HALAL LIFESTYLE INDONESIA: REVIEW OF HALAL PRODUCT DEVELOPMENT IN SHARIA ENTERPRISE THEORY (SET) PERSPECTIVE

  • Andriani Andriani IAIN Kediri
Keywords: Halal Lifestyle, Halal Product, Sharia Enterprise Theory

Abstract

Abstrak: Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengembangan produk halal dalam pemenuhan kebutuhan halal lifestyle di Indonesia. Penggunaan tinjauan sharia enterprise theory untuk menunjukan hal-hal penting yang harus diperhatikan bagi seluruh perusahaan yang memproduksi barang atau jasa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Analisis ini digunakan untuk memberikan deskripsi atau gambaran mengenai subjek penelitian berdasarkan data variabel yang diperoleh dari kelompok subjek tertentu. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Allah SWT sebagai stakeholder utama, pemilik seluruh sumber daya di muka bumi. Maka penting bagi pelaku usaha bertanggung jawab pada Allah SWT dengan pengelolaan produk sesuai kegiatan dalam syariat Islam. Kemudian tanggung jawab pada manusia merupakan wujud untuk meningkatkan kepedulian antar sesama dan pengembangan produksi dengan tenaga seorang pekerja. Lalu tanggung jawab pada lingkungan, menjadi perhatian penting bagi pelaku usaha agar dapat terus mengembangkan produk dengan memperhatikan pelestarian lingkungan.

Kata kunci: Halal Lifestyle; Produk Halal; Sharia Enterprise Theory

 

Abstract: The research aims to analyze the development of halal products in fulfilling the needs of halal lifestyles in Indonesia. Sharia enterprise theory reviews show important things that must be considered for all companies that produce goods or services. This research is qualitative research using descriptive analysis. This analysis is used to provide a description or description of the research subject based on variable data obtained from certain subject groups. The results of this study explain that Allah SWT is the main stakeholder, the owner of all the resources on earth. So it is important for business actors to be accountable to Allah SWT by managing products according to activities in Islamic law. Then the responsibility to humans is a form of increasing concern among others and developing products with the power of a worker. The responsibility for the environment becomes an important concern for business actors so that they can continue to develop products with due regard to environmental preservation.

Keywords: Halal Lifestyle; Halal Product; Sharia Enterprise Theory

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adinugraha, Hendri Hermawan, Mila Sartika, dan Ahmad Hasan Asy’ari Ulama’i. (2019). Halal Lifestyle di Indonesia. An-Nisbah, Vol. 5, No. 2.

Ahmad, Ahfandi. (2022). Manajemen Produksi dan Konsumsi Pangan Masyarakat. Pasaman Barat: Azka Pustaka.

Al-Mujanatul Ali. (2016). Al-Quran Dan Terjemahanya. Bandung: Lentera hati.

Alfian, Ian, dan Muslim Marpaung. (2017). Analisis Pengaruh Label Halal, Brand, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Kota Medan. At-Tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam, Vol. 2, No. 1.

Alinda, R., & Adinugraha, H. (2022). Pengaruh Logo Halal, Kesadaran Halal, dan Sikap Konsumen untuk Kembali Membeli Produk Makanan dan Minuman Kemasan. Jurnal Penelitian Mahasiswa Ilmu Sosial, Ekonomi, dan Bisnis Islam (SOSEBI), 2(2), 153-168. https://doi.org/10.21274/sosebi.v2i2.6298

Anggraeni, Windi Ariesti. (2019). "Social Performance Pada Perbankan Syariah Indonesia: Sharia Enterprise Theory Perspective." Jurnal Wacana Ekonomi, Vol. 18, No. 2.

Aslikhah. (2021). "Potensi Ekonomi Syariah Dengan Tren Halal Lifestyle Di Indonesia Dalam Perspektif State The Global Islamic Economy Report". EKOSIANA: Jurnal Ekonomi Syari’ah, Vol. 8, No. 1.

Athiroh, Nur. (2022). Potret Budaya Halal dan Industri Halal di Jawa Tinur. Surabaya: Inara Publisher.

Baharuddin, Kasmarini, et.al. (2015). "Understanding the Halal Concept and the Importance of Information on Halal Food Business Needed by Potential Malaysian Entrepreneurs." International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, Vol. 5, No. 2.

Boediman, Eko Putra. (2017). Halal Lifestyle in Marketing Communication of Tourism and Hospitality. International Journal of Economic Research, Vol. 14, No. 4.

Hamdani, Lukman. (2020). Prinsip-Prinsip Kepemilikan Harta dalam Islam. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, Vol. 1, No. 1.

Handayani, Dwi. (2016). Bisnis Syariah. Jakarta: Erlangga.

Hapsari, Arinta, dkk. (2018). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. Jakarta: Pena Mas.

Harahap, Jogiyanto. (2015). Penelitian Kualitatif-Kuantitatif. Bandung: Telaga Ilmu.

Irawati, Rina. (2018). Pengaruh Pelatihan dan Pembinaan Terhadap Pengembangan Usaha Kecil. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi, Vol. 12, No. 1.

Kusnandar, Viva Budy. (2019). Sebanyak 86,88% Penduduk Indonesia Beragama Islam. Databoks. https://databoks.katadata.co.id

Latifah, Eny. (2020). Shari’ah Enterprise Theory (AMANAH) Pada Pendekatan Behavioral Accounting dalam Menilai Shari’aah Microfinance (Studi Kasus Pada Koperasi Syariah Lamongan). Jurnal Shidqia Nusantara, Vol. 1, No. 1.

Mahdi, M. Ivan. (2022). Penduduk Muslim Indonesia Paling Banyak di Jawa Barat. Data Indonesia. https://dataindonesia.id

Mairinda, Agustin. (2021). Berkenalan Dengan Jaminan Produk Halal di Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Muawanah dan Nur Dinah Fauziah. (2020). Strategi Pengembangan Produk Halal dalam Meningkatkan Daya Saing Industri Halal di Indonesia. Al-Adalah : Jurnal Syariah dan Hukum Islam, Vol. 5, No. 1.

Mubarok, Sofi. (2018). "Islam dan Sustainable Development: Studi Kasus Menjaga Lingkungan dan Ekonomi Berkeadilan". Dauliyah, Vol. 3, No. 1.

Najiatun dan Ryan Rahmah Maulayati. (2019). Model Pengembangan Produk Halal. JII: Jurnal Investasi Islam, Vol. 4, No. 1.

Novarela, Dori dan Indah Mulia Sari. (2015). Pelaporan Corporate Social Responbility Perbankan Syariah Dalam Perspektif Shariah Enterprise Theory (SET). Jurnal Akuntansi dan Keuangan Islam, Vol. 3, No. 2.

Nurhadi. (2019). 10 Negara Dengan Penduduk Muslim Terbanyak di Dunia. Tempo. https://dunia.tempo.co.id

Pramiana, Omi dan Nur Anisah. (2018). Implementasi Corporate Social Responbility (CSR) Dalam Perspektif Shariah Enterprise Theory. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, Vol. 13, No. 2.

Pratiwi, Wahyu Mega dan Endah Wuryani. (2013). Akuntansi Lingkungan Sebagai Strategi Pengelolaan Dan Pengungkapan Tanggung Jawab Lingkungan Pada Perusahaan Manufaktur. Jurnal Akuntansi AKUNESA, Vol. 2, No. 1.

Rinovian, Reztu dan Abin Suarsa. (2018). "Pengungkapan CSR Perbankan Syariah Sebagai Kebutuhan Informasi Stakeholder". Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), Vol. 2, No. 2.

Safitri, L., Mukaromah, S., & Habib, M. (2021). Analisis Potensi Obyek Wisata Pantai dengan Konsep Halal Beach Tourism di Kota Denpasar. Ar Rehla: Journal of Islamic Tourism, Halal Food, Islamic Traveling, and Creative Economy, 1(2), 143-156. https://doi.org/10.21274/ar-rehla.v1i2.4814

Sahal, Ardi. (2017). Jumlah Penganut Agama Di Indonesia Tiap Provinsi. Tumoutou News. tumoutuonews.com

Siregar, Enni Sari dan Marliana Wahyuni Nasution. (2020). Dampak Aktivitas Ekonomi Terhadap Pencemaran Lingkungan Hidup (Stdui Kasus Di Kota Pejuang, Katanopan). Jurnal Education and Development, Vol. 8, No. 4.

Shofie, Yusuf. (2013). Hukum Perlindungan Konsumen. Jakarta: Kencana.

Sofyan, Krisna Nadhir. (2015). Formulasi Hukum Dan Pentingnya Jaminan Kepastian Hukum Produk Pangan Halal Dalam Hukum Nasional. Nurani: Jurnal Kajian Syariah Dan Masyarakat, Vol. 15, No. 2.

Sugiyono. Metodologi Penelitian. Bandung: Pustaka Setia. 2014

Syahrial, Muhammad. (2022). Manajemen Pariwisata Halal. Surabaya: Jakad Media Publishing.

Widyaningrum, Premi Wahyu. (2017). Pengaruh Label Halal dan Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Wardah di Ponorogo)". JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), Vol. 6, No. 2.

Yahya FR. (2020). Data Populasi Muslim 2020: Indonesia Terbesar di Dunia. IB Times. https://ibtimes.id

Yazid, Al-Qazwani dan Abu Abdullah Muhammad bin. (2016). Sunan Ibnu Majah Terj. Al-Kattani, Abdul Hayyie, Muhammad Muhklisin, Andri Wijaya, dan Jajang Husnis Hidayat. Jakarta: Gema Insani.

Yuniarti, Vinna Sri. (2015). Perilaku Konsumen: Teori dan Praktik. Bandung: Pustaka Setia.

Published
2023-05-31
How to Cite
Andriani, A. (2023). HALAL LIFESTYLE INDONESIA: REVIEW OF HALAL PRODUCT DEVELOPMENT IN SHARIA ENTERPRISE THEORY (SET) PERSPECTIVE. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, 10(1), 91-108. https://doi.org/10.21274/an.v10i1.7466
Section
Articles