TPACK SEBAGAI BEKAL GURU PAI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0
PDF

Keywords

TPACK
Guru PAI
Revolusi Industri

How to Cite

Ajizah, I., & Huda, M. (2020). TPACK SEBAGAI BEKAL GURU PAI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 333-352. https://doi.org/10.21274/taalum.2020.8.2.333-352

Abstract

Peserta didik abad 21 merupakan generasi yang paling akrab dengan teknologi dibanding dengan generasi sebelumnya. Dengan mengetahui hal tersebut, penting untuk guru mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran guna mengimbangi kebutuhan dan kondisi peserta didik di era saat ini. Namun, pengintegrasian teknologi tidak akan efektif jika tidak dibarengi dengan kemampuan pedagogi dan pengetahuan materi pembelajaran yang memadai, karena ketiga hal tersebut merupakan kerangka yang saling berkaitan satu sama lain. Pandangan transformatif ini menampilkan sifat dinamis dari interkoneksi konten, pedagogi, dan teknologi dalam konteks pendidikan menuju pengembangan pengetahuan yang disebut sebagai TPACK. Penelitian ini menggunakan metode literatur review dengan cara menelusuri berbagai referensi yang berkaitan dengan judul. Hasil temuan menunjukkan bahwa TPACK memiliki peran yang sangat penting sebagai bekal guru dalam pembelajaran PAI. Dengan menguasai TPACK, guru PAI dapat menyajikan pembelajaran yang inovatif dan kreatif, serta efektif di dalam kelas sehingga peserta didik dengan mudah memahami pembelajaran yang sedang berlangsung. Hal ini berdampak pada meningkatnya kualitas pembelajaran PAI.

https://doi.org/10.21274/taalum.2020.8.2.333-352
PDF

References

Baturay, Meltem Huri Sahin Gökçearslan, and Semsettin Sahin. “Associations among Teachers’ Attitudes towards Computer-Assisted Education and TPACK Competencies,” Informatics in Education 16, no. 1 (2017): 1–23.

Fadlurrohim, Ishak et al., “Memahami Perkembangan Anak Generasi Alfa Di Era Industri 4.0,” Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial 2, no. 2 (2019): 178–186.

Koehler, Matthew J. et al., “The Technological Pedagogical Content Knowledge Framework,” Handbook of Research on Educational Communications and Technology: Fourth Edition (January 1, 2014), 101-110.

Miskiah, Yoyon Suryono, and Ajat Sudrajat. “Integration of Information and Comunication Technology into Islamic Religious Education Teacher Training,” Cakrawala Pendidikan 38, no. 1 (2019): 130–140.

Ms, Rohmad. “Kompetensi Guru PAI dalam Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi,” ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman 8, no. 1 (September 2, 2013), 241–260.

Muammar and Suhartina Suhartina. “Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Minat Belajar Akidah Akhlak,” KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial dan Keagamaan 11, no. 2 (December 20, 2018): 176–188.

Muhammad, Maryam. “Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran,” Lantanida Journal 4, no. 2 (2017): 87–97.

Muhasin, “Pengaruh Tehnologi Digital, Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik, Palapa,” Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan Vol. 5, Nomor 2, (November 2017), 57.

Rahmadi, Imam Fitri. “Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21,” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol. 6 No. 1 Maret 2019, 66.

Rofi, Ibnu Nurrita Sabrina. “Pengintegrasian TPACK Dalam Pembelajaran Transformasi Geometri SMA untuk Mengembangkan Profesionatas Guru Matematika.” SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), Vol.3, No.1, January 2019, 49.

Rusydiyah, Evi Fatimatur. Teknologi Pembelajaran Implementasi Pembelajaran Era 4.0. Surabaya: Uin Sunan Ampel Press. 2019.

Setyawan, Theresia Yunia. “Designing TPACK Lesson Plans For Primary Enggrish Classrooms,” Widya Dharma Jurnal Kependidikan, Vol. 26, No. 2, April 2014, 228.

The author has full rights to the articles that has been sent to Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam. The author is responsible for the originality of the articles and all the references used in the journal script.

Downloads

Download data is not yet available.