NILAI-NILAI PROFETIK SEPUTAR ETIKA PENDIDIK DALAM PEMBELAJARAN MENURUT YUSUF AL-QARDHAWI
pdf

Keywords

etika pendidik
pendidikan
Yusuf al-Qardhawi

How to Cite

Azis, A., Husna, J., & Waharjani, W. (2022). NILAI-NILAI PROFETIK SEPUTAR ETIKA PENDIDIK DALAM PEMBELAJARAN MENURUT YUSUF AL-QARDHAWI. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 220-248. https://doi.org/10.21274/taalum.2022.10.2.220-248

Abstract

Etika guru merupakan hal yang paling penting dalam proses pendidikan, karena tujuan dari pendidikan sendiri adalah memperbaiki akhlak. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan penelitian kepustakaan  (library research). Peneliti dalam analisis data menggunakan metode analisis isi dimana metode ini dilakukan dengan mengidentifikasi informasi secara objektif. Hasil dan pembahasan penelitian ini adalah menurut Yusuf al-Qardhawi seorang pendidik haruslah memiliki etika-etika guna tercapainya situasi kelas yang kondusif dan membuat nyaman para pelajar. Berikut etika-etika yang harus dimiliki guru dalam proses belajar mengajar: kehati-hatian pengajar dan perencanaan sesuai dengan kompetensi, tanggung jawab bersama dalam mendidik anak-anak, penyampaian materi kepada pelajar dan kebahagiaan bagi pelajar, ramah kepada pelajar, bersimpati kepada yang berbuat kesalahan, bersemangat berbuat baik dan bersemangat memberikan penghargaan kepada peelajar, mengalami peningkatan dalam belajar, menjaga kelompok-kelompok yang terpencil, keseimbangan dan menghilangkan kebosanan, pemanfaatan rekreasi sebagai pembelajaran, jalan pendukung pembelajaran, memilih cara yang baik, evaluasi dengan pertanyaan-pertanyaan baik tulis maupun lisan.

https://doi.org/10.21274/taalum.2022.10.2.220-248
pdf

References

Al-Bukhari, Abi Abdillah Muhammad bin Isma’il. Jami’ Al-Shahih. Kairo: al-Muthaba’ah al-Salafiyyah, 256AD.

Al-Darimi, Abdullah bin Abdurrahman Abu Muhammad. Sunan Ad-Darimi Juz 1. Beyrut: Darr al-Kitab al-Arabiy, 1407.

Al-Qardhawi, Yusuf. Al-Rasul Wa Al-‘Ilmu. Kairo: Dar al-Shahwah, 2001.

———. Konsepsi Ilmu Dalam Persepsi Rasulullah SAW. Kedudukan Ilmu Dan Ulama. Terjemahan Amir Hamzah Fachruddin, Mabrur Buang Tarmudzi, Zainal Arif Fachruddin. Jakarta: Firdaus Pemandu Ilmu dan Hikmah, 1994.

Al-Qusyairī, Abī Al-Ḥusain Muslim bin Ḥujāj. Ṣaḥīḥ Al-Muslim. Riyadh: Dār Ṭayyibah Linnasyar wa Al-Tauzī’, 2006.

Al-Tirmidzy, Abu Isa. Al-Jami’ Al-Kabir Juz 4. Beyrut: Dar al-Garb al-Islamiy, 1996.

Al-Tirmizī, Abu Īsā. Al-Jami’ Al-Kabir. Vol. 5. Beyrut: Dar al-Garb al-Islamiy, 1996.

Bukhārī, Abī ‘Abdillah Muhammad bin. Ṣaḥīḥ Bukhārī. Beyrut: Dar Ibnu Kaṡir, 2002.

Fahrudin, Ahmad. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian: Kompetensi Dan Strategi Jitu Riset Peneliti. 1st ed. Tulungagung: UIN SATU PRESS, 2020.

Fahrudin, Ahmad, and Arbaul Fauziah. “Persepsi Mahasiswa IAIN Tulungagung Terhadap Pelaksanaan Program Magang Di MTsN 2 Kota Blitar.” Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 2 (January 4, 2020): 377–400.

Hanbal, Ahmad bin. Musnad Imam Ahmad Bin Hanbal 21. Beyrut: Muassasah Risālah, 164AD.

———. Musnad Imam Ahmad Bin Hanbal Juz 27. Beyrut: Muassasah Risālah, 164AD.

———. Musnad Imam Ahmad Bin Hanbal Juz 36. 36th ed. Beyrut: Muassasah Risālah, 164AD.

Hanbal, Amad bin. Musnad Imam Ahmad Bin Hanbal Juz 24. Beyrut: Muassasah Risālah, 164AD.

———. Musnad Imam Ahmad Hanbal Juz 7. Beyrut: Muassasah Risālah, 164AD.

Ibrahim, Teguh, and Ani Hendriani. “Kajian Reflektif Tentang Etika Guru Dalam Perspektif Ki Hajar Dewantara Berbalut Filsafat Moral Utilitarianisme.” Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran 1, no. 2 (2017): 135–145.

Ilyas, Yunahar. Kuliah Akhlak. Yogyakarta: Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam, 2018.

Khaeruman, Badri. “Al Qardawi Dan Orientasi Pemikiran Hukum Islam Untuk Menjawab Tuntutan Perubahan Sosial.” Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya 1, no. 2 (2016): 227–238.

Lailiyah, K. “Pandangan Yusuf Qardhawi Tentang Bank ASI.” Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, 2018.

Mulyanto, Tri. “Implementasi Nilai-Nilai Profetik Dalam Pendidikan Ismuba Di SMP Muhammadiyah 1 Depok Yogyakarta.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 11, no. July (2020): 1–15.

Musbikin, Imam. Konsep Pemikiran Tokoh 3 Ulama, 4 Madzhab, Dan 9 Walisongo Pendidikan Islam. Pustaka Pe. Yogyakarta, 2021.

Muyasaroh, Muyasaroh. “Pembinaan Nilai-Nilai Profetik Di Sekolah Dasar Muhammadiyah Benjeng.” Tamaddun 20, no. 1 (2019): 41–56.

Napitupulu, Dedi Sahputra. Etika Profesi Guru Pendidikan Agama Islam. Sukabumi: Haura Utama, 2020.

Putra, Ahmad, and Prasetio Rumondor. “Sunnah, Sains Dan Peradaban Manusia; Menelaah Kembali Pemikiran Yusuf Al Qardhawi.” EL-BANAT: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam 10, no. 1 (2020): 1–19.

Qardhawi, Yususf. Fatwa Qardhawi, Terjemahan Abdurrachman Ah Bauzir. II. Surabaya: Risalah Gusti, 1996.

Rajafi, Ahmad. Masa Depan Hukum Bisnis Islam Di Indonesia Telaah Kritis Berdasarkan Metode Ijtihad Yusuf Al-Qardhawi. Yogyakarta: LKIS Yogyakarta, 2013.

Ramdani, Dani Ahmad, and Sutisna. “Studi Komparatif Pemikiran Imam Nawawi Dan Yusuf Al-Qardhawi Tentang Berjabat Tangan Dengan Bukan Mahram Dalam Islam.” Mizan: Jurnal of Islamic Law 2, no. 1 (2018): 47–58.

RI, Kementerian Agama. Cordova Al-Quran Dan Terjemah. Bandung: Syaamil Quran, 2012.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.

———. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Alfabeta, 2015.

Sukino, Sukino Sukino, and Imron Imron Muttaqin. “Penguatan Akhlak Mulia Dalam Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Di MTs Ma’arif Binjai Hulu Sintang (Perspektif Rekonstruksi Sosial).” Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 1 (June 2019).

Syahriansyah. Ibadah Dan Akhlak. Banjarmasin: IAIN Antasari Press, 2014.

Yusuh Qardhawi. Fiqih Jihad, Terjemahan Irfan Maulana Hakim Dkk. Bandung: Mizan Pustaka, 2009.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.