THE USE OF MEDIA TECHNOLOGY IN FORMING ONLINE TRANSACTION DECISIONS IN LANGSA CITY COMMUNITIES

  • Safwan Kamal IAIN Langsa
  • Anggi Rezzita Naibaho IAIN Langsa
  • Safwandi Safwandi IAIN Langsa
  • Fakhrizal Fakhrizal IAIN Langsa
Keywords: Technology Acceptance Model (TAM), Decision, Kota Langsa

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, kemanfaatan, sikap, minat dan risiko terhadap keputusan bertransaksi dalam berbelanja online pada masyarakat di Kota Langsa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi berganda. Populasi dalam penelitian ini jumlahnya tidak diketahui sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 sampel diambil menggunakan rumus lemeshow. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan simultan (keseluruhan) variabel kemudahan, kemanfaatan, sikap, minat dan risiko dapat dilihat dari hasil uji F, dengan nilai Fhitung= 31,798 > dari Ftabel 2,19 dengan nilai signifikansi = 0.000. Adapun secara parsial ditemukan bahwa nilai thitung dari persepsi kemudahan sebesar 2,811 > dari ttabel sebesar 1,660, dengan nilai signifikansi sebesar 0,006 < alpha 0,05. Kedua, hasil penelitian menunjukkan kemanfaatan memiliki nilai thitung sebesar 6,234 > dari ttabel sebesar 1,660, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < alpha 0,05. Ketiga, hasil penelitian menunjukkan nilai thitung dari persepsi sikap sebesar 2,259 > dari ttabel sebesar 1,660, dengan nilai signifikansi sebesar 0,026 < alpha 0,05. Keempat, hasil penelitian menunjukkan nilai thitung dari minat sebesar 5,025 > dari ttabel sebesar 1,660, dengan nilai signifikansi sebesar 0,006 < alpha 0,000. Kelima, hasil penelitian menunjukkan nilai thitung dari risiko sebesar 3,093 > dari ttabel sebesar 1,660, dengan nilai signifikansi sebesar 0,003 < alpha 0,05. 

Kata kunci: Technology Acceptance Model (TAM), Keputusan, Kota Langsa.

 

Abstract: This research aims to determine the influence of perceived ease of use, usefulness, attitudes, interests, and risks on transaction decisions in online shopping among people in Langsa City. The method used in this research is a quantitative method using multiple regression analysis. The population in this study is unknown, while the sample in this study was 100 samples taken using the Lemeshow formula. The results of the research show that simultaneously (overall), the variables of convenience, usefulness, attitude, interest, and risk can be seen from the results of the F-test, with a value of F-count = 31.798 > from F-table 2.19 with a significance value = 0.000. Partially, it was found that the t-count value of perceived ease was 2.811 > t-table of 1.660, with a significance value of 0.006 < alpha 0.05. Second, the research results show the usefulness of having a t-count value of 6.234 > from a t-table of 1.660, with a significance value of 0.000 < alpha 0.05. Third, the research results show that the t-count value for perceived attitudes is 2.259 > t-table of 1.660, with a significance value of 0.026 < alpha 0.05. Fourth, the research results show that the t-count value of interest is 5.025 > t-table of 1.660, with a significance value of 0.006 < alpha 0.000. Fifth, the research results show that the t-count value of risk is 3.093 > t-table of 1.660, with a significance value of 0.003 < alpha 0.05.

Keywords: Technology Acceptance Model (TAM), Decision, Kota Langsa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditiya, Siti dan Heru. (2015). Analisis Atas Praktek TAM (Technology Acceptance ModeL) Dalam Mendukung Bisnis Online Dengan Memanfaatkan Jejaring Sosial Instagram. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 26 No. 1

Agustinus Johanes. (2016). Manajemen dan strategi Pembelian. Malang : Media Nusa Creative

Budiman, I. (2021b). The islamic perspective on the improvement of family economy in the new normal. Samarah, 5(1). https://doi.org/10.22373/sjhk.v5i1.8389

Budiman, I. (2021a). CONVERTING CONVENTIONAL BANKS TO SHARIA BANKS IN ACEH: AN EFFORT TO MAINTAIN A STABLE ECONOMY IN THE COVID-19 OUTBREAK. Share: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 10(1). https://doi.org/ 10.22373/share.v10i1.8337

Chalil, R. D., & Dharmmesta, B. S. (2015). The Role of Consumer Involvement as a Moderating Variable: The Relationship Between Consumer Satisfaction and Corporate Image on Service Loyalty. Journal of Asian Scientific Research, 5(6). https://doi.org/10.18488/journal.2/2015.5.6/2.6.303.319

Dayyan, M., & Chalil, R. D. (2020). THE ATTITUDE OF MERCHANTS TOWARDS FATWA ON RIBA AND CONVENSIONAL BANK IN LANGSA. Share: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 9(1). https://doi.org/10.22373/share.v9i1.6372

Djuharyanto, T., Novia, R. A., & Sunendar. (2020). DETERMINAN MINAT PENGGUNAAN E-COMMERCE DALAM PEMBELIAN MAKANAN SIAP SAJI : MODIFIKASI TECHNOLOGI ACCEPTANCE MODEL ( TAM ) ( Kasus di Kota Kecamatan Purwokerto Utara ). Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Papers.

Devi, Ni Luh Nyoman Sherina dan Suartana, I Wayan. (2014). Analisis Technology Acceptance Model (Tam) Terhadap Penggunaan Sistem Informasi Di Nusa Dua Beach Hotel & Spa. E Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 6.1.: 167-184 ISSN: 2302-8556.

Fachmi, M., & Astuti, S. R. (2016). Analisis Kemenarikan Desain Website,Reputasi Vendor,dan Persepsi Kemudahan transaksi terhadap Keputusan Pembelian Belanja Online dengan Persepsi Nilai Pelanggan sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal Of Management, 5(3).

Faisal, M. (2020). Sikap, Norma Subjektif, Religiusitas, dan Partisipasi Terhadap Wakaf Tunai. Li Falah: Jurnal Studi Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(2). https://doi.org/10.31332/lifalah.v4i2.1548

Furqani, H., Khalil, Z. F., & Hamid, A. (2015). Moving forward Islamic finance: A reflection on the approach and direction. Journal of Islamic Banking and Finance, 32(3)

Haryani, D. S. (2019). PENGARUH PERSEPSI RISIKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE DI TANJUNGPINANG. JURNAL DIMENSI, 8(2). https://doi.org/10.33373/dms.v8i2.2155

Hasyim, F., & Nurohman, Y. A. (2021). Adopsi Teori Perilaku Berencana dalam Menganalisis Niat Melakukan Wakaf Tunai. Among Makarti, 14(1). https://doi.org/10.52353/ama.v14i1.201

Hidayat, E. P., & Paramita, E. L. (2021). PENGARUH PERSEPSI KEINFORMATIFAN, HARGA, KEGUNAAN, DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP MINAT PEMBELIAN ULANG KONSUMEN GO-FOOD. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 10(8). https://doi.org/10.24843/ ejmunud. 2021.v10.i08.p05

Hutami, L. T. H. (2019). Intensi Penggunaan Electronic Wallet Generasi Millenial Pada Tiga Startup “Unicorn” Indonesia Berdasarkan Modifikasi TAM. Jurnal Perilaku Dan Strategi Bisnis, 7(2). https://doi.org/10.26486/jpsb.v7i2.607

Herman Darmawi, (2017). Manajemen Risiko Edisi 2. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Iskandar, A., Possumah, B. T., & Aqbar, K. (2020). Peran Ekonomi dan Keuangan Sosial Islam saat Pandemi Covid-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(7). https://doi.org/10.15408 /sjsbs.v7i7.15544

Kamal, S., Berakon, I., Hamid, A. and Muttaqin, Z. (2023). How do muzakki pay professional zakat? (the qualitative inquiries using the Bloom model. Journal of Islamic Marketing, Vol. ahead

KAMAL, S. et al. (2022). Is Loan Shark an Alternative? The Intentions to Take a Loan from Loan Sharks in Indonesia. Shirkah: Journal of Economics and Business, 7(2).

Kasmir dan Jakfar. (2013). Studi Kelayakan Bisnis. (akarta: Kencana Prenada Media Group.

Kassim, E. S., Shazwan Bin Abdul Halim, M. S., Kamal, S., & Hayat Mohd Banuri, M. K. (2022). Data Protection: Trust to Government and Willingness to Provide Information. Proceedings - 2022 International Conference on Computer and Drone Applications, IConDA 2022. https://doi.org/10.1109/ICONDA56696.2022.10000 336

Kharisma, L., & Hutasuhut, S. (2019). PERAN MEDIASI MINAT BELI PADA PENGARUH BRANDAMBASSADOR DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. NIAGAWAN, 8(3). https://doi.org/10.24114/niaga.v8i3.15579

Maisaroh, S., & Wibisono, T. (2022). PENGARUH MEDIA SOSIAL, KEPERCAYAAN, DAN PERSEPSI MANFAAT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 12(1). https://doi.org/10.12928/fokus.v12i1.5708

Nabila, V. A., & Habib, M. A. F. (2023). Pengaruh Content Marketing Aplikasi Tiktok, Online Customer Review, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Masker Camille Beauty. Jurnal Mirai Management, 8(2), 590-601.

Ong, V., & MN, N. (2022). Pengaruh Persepsi Risiko, Persepsi Kemudahan, dan Literasi Keuangan terhadap Minat Penggunaan Linkaja. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 4(2). https://doi.org/10.24912/jmk.v4i2.18259 Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 38(2).

Penetrasi Pengguna Internet, Situs Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Website: htps://www.apji.or.id (diakses 10 September 2022 pukul 10.00 Wib)

Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 77/POJK.01/2016, Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi (LPMUBTI)

Putra, E., Kumadji, S., & Yulianto, E. (2016). PENGARUH DISKON TERHADAP MINAT BELI SERTA DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN (Study pada konsumen yang membeli produk diskon di Matahari Department Store Pasar Besar Malang). Jurnal Administrasi

Putu Devi Sandra Dewi. (2018). Pengaruh Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Niat Beli Ulang Online Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 7, No. 8, 4124-4152

Safwan, S. K. (2021). Wisdom Of Zakat (Muzakki Behavioral Phenomenon Of Paying Zakat For Professionals In Langsa City, Aceh Province). Maro: Jurnal Ekonomi Syariah Dan Bisnis, 4(2). https://doi.org/10.31949/maro.v4i2.1666

Safwan Kamal, N. H. (2022). Expectations of Paying Zakat on Profession during the Pandemic. Journal of Positive School Psychology, 6(2), 4795–4807

Scarborough & Doug Wilson. (2011). Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Jakarta: Salemba Empat,

Selfi Diana Putri. (2021). “Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Minat Menggunakan Fintech Payment (Paylater) Pada Shopee”. Jurnal Ilmiah Keuangan dan Bisnis, 1 (2).

Siti Alya. (2018). Perilaku Konsumen Teori dan Aplikasi Pada Riset Pemasar. Depok: Rajawali Press

Sugiyono. (2018). Memahami Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Bandung: CV. Alfabeta

Suhir, M., Suyadi, I., & Riyadi. (2014). Pengaruh Persepsi Risiko, Kemudahan Dan Manfaat Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Survei Terhadap Pengguna Situs Website Www.Kaskus.Co.Id). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 8(1).

Suhir, M., Suyadi, I., & Riyadi. (2014). Pengaruh Persepsi Risiko, Kemudahan Dan Manfaat Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Survei Terhadap Pengguna Situs Website Www.Kaskus.Co.Id). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 8(1).

Virginia, E. (2019). Pengaruh Sikap, Kepercayaan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kegunaan Dan Keamanan Terhadap Minat Menggunakan Jasa Layanan Go - Jek (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Brawijaya Malang). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Yanti, M. M., & Budiatmo, A. (2020). Pengaruh Store Atmosphere dan Harga terhadap Keputusan Pembelian melalui Minat Beli sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Gelael Ciputra Mall Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(4). https://doi.org/10.14710/jiab.2020.28850

YUNITA, N. R., SUMARSONO, H., & FARIDA, U. (2019). PENGARUH PERSEPSI RISIKO, KEPERCAYAAN, DAN KEAMANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE DI BUKA LAPAK (Studi Kasus Pada Komunitas Buka Lapak Ponorogo). ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 3(1). https://doi.org/10.24269/iso.v3i1.243

Yuniwati, Y. Y. (2020). FAKTOR MOTIVASIONAL NIAT PEMBELIAN MAKANAN DAN MINUMAN MELALUI GRABFOOD DI INDONESIA. AGRIBUSINESS JOURNAL, 14(1). https://doi.org/10.15408/aj.v14i1.16309

Published
2023-12-31
How to Cite
Kamal, S., Naibaho, A., Safwandi, S., & Fakhrizal, F. (2023). THE USE OF MEDIA TECHNOLOGY IN FORMING ONLINE TRANSACTION DECISIONS IN LANGSA CITY COMMUNITIES. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, 10(2), 243-262. https://doi.org/10.21274/an.v10i2.8719
Section
Articles