Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan proses pembelajaran berbasis teknoligi informasi di pesantren, medorong pendidik/guru di pesantren menggunakan teknologi informasi dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan dipadukan dengan kajian perpustakaan, sehingga akan mendapatkan konsep dan kajian yang mampu membawa pesantren ke era revolusi industeri 4.0. Permasalahan yang terjadi di pesantren antara lain proses pembelajaran di kelas masih terpusat pada guru, sumber pengetahuan utama masih berasal dari guru dan literasi yang berkembang masih calistung (membaca, menulis dan berhitung). Hasil penelitian antara lain; pimpinan pesantren dapat melaksanakan pembelajaran berbasis teknologi informasi mengunakan Learning Management System (LMS), seperti; Google Classroom, Zoom Clouds Meeting, Schoology dan LMS lainnya. Sehingga proses pembelajaran tidak hanya terpusat pada guru tetapi terpusat pada peserta didik/santri dan literasi yang digunakan adalah literasi data, literasi manusia dan literasi teknologi.
Kata Kunci: Revolusi Industri 4.0, pembelajaran, teknologi informasi.
References
-----. “Learning Management System (LMS),” n.d.
Alwi, B. Marjani. “Pondok Pesantren. Ciri Khas, Perkembangan, Dan Sistem Pendidikannya.” Lentera Pendidikan Vol. 16, no. No. 2 (2013): 205–219.
Budiman, Haris. “Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8 (2017): 75–83.
Hoedi Prasetyo dan Wahyudi Sutopo. “Industri 4.0: Telaah Klasifikasi Aspek Dan Arah Perkembangan Riset.” Jurnal Teknik Industri Vol. 13, no. No. 1 (2018): 17–26.
Husaini, M. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Bidang Pendidikan (E-Education).” JURNAL MIKROTIK 2, no. 1 (2014).
Lase, Delipiter. “Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0” (2019).
Maharani, Deviana Ika, A. Y, M. Huda, and Imron Arifin. “Manajemen Pembelajaran Pondok Pesantren.” Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan Vol. 1, no. No. 1 (2016): 17–23.
Mubarak, Zaki. “Pendidikan Islam Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Strategi Pengembangan Diri Guru Di Masa Depan” 0 (2019).
Permensyah, Luki. “Wawancara Dengan Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Yakin Imam Ghazali Tanggal 18 November 2020.” Padang Pariaman, 2020.
Priatmoko, Sigit. “Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam Di Era 4.0.” TA‟LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam Vol. 1, no. No. 2 (2018): 1–19.
Priatna, Tedi. “Inovasi Pembelajaran PAI Di Sekolah Pada Era Disruptive Innovation.” TATSQI F Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Vol. 16, no. No. 1 (2018): 16–41.
Rahman, Arif. Pendidikan Islam Di Era Revolusi 4.0. Jakarta: Komojoyo Press, 2019.
Rahmawati, Aida Dwi. “Pendidikan Islam Kreatif Era Industri 4.0 Perspektif Abuddin Nata.” TA’ALLUM: Jurnal Pendidikan Islam Volume 07, no. Nomor 1 (2019): 1–24.
Rusman. “Seri Manajemen Sekolah Bermutu Model-Model Pembelajaran Mengmbangkan Profesionalisme Guru. Edisi Kedua.” Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2014.
Saputro, Febrianto Adi. “Mendikbud Ungkap Cara Hadapi Revolusi 4.0 Di Pendidikan,” 2018.
Sholihah, Ummu. “Peran ICT Dalam Modernisasi Pendidikan Pondok Pesantren.” Cendekia Vol. 10, no. No. 1 (2012): 16–28.
Syafe’i, Imam. “Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter.” Al-Tadzkiyyah Jurnal Pendidikan Islam Vol. 8 (2017): 85–103.
Thohir, Kholis. “Kurikulum Dan Sistem Pembelajaran Pondok Pesantren Salafi Di Kecamatan Kresek Kabupaten Tangerang Provinsi Banten.” Jurnal Analytica Islamica Vol. 6, no. No. 1 (2017): 11–21.
Tolib, Abdul. “Pendidikan Di Pondok Pesantren Modern.” Risaalah Vol. 1, no. No. 1 (2015): 60–66.
Utomo, Susilo Setyo. “Guru Di Era Revolusi Industri 4.0,” no. 1 (n.d.): 1–13.
Well, Bruce Joyce and Marsha. Models of Teaching. Fifth Edit. New Delhi: Prentice.Hall of India, 2003.
Yunus, Muhammad. “Tantangan Dan Peluang Pendidikan Islam Di Era Revolusi Industri 4 . 0 | Oleh Dr . H . Muhammad Yusuf” (2019).
The author has full rights to the articles that has been sent to Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam. The author is responsible for the originality of the articles and all the references used in the journal script.