PERKEMBANGAN MORAL SANTRI DALAM PENDIDIKAN PESANTREN PERSPEKTIF JOHN DEWEY
pdf

Keywords

Pesantren
Moral
John Dewey

How to Cite

Zhafira, A., & Attaftazani, M. (2023). PERKEMBANGAN MORAL SANTRI DALAM PENDIDIKAN PESANTREN PERSPEKTIF JOHN DEWEY. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 276-289. https://doi.org/10.21274/taalum.2022.10.2.276-289

Abstract

Pesantren merupakan wadah bagi seorang anak untuk belajar tidak hanya ilmu agama tetapi juga sebagai pembentukan karakter. Tujuan penelitian mengenai perkembangan moral pesantren ini adalah untuk mengetahui bahwa anak yang baru memasuki dunia pesantren masih perlu beradaptasi dengan lingkungan dan moral seseorang belum langsung bertumbuh dengan baik. Dengan kata lain, yakni secara teoritis penelitian ini bertujuan untuk dapat menambah khazanah keilmuan perkembangan pendidikan moral di pesantren yang dilihat dari kacamata teori seorang tokoh filsafat. Sedangkan secara praktis, orang tua atau tenaga pendidik bisa mengetahui bahwa ada yang namanya tahap perkembangan moral. Oleh karena itu tenaga pendidik dan orang tua diharapkan lebih bersabar dalam menumbuhkan perkembangan moral anak. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dari berbagai sumber-sumber terdahulu. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan moral pada seseorang ketika baru menempuh pendidikan di pesantren itu bertahap, karena mereka perlu beradaptasi pada lingkungan sekitarnya. Hal ini sejalan dengan teori perkembangan moral yang dikemukakan oleh John Dewey, yakni pra-moral, konvensional dan otonom.

https://doi.org/10.21274/taalum.2022.10.2.276-289
pdf

References

Al Ghazali, Abu Hamid. Minhaj al Muta’allim. Damaskus: Dar al Taqwa, 2010.

Al Zarnuji. Ta’lim al Muta’allim. Beirut: Maktabah al Islami, 1981.

Firdaus, Muhammad Aditya dan Rinda Fauzian. “Pendidikan Ahlak Karimah Berbasis Kultur Pesantren”, “ Jurnal Pendidikan Islam”,Vol. 11, No. 2 (2020), hal. 144, https://journal.uhamka.ac.id/index.php/jpi/article/view/5888

Giarelli, James M. and J.J. Chambliss, “John Dewey on Moral Development and Education: Context, Conception, and Legacy”, “Journal Discourse”, Vol. 9, No. 2 (2006), http://dx.doi.org/10.1080/0159630890090206

Hasbullah. “Pemikiran John Dewey Tentang Pendidikan (Dalam Perspektif Kajian Filosofis)”, “Jurnal Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam”, Vol 10, No. 1 (2020), hal. 3, https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/tiftk/article/view/3770/2092

Madjid, Nurcholis. Bilik-bilik Pesantren. Jakarta: Dian Rakyat, 1999.

Moosa, Ebrahim. “Muslim Ethics?”, dalam William Schweiker, The Blackwell Companion to Religious Ethics. London: Blackwell Publishing, 2005.

Muslim, Ibnu Fiqhan dan Sanudin Ranam. “Pendidikan Kedisiplinan di Pondok Pesantren El-Alamia untuk Menanggulangi Degradasi Moral”, “ Research and development Journal of Education”, (2020), hal. 106, https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/RDJE/article/view/7325

Nofiaturrahmah, Fifi. “Metode Pendidikan Karakter di Pesantren”, “Jurnal Pendidikan Agama Islam”, Vol XI, No. 2 (2014), hal. 207, https://media.neliti.com/media/publications/118230-ID-metode-pndidikan-karakter-di-pesantren.pdf

Rosmawati, Perkembangan Peserta Didik (Psikologi Perkembangan Remaja). Pekanbaru, Riau: Universitas Riau UR Press, 2011.

Syafe’I, Imam “Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter”, “Jurnal Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam”, Vol 8, no. 1 (2017),hal.66,http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadzkiyyah/article/view/2097/0

Yuningsih, “Menguatkan Kembali Pendidikan Keagamaan dan Moral Anak Didik”, “Jurnal ISTEK” Vol. 8, No. 2, (2014), hal. 208, https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/istek/article/view/228/243

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.