IMPLEMENTASI GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF DALAM PENINGKATKAN DAYA SAING PENDIDIKAN
PDF

Keywords

Transformatif
Daya Saing
Pendidikan

How to Cite

Widodo, A., Zuhri, S., & Djani, D. (2020). IMPLEMENTASI GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF DALAM PENINGKATKAN DAYA SAING PENDIDIKAN. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 309-332. https://doi.org/10.21274/taalum.2020.8.2.309-332

Abstract

Budaya organisasi pada tataran sekolah memerlukan pemimpin yang berkemampuan memobilisasi perkembangan dan perubahan yaitu melakukan kegiatan kreatif, menemukan strategi, metode, cara-cara, atau konsep-konsep yang baru dalam pengajaran agar pembelajaran bermakna dan melahirkan pendidikan yang berkualitas.

Berkenaan dengan hal tersebut maka diperlukan kepemimpinan transformatif sebagai upaya untuk menghasilkan pendidikan yang mampu berdaya saing dan menghasilkann peserta didik yang mempunyai integritas kepribadian, sikap disiplin, kreatif, inovatif, dan kompetitif. Profesionalitas kepemimpinan pendidikan sebagai pemimpin transformasional perlu memiliki kompetensi, transparansi, efisiensi, dan kualitas tinggi.

Strategi Pelaksanaan Kepemimpinan Transformatif   Kepala MI Perwanida Kota Blitar dan SD Islam Al Munawar Tulungagung dalam meningkatkan kebijakan daya saing pendidikan di lembaganya: (1) Di lembaga Madrasah/sekolah terjadi adanya kerjasama dengan wakil-wakilnya, guru-guru, dan staf dalam kerja tim (team work), sehingga memungkinkan terlaksananya peran kepemimpinan tim (team leadership); (2)  Di  lembaga Madrasah/sekolah  terjadi adanya peningkatan motivasi dan membangkitkan gairah kerja guru yang diorientasikan  pada terciptanya pertumbuhan personal dan profesional guru (personal and professional growth), sehingga memungkinkan terlaksananya peran kepemimpinan supervisi (supervisory leadership); (3) Di lembaga madrasah tercipta penataan organisasi madrasah, iklim hubungan yang bersifat loose coupling, dan mengubah struktur dan iklim birokrasi menjadi menyenangkan  (comfortable bureaucracy) atau profesional (professional bureaucracy) sehingga memungkinkan terlaksanya peran kepemimpinan organisasional (organizational leadership).

https://doi.org/10.21274/taalum.2020.8.2.309-332
PDF

References

Agus Maimun dan Agus Zaenul Fitri, Madrasah Unggulan: Lembaga Pendidikan Alternatif di Era Kompetitif. Malang: UIN-MALIKI Press, 2010

Agus Rahayu Dessler, Gary, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT. Indeks Gramedia, 2008

Anwar Qomari, Reorientasi Pendidikan dan Profesi Keguruan, (Jakarta: Uhamka Press, 2002

Caldwell, N.J., dan Spinks, J.M. Leading the Self-Managning school. London: The Falmers Press, 1993

Colemen M & Bush T, Manajemen Strategis Kepemimpinan Pendidikan. Yogyakarta: IRCISOD, 2006

Dedi Mulyasana, Pendidikan bermutu dan Berdaya Saing, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012

Edwin A. Locke Dan Associaties, 2002, Esensi Kepemimpinan, Cetakan Kedua, Jakarta: Mitra Utama, 2002

Gary A. Yulk di dalam terjemahan Jusuf Udaya Yukl, Gary. Leadership in Organisations. Terjemahan Jusuf Udayana. Kepemimpinan dalam Organisasi. Edisi 3. Jakarta, Penerbit Prenhallindo, 1994

Glatthorn Organization Theory: A Macro Perspective for Management, 2nd Edition, Prentice Hall, Inc. 2000

H.A.R Tilaar. Manajemen Pendidikan Nasional. Bandung: PT Rosda Karya, 1999

Heck, R. H., Marcoulides, G. A. dan Lang, P. 1991. Principal instructional leadership and school achievement: The Application of discriminant tehcniques. School Effectiveness and School Improvement, 2(2): 115-135.1991.

Jacobs dan Jacques. Fundamental Concept of Educational Leadership and Management. Colombus-Ohio: Prentice Hall, 1995.

Neaglye R.L dan Evans, N.D. Handbook for effective supervision of instruction. Englywood Cliff, New jersey: Prentice-Hall, Inc, 1980

Raka Joni, T. 1985. Strategi Belajar-Mengajar, Suatu Tujuan Pengantar. Jakarta: P2LPTK Depdikbud. 1985

Rauch dan Behling, Leadership is the process of influencing the activities of an organized group toward goal achievement. Rauch & Behling, 1984

Reynolds, D. Research on school/organizational effectiveness: The end of the beginning? dalam Rene Saran dan Vernon Trafford. Research in Educa¬tional Management and Policy: Retrospect and Prospect. London: The Farmer Press.1990.

Robbins, Stephen P. Perilaku Organisasi: Konsep, kontroversi dan aplikasi. Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Prenhallindo, 1996

Saran, R., & Trafford, 1990, Research in Education Management and Policy: Restropect and Prospect, London: The Falmer Press, 1990

Sugeng Listyo Prabowo, Manajemen Pengembangan Mutu Sekolah/Madrasah Malang: UIN-Malang Press, 2008

Tannenbaum, Weschler dan Massarik, Leadership is interpersonal influence, exercised in a situation, and directed, through the communication process, toward the attainment of a specified goal or goals. Colombus-Ohio: Prentice Hall. 1961

Thoha Miftah, Kepemimpinan dalam Manajemen Suatu Pendekatan Perilaku, Jakarta: Rajawali Pers, 2001

Toha Miftah, 2001, Kepemimpinan Dalam Manajemen Suatu Pendekatan Perilaku, Yogyakarta: Fisifol UGM, 2001

Tumar Sumihardjo Dunn, William N. Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press, 2008

Zakiyuddin Baidhawy, Transformasi Pendidikan Islam Pascareformasi: Sekolah Dasar Islamdengan sistem integrasi, Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, Infernsi, 2007, 1-17.

The author has full rights to the articles that has been sent to Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam. The author is responsible for the originality of the articles and all the references used in the journal script.

Downloads

Download data is not yet available.