the need to implement sharia marketing strategy optimally in order to maintain operational sustainability during Covid-19 pandemic, and maintain customer loyalty to remain loyal in using the products owned, both funding and landing.

Keywords: Covid-19 Pandemic; Baitul Maal wa Tamwil (BMT); Sharia Marketing Strategy

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adlan, Muhamad Aqim. (2021). “Peran Pemerintah Dalam Menyelamatkan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Di Era Pandemi Covid-19 (Sebuah Kajian Dalam Perspektif Ekonomi Islam).” An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah 8, no. 1: 81–104. https://doi.org/10.21274/an.v8i1.3552.

Andjarwati, Anik Lestari, and Eka Chusniartiningsih. (2018). “Pengaruh Kesadaran Merek Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Teh Pucuk Harum Wilayah Surabaya Utara).” Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi 5, no. 2: 189. https://doi.org/10.24252/minds.v5i2.6736.

Burhanuddin, Muhammad, and Azidni Rofiqo. (2020). “Analisis Penerapan Marketing Syariah Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran Produk (Studi Pada: Swalayan Ismart, Ponorogo).” Journal of Islamic Economics and Philanthropy (JIEP) 3, no. 3: 885, 888. https://core.ac.uk/download/pdf/329047455.pdf.

Emiliani, F., Rizqiana, S., Suhandito, R., Muchibbah, N., Nurmahfidhoh, R., & Habib, M. (2021). Analisis Pemberdayaan UMKM pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Mahasiswa Ilmu Sosial, Ekonomi, Dan Bisnis Islam (SOSEBI), 1(1), 83-94. https://doi.org/10.21274/sosebi.v1i1.4929

Indraswari, Puspa, and Qudsi Fauzi. (2019). “Peran Baitul Maal Wat Tamwil (Bmt) Amanah Ummah Terhadap Peningkatan Usaha Pedagang Kecil Di Pasar Karah Surabaya.” Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan 5, no. 2: 93. https://doi.org/10.20473/vol5iss20182pp93-107.

Jannah, Miftahul. (2018). “Konsep Keluarga Idaman Dan Islami.” Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies 4, no. 2: 87. https://doi.org/10.22373/equality.v4i2.4538.

Kafabih, A, and Ana Toni Roby Candra Yudha. (2021). “Halal Industry during the Covid-19 Pandemic Is The Hidden Blessing: Industri Halal Selama Pandemi Covid-19 Adalah Berkah Tersembunyi.” El-Qist: Journal of Islamic Economics and … 11, no. 1: 18–32. http://jurnalfebi.uinsby.ac.id/index.php/elqist/article/view/406.

Khoiri Abdi, Moh, and Novi Febriyanti. (2020). “Penyusunan Strategi Pemasaran Islam Dalam Berwirausaha Di Sektor Ekonomi Kreatif Pada Masa Pandemi Covid-19.” El-Qist : Journal of Islamic Economics and Business (JIEB) 10, no. 2: 160–78. https://doi.org/10.15642/elqist.2020.10.2.160-178.

Lisdawami, Indi Masita, and Imron Mawardi. (2017). “Pengembangan Produk Funding Kspps Bmt Amanah Ummah Jawa Timur.” Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan 4, no. 11: 889–901.

Masduqie, Muhammad Hamdan Ali. (2020). “Analisis Nilai Maqashid Syariah Pada Bank Sampah Dalam Mewujudkan Green Economy Di Kota Surabaya (Studi Kasus Pada Bank Sampah Induk Surabaya).” UIN Sunan Ampel Surabaya.

———. (2022). “Kiprah Dan Peranan Lembaga Keuangan Syariah Dalam Ekonomi Global : Faktor Pendukung , Penghambat Dan Peluang Yang Dimiliki” 1, no. 2.

Masduqie, Muhammad Hamdan Ali, Istiqom Shinta Hardiyanti, and Afri Suhairi Panjaitan. (2023). “Manajemen Risiko Asuransi Syariah: Dasar Hukum, Tahapan Dan Urgensinya.” Yurisprudentia: Jurnal Hukum Ekonomi 9, no. 1: 22–38.

Masduqie, Muhammad Hamdan Ali, Syarifudin, and Ana Toni Roby Yudha. (2021). “Green Economy Of Waste Bank In The Perspective Of Maqashid Sharia In Surabaya Green Economy Melalui Bank Sampah Dalam Perspektif Maqashid Syariah Di Kota Surabaya.” Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan 8, no. 5: 593–606. https://doi.org/10.20473/vol8iss20215pp593-606.

Miftah, Ahmad. (2015). “Mengenal Marketing Dan Marketers Syariah.” ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam 6, no. 2: 15–20. https://doi.org/10.32678/ijei.v6i2.56.

Muali, Chusnul, and Khoirun Nisa’. (2019). “Pemasaran Syariah Berbantuan Media Sosial: Kontestasi Strategis Peningkatan Daya Jual.” An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah 6, no. 1: 168–85. https://doi.org/10.21274/an.2019.6.1.168-185.

Nikmah, Rochmatin, and Syarifudin. (2021). “Service Quality and Corporate Image to the Customer Loyalty of BPRS Baktimakmur Indah Sepanjang Sidoarjo.” Al-Mashrafiyah: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Perbankan Syariah 5, no. 1: 1–14.

Nugrahaini, Farida. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Solo: Cakra Books.

Nurhisam, Luqman. (2017). “Etika Marketing Syariah.” IQTISHADIA: Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah 4, no. 2: 171. https://doi.org/10.19105/iqtishadia.v4i2.1412.

Rachmat Sunjoto, Arie. (2016). “Strategi Pemasaran Swalayan Pamella Dalam Perspektif Islam (Studi Kasus Swalayan Pamella Yogyakarta Tahun 2010).” JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia) 1, no. 2: 45. https://doi.org/10.21927/jesi.2011.1(2).45-64.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Kombinasi; Mixed Methods. Bandung: Alfabeta.

Sulaeman, Sulaeman, and Amaliyah Wirawan. (2021). “Ta’Awuni-Based Micro Insurance Model Bagi Umkm: Upaya Mendukung Pengembangan Ekosistem Industri Halal Pasca Covid-19 Di Indonesia.” An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah 8, no. 1: 32–58. https://doi.org/10.21274/an.v8i1.3755.

Susilowati, Lantip. (2020). “Kualitas Pelayanan, Harga Dan Fasilitas Rumah Kos Di Desa Plosokandang Dalam Memberikan Kepuasan Kepada Penghuninya.” An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah 7, no. 2: 561–95. https://doi.org/10.21274/an.v7i02.3605.

Wicaksono, Yudi Krisno, and Binti Maunah. (2021). “Peran Negara Dalam Ketahanan Perbankan Syariah Di Masa Pandemi Covid-19.” An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah 8, no. 1: 206–25. https://doi.org/10.21274/an.v8i1.3600.

Yalina, Nita, Akbar Pratama Kartika, and Ana Toni Roby Candra Yudha. (2020). “Impact Analysis of Digital Divide on Food Security and Poverty in Indonesiain 2015-2017.” Jurnal Manajemen Teknologi 19, no. 2: 145–58. https://doi.org/10.12695/jmt.2020.19.2.3.

Yamali, Fakhrul Rozi, and Ririn Noviyanti Putri. (2020). “Dampak Covid-19 Terhadap Ekonomi Indonesia.” Ekonomis: Journal of Economics and Business 4, no. 2: 384. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v4i2.179.

Yenti Sumarni. (2020). “Pandemi Covid-19: Tantangan Ekonomi Dan Bisnis.” Al Intaj: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah 6, no. 2: 46–58.

Zustika, Anisa Fadilah, and Ana Toni Roby Candra Yudha. (2020). “Peer To Peer Lending System in Hifdun Maal Perspective: Evidence From the Fintech Company of Investree.” Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan 7, no. 8: 1584. https://doi.org/10.20473/vol7iss20208pp1584-1597.

Published
2023-05-31
How to Cite
Masduqie, M. H., & Winarto, A. (2023). COVID-19 PANDEMIC: CONDITIONS AND SHARIA MARKETING STRATEGIES AT BMT AMANAH UMMAH SUKODONO BRANCH SIDOARJO REGENCY. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, 10(1), 73-90. https://doi.org/10.21274/an.v10i1.7089
Section
Articles