THE THE INFLUENCE OF THEORY OF PLANNED BEHAVIOR ADOPTION ON FARMERS’ INTENTION TO USE MUDHARABAH CONTRACT AS AN ISLAMIC BANKING PRODUCT

  • Ivena Defira Selly Aryanti UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Rais Sani Muharrami UIN Raden Mas Said Surakarta
Keywords: theory of planned behavior, farmer”s intention, mudharabah contract, islamic banking

Abstract

Abstrak: Akad yang digunakan dalam produk perbankan syariah disebut dengan akad mudharabah. Konsumen berperan sebagai pemilik modal (shaibul maal) dalam Akad Mudharabah dan bank berperan sebagai mudharib (pengelola). Risiko ditanggung bersama oleh kedua belah  pihak  dan keuntungan dibagi sesuai dengan kesepakatan awal. Penelitian ini menguji empat variabel sikap, norma subjektif, kendali perilaku, dan niat untuk mengetahui niat dan perilaku petani dalam memanfaatkan akad mudharabah sebagai produk perbankan syariah. Penelitian ini menggunakan data primer dan populasi penelitian ini adalah petani yang ingin menggunakan akad mudharabah sebagai produk perbankan syariah. Sampel penelitian berjumlah 233 orang yang menjawab kuesioner. Software SmartPLS digunakan untuk menganalisis model pengukuran TPB menggunakan Struktural Equation Modeling (SEM). Berdasarkan penelitian ini ditemukan bahwa variabel sikap, norma subjektif, dan kendali perilaku mempunyai pengaruh yang  cukup  besar  terhadap  niat  petani namun variabel norma subjektif tidak berpengaruh. Dikarenakan kurangnya pengetahuan petani terhadap perbankan syariah dan kurangnya penyebarluasan pemahaman tentang perbankan syariah terhadap masyarakat. Kesimpulan ini dapat dicapai karena fakta bahwa hal ini disebabkan pendapat orang lain belum terlalu efektif dalam mengubah sentimen petani terhadap akad mudharabah, suka atau tidak suka. Petani yang menggunakan akad mudharabah sebagai salah satu bentuk perbankan shariah harus mempertimbangkan  keinginan  dan  sudut pandangnya sendiri ketika mengembangkan standar subjektif dari jenis produk perbankan ini.

Kata kunci: theory of planned behavior, niat petani, akad mudharabah, perbankan syariah

 

Abstract: The contract used in Islamic banking products is called Mudharabah contract. Consumers act as capital owners (shaibul maal) in the Mudharabah contract,while the bank acts as the mudharib (manager). Risks are shared by both parties, and profits are distributed according to the initial agreement.  This research examines four variables:  attitude, subjective norm, perceived behavioral control, and intention to understand the intention and behavior of farmers in utilizing Mudharabah contract as an Islamic banking product. This study uses primary data, and the population of this research is farmers who want to use Mudharabah contract as an Islamic banking product. The research sample consists of 233 people who answered the questionnaire. SmartPLS software is used to analyze the TPB measurement model using Structural Equation Modeling (SEM).  Based on this research, it was found that attitude, subjective norm, and perceived behavioral control have a significant influence on farmers' intention, but the subjective norm variable does not affect it. This is due to farmers' lack of knowledge about Islamic banking and the insufficient dissemination of understanding about Islamic banking to the public. This conclusion can be reached because the opinions of others have not been very effective in changing farmers' sentiments toward Mudharabah contracts, whether they like it or not. Farmers using Mudharabah contracts as a form of Islamic banking should consider their own desires and perspectives when developing subjective standards for this type of banking product.

Keywords: theory of planned behavior, farmer”s  intention, mudharabah  contract,  islamic banking

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ajzen, Icak, Attitudes, Personality and Behavior (New York. USA: Open University Press, 2005).

Ajzen, Icak, ‘Constructing a TPB Questionnaire: Conceptual and Methodological Considerations, Occasional Paper’, 2006.

Ajzen, Icek, Attitudes, Personality, and Behavior (Milton Keynes: Open University Press dan Chicago, IL: Dorsey Press, 1988).

Ajzen, Icek, ‘The Theory of Planned Behavior’, Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50.2 (1991), 179–211 <https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T>

Ana, Dimas Elly, and Arif Zunaidi, ‘Strategi Perbankan Syariah Dalam Memenangkan Persaingan Di Masa Pandemi Covid-19’, Proceedings of Islamic Economics, Business, and Philanthropy, 1.1 (2022), 167–88.

Anugrah, Yuli Dwi Yusrani, and Nadia Nandaningsih, ‘Konsep Pembiayaan Mudharabah Dalam Perbankan Syariah’, Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Islam, Vol. 2.1 (2021).

Anwar, Herson, ‘Penilaian Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran Sains’, Jurnal Pelangi Ilmu, Vol.2 No.5 (2009).

Aryanti, Ivena Defira Selly, Mutia Aressandy, and Fuad Hasyim, ‘Pengaruh Adopsi Technology Acceptance Model Terhadap Layanan Virtual Buka Rekening BSI’, Journal of Economic and Business Review, 2023.

Ayuningsari, Febryana, ‘Niat Pengambilan Keputusan Pembiayaan Keuangan Islam Melalui Sikap, Norma Subyektif, Perilaku Kontrol Dan Aspek Religiusitas’, 2021.

Dewi, Putu Devi Sandra, and I Wayan Santika, ‘Pengaruh Technology Acceptance Model Terhadap Niat Beli Ulang Online Di Kota Denpasar’, E-Jurnal Manajemen Unud, 7.8 (2018), 4124–52.

Duryadi, Metode Penelitian Ilmiah: Metode Penelitian Empiris Model Path Analysis Dan Analisis SmartPLS, Ed Oleh Joseph Teguh Santoso (Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik, 2021).

F.Hair, Joseph, Christian M. Ringle, Nicholas P. Danks, G. Tomas M. Hult, Marko Sarstedt, and Soumya Ray, A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Using R: A Workbook, Structural Equation Modeling: A Multidisciplinary Journal, 2021, XXX <https://doi.org/10.1080/10705511.2022.2108813>

Fadhilah, M. L., B. T. Eddy, and S. Gayatri, ‘Pengaruh Tingkat Pengetahuan, Sikap Dan Keterampilan Penerapan Sistem Agribisnis Terhadap Produksi Pada Petani Padi Di Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap’, Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, Vol.2 No.1 (2018), 39–49.

Ghozali, Imam, Partial Least Squares Konsep, Teknik, Dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0. Edisi 2 (Semarang: Universitas Diponegoro, 2015).

Hamid, M. R. Ab, W. Sami, and M. H. Mohmad Sidek, ‘Discriminant Validity Assessment: Use of Fornell & Larcker Criterion versus HTMT Criterion’, Vol.890 No (2017).

Hasyim, Fuad, Statistika Terapan Untuk Bisnis Dan Keuangan, 2021.

Hasyim, Fuad, and Yulfan Arif Nurohman, ‘Adopsi Teori Perilaku Berencana Dalam Menganalisis Niat Melakukan Wakaf Tunai’, Among Makarti, 14.1 (2021), 78–92 <https://doi.org/10.52353/ama.v14i1.201>

Henseler, Jorg, Geoffrey Hubona, and Pauline Ash Ray, ‘Using PLS Path Modeling in New Technology Research: Updated Guidelines’, Industrial Management Dan Data System, Vol.116 No (2016), 2–20 <https://doi.org/https://doi.org/10.1108/IMDS-09-2015-0382.>

Irawan, Dwi, Arlita Ariyani Puspitasari, Sri Wibawani Wahyuning Astuti, and Aviani Widyastuti, ‘Persepsi Keamanan, Kepercayaan, Dan Akuntabilitas Perusahaan Terhadap Niat Berdonasi Melalui Fintech Crowdfunding’, ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 6.1 (2022), 73–89 <https://doi.org/10.24269/iso.v6i1.1035>

Jannah, Aulya Roudlotul, Hery Toiba, and Novil Dedy Andriatmoko, ‘Intention of Adoption Farmers in Using Technology Combine Harvester’, Jurnal Sosial Ekonomi, Vol.30 No. (2019), 71–78.

Jateng, yandip prov, ‘Dorong Produksi Hasil Pertanian, Pemkab Sragen Salurkan Bantuan 39 Alinstan’, Jatengprov.Go.Id, 2021.

Maghfiroh, Rahma Ulfa, ‘Konsep Nilai Waktu Dari Uang Dalam Sudut Pandang Ekonomi Islam’, Ekonomi Dan Bisnis Islam, Vol. 9 No. (2019), 108–96.

Maharani, Dewi, and Taufiq Hidayat, ‘Bank Dan Lembaga Keuangan Syariah Dalam Perspektif Al-Qur’an’, Journal of Islamic Banking and Finance, Vol. 4 No. (2020).

Maharani, Ni Putu Jeanny, Muhamad Evan Hoediansyah, Yolan Salsabilla, and Muhamad Fauzan Siswantoro, ‘Analisis Perilaku Mahasiswa Dalam Melakukan Belanja Online Melalui Aplikasi Tiktok Menggunakan Theory of Planned Behavior’, 2022.

Maleksaeidi, Hamideh, and Marzieh Keshavarz, ‘What Influences Farmers’ Intentions to Conserve on-Farm Biodiversity? An Application of the Theory of Planned Behavior in Fars Province, Iran’, Global Ecology and Conservation, 20 (2019), e00698 <https://doi.org/10.1016/j.gecco.2019.e00698>

Marleni, Iin, and Sri Kasnelly, ‘Penerapan Akad Mudharabah Pada Perbankan Syariah’, Jurnal Ekonomi Syariah, 2.2 (2019), 2685–4228

Marliana, R. R, ‘Partial Least Square-Structural Equation Modeling Pada Hubungan Antara Tingkat Kepuasan Mahasiswa Dan Kualitas Google Classroom Berdasarkan Metode Webqual 4.0’, Journal Mat. Stat. Dan Komputasi, Vol.16 No. (2019), 174.

Mervyn, K. Lewis dan Latifa M. Al-Qaoud, Perbankan Syari’ah: Prinsip, Praktik, Prospek (Jakarta: Serambi, 2005).

Muhammadin, Akhmad, Rashila Ramli, and Nuramal, ‘Analisis Strategi Generik Dalam Industri Perbankan Di Indonesia’, Journal of Research in Management STIEM Bongaya, Vol. 1 No. (2019).

Nadhirah, R., & Habib, M. (2023). Marketing Strategy of Murabahah Microfinance Products in Achieving Targets at Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Nganjuk Yos Sudarso. Madani Jurnal Politik dan Sosial Kemasyarakatan, 15(01), 154 - 186. Retrieved from http://www.e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/MADANI/article/view/4076

Pebrina, Erni Taruli, Ipang Sasono, Dhaniel Hutagalung, Riyanto, and Masduki Asbari, ‘Adopsi E-Commerce Oleh UMKM Di Banten: Analisis Pengaruh Theory Of Planned Behavior’, Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol.3 No.6 (2021), 4426–38 <https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1484>

Penz, Elfriede, and Margaret K. Hogg, ‘The Role of Mixed Emotions in Consumer Behaviour’, 2009.

Rahayu, Aditya, and Muzakar Isa, ‘Analysis of The Influence of Knowledge, Religion, and Subjective Norm On Attitude of Muslim Youth In Purchasing Intention To Halal Cosmetic Products (Case Study In Solo Raya)’, Management Studies and Entrepeneurship Journal, Vol.4 No.4 (2023).

Ramadanty, Sari, Alex Maulana Muqarrabin, Wulandari Ayu Nita, and Imam Syafganti, ‘Examining The Effect of Persuasive Message of Beauty Vloggers on Information Acceptance of Ewom and Purchase Intention: The Study of Consumers of Beauty Products in Jabodetabek, Indonesia’, Pertanika Journal of Social Sciences and Humanities, Vol.28 No. (2020).

Rasoolimanesh, S.M, ‘Discriminant Validity Assessment in PLS-SEM: A Comprehensive Composite-Based Approach’, Data Analysis Perspectives Journal, 3.2 (2022), 1–8.

Rozalinda, Fikih Ekonomi Syariah Prinsip Dan Implementasinya Pada Sektor Keuangan Syariah (Jakarta: Rajawali Pers, 2016).

Schiffman, and Kanuk, Perilaku Konsumen. Edisi Ketujuh (Jakarta: Penerbit PT. Indeks, 2008).

Seni, Ni Nyoman Anggar, and Ni Made Dwi Ratnadi, ‘Theory of Planned Behavior Untuk Memprediksi Niat Berinvestasi’, E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, Vol.6 No.1 (2017).

Sugiyono, ‘Statistik Untuk Penelitian’, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta., 2014, 1–14.

Suhartono, Entot, and Alifia Nita Pratiwi, ‘Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Mahasiswa Mengikuti Kuliah Akuntansi Dengan E-Learning: Pendekatan Theory of Planned Behavior’, Jurnal Akuntansi, Keuangan Dan Auditing, Vol.4 No.1 (2023), 300–315.

Sukmaningrum, Swastinitya, and Mudji Rahardjo, ‘Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Berwirausaha Mahasiswa Menggunakan Theory Of Planned Behavior (Studi Pada Mahasiswa Pelaku Wirausaha Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro)’, Diponegoro Journal Of Management, Vol.6 No.3 (2017), 2.

Suryadi, Rista, and Ayif Fathurrahman, ‘Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Petani Dalam Menggunakan Pembiayaan As-Salam Pada Perbankan Syariah’, Journal of Economics Research and Social Sciences, 3.1 (2019) <https://doi.org/10.18196/jerss.030103>

Published
2023-12-31
How to Cite
Aryanti, I., & Muharrami, R. (2023). THE THE INFLUENCE OF THEORY OF PLANNED BEHAVIOR ADOPTION ON FARMERS’ INTENTION TO USE MUDHARABAH CONTRACT AS AN ISLAMIC BANKING PRODUCT. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, 10(2), 201-220. https://doi.org/10.21274/an.v10i2.8546
Section
Articles