Fenomena Madrasah Pasca SKB 3 Menteri Tahun 1975 dan Implikasinya terhadap Dunia Pendidikan Islam
PDF

How to Cite

Nurhayati, A. (2013). Fenomena Madrasah Pasca SKB 3 Menteri Tahun 1975 dan Implikasinya terhadap Dunia Pendidikan Islam. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 133-144. https://doi.org/10.21274/taalum.2013.1.2.133-144

Abstract

Madrasah as one of Islamic education in Indonesia has a long history in this nation. Formally, madrasah is developed as a response toward two important conditions, those are the reformation of Islam in Indonesia and education under supervision of Dutch. The implication of such condition in modern era is the issue of the decree of three ministers that reduce the problem dualism in education and the improvement of the quality of madrasah. The issue of such decree is a stepping point to integrate madrasah to the national system of education.
https://doi.org/10.21274/taalum.2013.1.2.133-144
PDF

References

Ali, Mukti dan M. Ali Hasan. Kapita Selekta Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 2003.

Arif, Mahmud. Pendidikan Islam Transformatif. Yogyakarta: LKiS, 2008.

Asrohah, Hanun. 1999. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu

Assegaf, Abd. Rachman. Politik Pendidikan Nasional: Pergeseran Kebijakan Pendidikan Agama Islam dari Proproklamasi ke Reformasi. Yogyakarta: Kurnia Kalam, 2005.

Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos Wacana Ilmu. 2000.

--------. Madrasah dan Tantangan Globalisasi: Perspektif Historis-Sosiologis Pendidikan Islam. Jakarta: yayasan Wakaf Paramadina. 2004

--------. Dan Saiful Umam (Ed), Menteri-menteri Agama RI: Biografi Sosial Politik. Jakarta: PPIM. 1997

Daulay, Haidar Putra. Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Jakarta: Kencana, 2004.

--------. Sejarah Pertumbuhan dan Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana, 2007.

Jabali, Fuad dan Jamhari. IAIN dan Modernisasi Islam di Indonesia. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2002.

Khozin, Jejak-jejak Pendidikan Islam di Islam di Indonesia. Malang: UMM Presss, 2006.

Maksum. Madrasah: Sejarah dan Perkembangannya. Pamulang Timur: Logos Wacana Ilmu. 1999.

Muhaimin. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Pers. 2009.

Muliawan, Jasa Ungguh. Pendidikan Islam Integratif: Upaya Mengintegrasikan Kembali Dikotomi Ilmu an Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Mustafa, H.A dan Abdullah Aly. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Bandung: Pustaka Setia. 1998.

Nizar, Samsul. Sejarah Pendidikan Islam: Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulullah sampai Indonesia. Jakarta: Kencana, 2007.

Nurasa, "Pola dan Kebijakan Pendidikan Islam" dalam Samsul Nizar. Sejarah Pendidikan Islam: Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulullah sampai Indonesia. Jakarta: Kencana, 2007.

Saridjo, Marwan. Bunga Rampai pendidikan Agama Islam. Jakarta: Amissco, 1996.

--------. Pendidikan Islam dari Masa ke Masa: Tinjauan Kebijakan Publik terhadap Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Yayasan Ngali Aksara, 2010.

Sholeh, Abdur Rachman. Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004

Suwendi. Sejarah dan Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2004.

The author has full rights to the articles that has been sent to Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam. The author is responsible for the originality of the articles and all the references used in the journal script.

Downloads

Download data is not yet available.