DIGITAL ISLAMIC NETWORK: BUILDING EXCELLENT SERVICE FOR CUSTOMERS AT BANK MUAMALAT TULUNGAGUNG IN THE DIGITAL ERA

  • Ekalaka Febian Cahyaningtyas IAIN Kediri
  • Nilna Fauza IAIN Kediri
Keywords: Digital Islamic Network, Enhancement, Service Quality

Abstract

Abstrak: Perkembangan teknologi pada era ini menunjukkan perkembangan yang begitu pesat. Dunia mengalami kemajuan luar biasa dalam teknologi dan inovasi. Kehadiran aplikasi Digital Islamic Network (DIN) sebagai platform digital yang bermanfaat disambut antusias masyarakat. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan aplikasi Digital Islamic Network (DIN) dalam meningkatkan pelayanan nasabah di Bank Muamalat KCP Tulungagung. Artikel ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Hasil kajian menunjukkan bahwa Digital Islamic Network (DIN) di Bank Muamalat KCP Tulungagung berperan untuk memudahkan nasabah mendapatkan layanan yang berkualitas dan profesional dengan mewujudkan efektifitas dan efisiensi layanan perbankan kepada nasabah. Hal ini dibuktikan dengan peran Muamalat Digital Islamic Network (DIN) dalam meningkatkan kualitas pelayanan, memberikan kemudahan pelayanan kepada pelanggan, efisiensi waktu, memberikan jaminan keamanan bagi pelanggan, dan memberikan kepuasan pelayanan.

Abstract: The development of technology in the current era show growing rapidly. The world is experiencing tremendous progress in technology and innovation. The presence of the Digital Islamic Network (DIN) application as a beneficial digital platform is enthusiastically welcomed by the public. For this reason, this study aims to determine the role of Digital Islamic Network (DIN) applications in improving customer service at Bank Muamalat KCP Tulungagung. This article uses a descriptive-qualitative method with a field research and library research approach. Sources of data used in this study are primary data sources and secondary data sources. The result of the study shows that the Digital Islamic Network (DIN) at Bank Muamalat KCP Tulungagung plays a role in making it easy for customers to receive quality and professional services by realizing the effectiveness and efficiency of banking services to customers. This is proven by the role of Muamalat Digital Islamic Network (DIN) in improving the quality of service, providing easy service to customers, time efficiency, providing security guarantees for customers, and providing service satisfaction.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistik. “Berita Resmi Statistik No.63/08/Th.XXIV.”

Buchory, Herry Achmad, dan Djaslim Saladin. (2006), Dasar-Dasar Pemasaran Bank. Bandung: Linda Karya.

Cahyani, Putri Dwi. (2016), “Tingkat Kepuasan Nasabah Terhadap Kualitas Layanan Perbankan Syariah di Yogyakarta.” Esensi 6, no. 2: 151–162.

Chairani, Ikfina. (2020), “Dampak Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Gender Di Indonesia.” Jurnal Kependudukan Indonesia 2902: 39.

Departemen Agama Republik Indonesia. (2006), Al-Quran Dan Terjemahannya Juz 1-30 Edisi Baru. Surabaya: Pustaka Agung Harapan.

Hamka. (2017), Tafsir Al-Azhar: Jilid 1 Diperkaya Dengan Pendekatan Sejarah, Sosiologi, Tasawuf, Ilmu Kalam, Sastra, Dan Psikologi. Jakarta: Gema Insani.

Hasibuan, Melayu S.P. (2006), Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: Bumi Aksara.

Indah Febriana, Nina. (2016), “Analisis Kualitas Pelayanan Bank Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tulungagung.” an-Nisbah 03, no. 01: 145–168.

Iriani, Annisa Fitri. (2018), “Minat Nasabah Dalam Penggunaan Mobile Banking Pada Nasabah Bank Syariah Mandiri Kota Palopo.” DINAMIS- Journal of Islamic Management and Bussines 2, no. 2: 99–111.

Istianatul Chusniyah dan Nilna Fauza. (2022), “Pelatihan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM Sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran Di Masa Pademi Bagi Masyarakat.” Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 2: 138–149.

Jogiyanto. (2007), Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Andi.

Kurniawati, Hanif Astika, Alfi Arif, dan Wahyu Agus Winarno. (2017), “Analisis Minat Penggunaan Mobile Banking Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Yang Telah Dimodifikasi.” e-Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi 4, no. 1: 24.

Lailani, Evi Okli, dan Tannia Regina. (2021), “Penggunaan Mobile Banking Sebagai Upaya Memperlancar Transaksi Elektronik Nasabah Pada Pt. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.” Kompleksitas: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Organisasi 10, no. 01: 24–33.

Lupiyoadi. (2001), Manajemen Pemasaran Jasa Teori Dan Praktik Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Muamalat, Bank. “Bank Muamalat.”

Muhammad Alim. (2011), Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan Pemikiran Dan Kepribadian Muslim. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution, N. (2001), Manajemen Mutu Terpadu. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Rahmah, N., Wiranto, E., Hidayat, M. S., Roza, Y. M., & Astuti, A. R. T. (2023). Gender, Education, and Access to Quality Employment: Analysis of the Situation of Women in Indonesia in the Digital Economic Era. International Journal of Science and Society, 5(1), 273-296.

Rahmawati, Charissa Kezia, dan Bayu Arie Fianto. (2020), “Analisis Deskriptif Pada Dimensi Kualitas Layanan Mobile Banking (M-Banking) Terhadap Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah.” Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan 7, no. 6: 1118.

Risfany, Ria Armayani Hasibuan; Shafaliza. (2022), “Penerapan Layanan Muamalat DIN Dalam Kemudahan Bertransaksi Pada PT Bank Muamalat Indonesia KCP Stabat.” JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen 2, no. Vol 2 No 1: 382–390.

Silviany, R., & Habib, M. A. F. (2023). Strategi Bank Syariah Indonesia KCP Tulungagung Trade Center dalam Menghadapi Persaingan di Industri Perbankan. Journal on Education, 5(3), 10250-10264.

Sugiyono. (2017), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyowati. (2021), “Peluang Dan Tantangan Lembaga Keuangan Syariah Non-Bank Dalam Perspektif Islam.” Wadiah 5, no. 2: 38–66.

Syakur, Ahmad, dan Moch. Zainuddin. (2020), “Analisis Penghimpunan Lembaga Amil Zakat Nasional Dan Lembaga Amil Zakat Daerah.” Istithmar: Jurnal Studi Ekonomi Syariah 4, no. 1: 1–21.

Takdir, Ahmad. (2021), “Inovasi Keuangan Digital Islamic Network (DIN) Terhadap Optimalisasi Pelayanan Jasa Perbankan Di Era Digital (Studi Kasus Bank Muamalat).” Islamic Banking and Finance 1, no. 2: 103–118.

Tarigan, Herdian Ayu Andreana Beru, dan Darminto Hartono Paulus. (2019), “Perlindungan Hukum Terhadap Nasabah Atas Penyelenggaraan Layanan Perbankan Digital.” Jurnal Pembangunan Hukum Indonesia 1, no. 3: 294–307.

Theriady, Hans Setiawan, dan Dahlia Br Ginting. (2015), “Analisis Pengaruh Persepsi Teknologi Informasi, Resiko, Kepercayaan Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Ulang Nasabah Dalam Menggunakan E-Banking.” Journal of Chemical Information and Modeling 53, no. 9: 1689–1699.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. (2008), Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi III. Jakarta: Pusat Bahasa.

Tim Redaksi Kamus Bahasa Indonesia. (2008), Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Wida, Putu Ayu Mira Witriyanti, Ni Nyoman Kerti Yasa, dan I Putu Gde Sukaatmadja. (2004), “Aplikasi Model TAM (Technology Acceptance Model) Pada Perilaku Pengguna Instagram.” Journal of Organizational and End User Computing 16, no. 1: 59–72.

Wiji Nurastuti. (2011), Teknologi Perbankan. Edited by Graha Ilmu. Yogyakarta.

Yusuf Rombe. (2020), “Strategi Meningkatkan Kualitas Layanan Melalui Digitaliasi Jasa Perbankan Di PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Pusat Jakarta Pusat.” Ekonomika Journal 4: 34–44.

Published
2023-06-28
How to Cite
Cahyaningtyas, E., & Fauza, N. (2023). DIGITAL ISLAMIC NETWORK: BUILDING EXCELLENT SERVICE FOR CUSTOMERS AT BANK MUAMALAT TULUNGAGUNG IN THE DIGITAL ERA. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, 10(1), 170-186. https://doi.org/10.21274/an.v10i1.7590
Section
Articles