KONTRIBUSI SYAIKH ABDUL WAHAB SEI LUMUT TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM DI SUMATERA UTARA
pdf

Keywords

SYAIKH ABDUL WAHAB SEI LUMUT
PENDIDIKAN ISLAM
SUMATERA UTARA
KONTRIBUSI

How to Cite

Lubis, M. (2022). KONTRIBUSI SYAIKH ABDUL WAHAB SEI LUMUT TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM DI SUMATERA UTARA. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 191-219. https://doi.org/10.21274/taalum.2022.10.2.191-219

Abstract

Syaikh Abdul Wahab Sei Lumut yang lahir pada 1864 M adalah seorang ulama dan tokoh yang berkontribusi terhadap pendidikan Islam di Sumatera Utara. Kontribusinya adalah berupa pendirian Madrasah Ittihadul Wathaniyah, salah satu madrasah yang pertama kali berdiri di Sumatera Utara, tepatnya di daerah pesisir Kecamatan Panai Hilir, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara. Diketahui bahwa Madrasah yang ia dirikan tersebut dari sisi pembelajaran lebih maju dibanding madrasah lain yang ada di Kabupaten Labuhanbatu, umumnya Sumatera Utara, baik dari segi sarana dan metode pembelajaran. Madrasah Ittihadul Wathaniyah, sebagai sebuah lembaga pendidikan Islam, pada masanya telah memiliki ruang belajar, meja belajar, dan alat tulis yang terbilang lengkap, sedangkan yang lainnya masih bentuk halaqoh-halaqoh. Ia juga dikenal sebagai salah satu tokoh yang ikut serta memperjuangkan pendidikan Islam dari aturan ordinansi Belanda yang mengekang pendidikan Islam di Sumatera Utara.

Abstract: Shaykh Abdul Wahab Sei Lumut who was born in 1864 is a scholar and figure who contributed to Islamic education in North Sumatra. His contribution was in the form of the establishment of Madrasa Ittihadul Wathaniyah, one of the first madrasas to be established in North Sumatra, precisely in the coastal area of ​​Panai Hilir District, Labuhanbatu Regency, North Sumatra. It is known that the Madrasa he founded is more advanced in terms of learning than other madrasas in Labuhanbatu Regency, generally North Sumatra, both in terms of facilities and learning methods. Madrasah Ittihadul Wathaniyah, as an Islamic educational institution, in its time had a complete study room, study table, and writing utensils, while the others were still in the form of halaqoh-halaqoh. He is also known as one of the figures who participated in the struggle for Islamic education from the Dutch ordinance rules that curbed Islamic education in North Sumatra

https://doi.org/10.21274/taalum.2022.10.2.191-219
pdf

References

Abdul Adib, Metode Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren, Jurnal Mubtadiin, Vol. 7 No. 01 Januari-Juni 2021.

Abdul Mujib, Muhaimin, Pemikiran Pendidikan Islam. (Bandung: Trigenda Karya, 1993),

Abdurrahman, Dudung, Metode Penelitian Sejara Islam (Yogyakarta: Ombak, 2011)

Al Rasyidin, Organisasi Islam Di Tanah Melayu: Ideologi Dan Gerakan Al-Ittihadiyahsebelum Era Reformasi, Journal of Contemporary Islamand Muslim Societies, Vol.2No.1Januari-Juni 2018

Amin, Muh, Pendidikan Islam Masa Penjajahan Belanda Dan Jepangjurnal, Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer Volume 10, No. 2, Tahun 2019

Anwar Matondang, Husnel (Ed.), Tujuh Butir Peluru Untuk Negeriku (Medan: Perdana Publishing, 2017)

Armai, Arief. 2002. Pengantar Ilmu Dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Perss

Asari, Hasan, Sejarah Pendidikan Islam Membangun Relevansi Masa Lalu Dengan Masa Kini Dan Masa Depan, Kelompok Penerbit Perdana Mulya Sarana, Perdana Publishing, Medan: September 2018

Aslan, Dinamika Pendidikan Islam Di Zaman Penjajahan Belanda, Jurnal Syamil, Volume 6 (1), 2018.

Choirul, Anam, Pertumbuhan dan Perkembangan NU, (Surabaya: Aksara Mulia, 2010).

Daliman, A, Metode Penelitian Sejarah (Yogyakarta: Ombak, 2012)

Ependi, Rustam, Politik Pendidikan Islam Di Sumatera Utara Peran Jami’atul Al-Washliyah, Jurnal Taushiah Fai-Uisu, Vol. 9 No. 2 Juli-Desember 2019.

Erman, Perlawanan Ulama Minangkabau Terhaladap Kebijakan Kolonial di Bidang Pendidikan Awal Abad Xx, Turãst: Jurnal Penelitian & Pengabdian Vol. 3, No. 1, Januari - Juni 2015

Erwinsyah, Alfian, Pengelolaan Pembelajaran Sebagai Salah Satu Teknologi Dalam Pembelajaran, Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Volume 4, Nomor 2: Agustus 2016.

Fachrurazi, Pembaharuan Sistem Pembelajaran Pondok Pesantren (Tradisional Versus Modern), At-Turats Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam, Vol. 10 No. 2 (2016) 57 – 64.

Habungaran Hasugiantesis, Jalatua, Pemerintahalan Kolonial Belanda di Kota Pematang Siantar Periode 1917–1942, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara Medan 2015

Hamalik, Oemar. 2001. Cetakan Ketiga. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdayama, Jumanta, Model Dan Metode Pembelajaran Kreatif Dan Berkarakter, (Bogor: Ghalia Indonesia, 2015)

Helwani Syafi’I, Ahmad, Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Khusus Al-Halimy Sesela, Ibtida’iy: Jurnal Prodi Pgmi Vol. 5, No. 2, Oktober 2020

J. Benda, Harry, Continuity And Chalange In Southaleast Asia, (T.T.P.: New Haven, 1972)

Kurniadin, Didin, A. Wahid Hasyim Dan Pembaharuan Pendidikan Pesantren, Jurnal An-Nûr, Vol iii. No. 2, Agustus 2011

Mu’awanah, Strategi Pembelajaran Cet. 1 (Kediri: Stain Kediri Press, 2011).

Mursal, Aziz, Dkk, Al-Ittihadiyah Education Development In North Sumatera, Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 9 No.2 (2020)

Natsir, H. M, Sistem Pembelajaran Di Pondok Pesantren Al-Aziziyah Analisis Terhadap Metode Dalam Kegiatan Pembelajaran Formal Dan Nonformal, Jurnal Penelitian Keislaman Vol.16 No.1 (2020): 1-15.

NK, Roestiya, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta)

Prastowo, Andi, Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016)

Rush, Michael, Althoff, Phillip, Pengantar Sosilogi Politik, (PT Raja Grafindo Perkasa: Jakarta)

Saputra, Fedry, Sejarah Pertumbuhan Dan Perkembangan Pendidikan Islam Di Indonesia, Al-Hikmah: Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam, Vol 3, No.1, 2021

Setiawan, Farid, Kebijakan Pendidikan Muhammadiyah Terhadap Ordonansi Guru, Jurnal Pendidikan Islam, Volume 3, Nomer 1 Juni 2014.

Subhan, Arief, Lembaga Pendidikan Islam Indonesia Abad ke 20: Pergumulan antara Modernitas dan Identitas, (Jakarta, Kencana, 2012)

UIN-SU, Eksistensi Organisasi Al Ittihadiyah Arah, Gerakan, Dan Perkembangan, (Medan: Perdana Publishing), 2019.

Untung, Moh. Slamet, Kebijakan Penguasa Kolonial Belanda Terhadap Pendidikan Madarasah, Jurnal Forum Tarbiyah Vol. 11, No. 1, Juni 2013.

Widodo, Wellanda, Dkk, Penerapan Metode Pemberian Tugas Dan Resitasi Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Surat Siswa Kelas X D Administrasi Perkantoran Smk Wikarya Karanganyar Tahun Ajaran 2014/2015, (Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran Vol.1, No.1, November 2016)

Zuharini, Metodologi Pendidikan Agama, Solo: Ramadhani, 1993

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.