IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DI LUAR KELAS ERA COVID-19 MADRASAH ALIYAH BILINGUAL KRIAN SIDOARJO
PDF

Keywords

learning
outside the classroom
CTL

How to Cite

Wasyik, T., & Syafi’i, I. (2021). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DI LUAR KELAS ERA COVID-19 MADRASAH ALIYAH BILINGUAL KRIAN SIDOARJO. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 1-29. https://doi.org/10.21274/taalum.2021.9.1.1-29

Abstract

Abstrak: Dalam kondisi pandemi covid-19 yang tidak menentu menuntut adanya perubahan dalam proses pembelajaran. Madrasah Aliyah Bilingual adalah salah satu Madrasah yang melakukan inovasi pembelajaran yang di sesuaikan dengan keadaan di masa pandemi Covid-19. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui implementasi metode pembelajaran Luar kelas dengan model contextual Teaching and learning (CTL) di era Covid-19. Metode penelitian adalah metode  diskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis yang di gunakan adalah studi content analysis yaitu penelitian yang melakukan pembahasan dari sebuah informasi tertulis secara dalam. Adapun subyek yang digunakan dalam penelitian adalah Kepala sekolah, waka kurikulum, Guru , dan 3 siswa. Hasil penelitian  membuktikan bahwa implementasi pembelajaran pada masa pandemi  di Madrasah Aliyah Bilingual terbagi terbagi menjadi dua masa yaitu  Pandemi I dan masa Pandemi II.Pada msa Pandemi I pembelajarannaya masih berjalan normal, hanya tetap memakai standar protokol kesehatan. Sedangkan pembelajaran pada masa Pandemi II adalah pembelajaran dengan model Contextual Teaching and learning (CTL)  yang terdiri dari 7 elemen yaitu siswa melakukan kontruksi, memiliki inquiry, bertanya, model masyarakat belajar, guru enjadi model,refleksi kegiatan,penilaian obyektif. Dan hasilnya pembelajaran masa pandemi tetap berjalan dengan baik.

 

Kata kunci : Pembelajaran, Luar kelas, CTL

https://doi.org/10.21274/taalum.2021.9.1.1-29
PDF

References

Agama, Kementerian. KMA No. 184 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Pada Madarasah, 2019.

Arends, R. I. Learning to Teach. New York: McGraw Hill Companies, 2008.

FADILA, NUR, and NUNUK HARIYATI. “Implementasi Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning) Di Sekolah Kreatif Sd Muhammadiyah 16 Surabaya.” Inspirasi Manajemen Pendidikan 7, no. 1 (2019).

Hasibuan, I. “Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning).” Logaritma 1, no. 2 (2014): 2.

Husamah. Pembelajaran Luar Kelas (Out Door Learning). Jakarta: Rineka Cipta. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Ilham, Moch Wahid. “Membangun High Order Thinking (Hot) Peserta Didik Melalui Contextual Teaching Learning (Ctl) Di Madrasah.” Jurnal Islam Nusantara 1, no. 2 (2017): 217–227.

Indah, Windi, Fajar Ningsih, Andi Eka Yunianto, Emy Yuliantini, Jurusan Gizi, Dinas Kesehatan, and Provinsi Sumatera. “KEBIASAAN CUCI TANGAN, BERJEMUR, DAN MEDIA INFORMASI PADA MASYARAKAT SUMATRA SELATAN SELAMA MASA PANDEMI COVID-19.” JMK: JURNAL MEDIA KESEHATAN 13, no. 2 (2020): 59–66.

Kemdikbud. Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Di Masa Pandemi COVID-19. Kemendikbud, 2020. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/06/buku-saku-panduan-pembelajaran-di-masa-pandemi-covid19.

Kemendikbud. Surat Edaran No. 4 Tahun 2020, Tentang Pelaksanaan Kebijakan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease(Covid19), 2020.

———. Surat Edaran Tentang Pedoman Pencegahan Virus Corona Tingkat Resiko Penyebaran, 2020.

KEMENTERIAN AGAMA. “KMA No. 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum PAI Dan Bahasa Arab,” 2019.

Lexy J.Moleong. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2007.

Mansyur, Abd Rahim. “Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia.” Education and Learning Journal 1, no. 2 (2020): 113.

Moleong, J Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Remaja Rosdakarya, 2009.

muhammad galang isnawan, arief budi wicaksono. “Model Desain Pembelajaran Matematika.” Indonesia journal of mathematich education 1, no. 1 (2018): 47–52.

Munzir., Yusnita dan. “Peningkatkan Hasil Belajar Pelajaran IPS Dengan Contextual Teaching Learning Melalui Media Gambar Siswa Sekolah Dasar.” Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan 4, no. 1 (2017): 23-38. p-ISSN.

Pendidikan, Jurnal Administrasi, Pascasarjana Universitas, Syiah Kuala, Muhammad Jufni, and Sakdiah Ibrahim. “Kreativitas Guru Pai Dalam Pengembangan Bahan Ajar Di Madrasah Aliyah Jeumala Amal Lueng Putu.” Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah 3, no. 4 (2015): 64–73.

Saifulloh, Ahmad Munir, and Mohammad Darwis. “Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar Di Masa Pandemi Covid-19.” Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah 3, no. 2 (2020): 285.

Sanjaya, W. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana, 2009.

Sardirman. Interaksi Dan Motifasi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada., 2004.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. 23rd ed. Bandung: Alfabeta, 2016.

———. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif Dan Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2010.

Suherdiyanto, Pitalis Mawardi, and Rika Anggela. “Pembelajaran Luar Kelas (Out Door Study) Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di Sma Negeri 1 Sungai Kakap.” SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial 3, no. 1 (2016): 139–148.

Sulfemi, Wahyu Bagja. “Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantu Media Miniatur Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS.” Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi 7, no. 2 (2019): 73.

Suryosubroto. Manajemen Pendidikan Sekolah. Jakarta: PN Rineka Cipta, 2003.

Tembang, Yonarlianto, and Ratna Purwanty. “Outdoor Based Ecosystem Learning during the Covid Pandemic 19 Merauke Elementary School Students.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 4, no. 4 (2020): 524–535.

Tutut Rahmawati. “Penerapan Model Pembelajaran Ctl Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Ipa.” urnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran 2, no. April (2009): 12–20.

Wacker, M. and Holick, M. F. “Sunlight and Vitamin D: A Global Perspective for Health.” Dermato-Endocrinology 5, no. 1 (2013): 51–108 pp. 51–108. doi: 10.4161/derm.24494.

Wasyik, Torikhul, and Abdul Hamid. “IMPLEMENTASI E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN ALQURAN ERA COVID-19 DI SANGGAR TAHFIDZ ENTREPRENEUR KRIAN SIDOARJO” 4, no. 1 (2020): 13–24.

Winarni, Sri, and Syahrial. “Inovasi Kurikulum Dan Pembelajaran Pada Masa Pandemi Civid-19.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan https://jurnal.unibrah.ac.id/index.php/JIWP 6, no. 3 (2020): 317–322. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/23921.

SKB Pembelajaran Tatap Muka, 2020.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.