PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF MUHAMMAD ‘ABID AL-JABIRI
pdf

Keywords

Pemikiran Pendidikan, Ideologi, Muhammad ‘Abid Al-Jabiri

How to Cite

Fariq, W. (2022). PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF MUHAMMAD ‘ABID AL-JABIRI. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 160-190. https://doi.org/10.21274/taalum.2022.10.2.160-190

Abstract

Muhammad ‘Abid Al-Jabiri dikenal sebagai pemikir wacana keislaman kontemporer yang banyak menghasilkan banyak karya berkaitan dengan studi pemikiran Islam, filsafat, politik, budaya, pendidikan dan lain-lain. Secara umum, pemikirannya penuh dengan kritik kontstruktif terhadap pemikiran Islam Tradisionalis-Konservatif. Berbicara tentang diskursus pendidikan, ia pernah membahas tentang sistem pendidikan di Maroko yang dianggap masih mempertahankan sistem tradisionalis dan sudah tidak relevan dengan konteks kekinian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemikiran Muhammad ‘Abid Al-Jabiri dan relevansinya terhadap pendidikan saat ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (Library Research). Teknik pengumpulan data yaitu pengutipan dari buku, jurnal, berita dan hasil penelitian. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini mendapatkan bahwa pemikiran Muhammad ‘Abid Al-Jabiri tentang definisi, tujuan, metode, materi, evaluasi dan solusi dalam pengembangan pendidikan relevan dengan konteks pendidikan saat ini.

https://doi.org/10.21274/taalum.2022.10.2.160-190
pdf

References

Abd al-‘Azīz, Muhammad ‘Ādil, Al-Tarbiyyah al-Islamiyyah fi al-Maghrib; Ushūluhā al-Masyriqiyyah wa Ta’tsiruhā al-Andalusiah, (Kairo: al-Hai’ah al-Mishriyyah al-Āmah li al-Kitab, 1978)

Ahmad, Luthfī Barakāt, Fī al-Fikr al-Tarbawī al-Islamiy, Cet. I, (Riyadh: Dār al-Marīkh, 1982)

Al-Jābirī, Muhammad ‘Ābid, al-Turāts wa al-Hadātsah, Cet. III, (Beirut: Markaz Dirāsāt al-Wahdah al-‘Arabiyyah, 2006)

_____, Muhammad ‘Abid, Hafriyyāt fi al-Dzākirah min Ba’īd, Cet. I, (Beirut: Markaz Dirāsāt al-Wahdah al-‘Arabiyyah, 1997)

_____, Muhammad ‘Abid, Min Ajli Ru’yah Taqaddumiyyah li Ba’dhi Musykalātina al-Fikriyah wa al-Tarbawiyyah, Cet. I, (Cassablanca: Dār al-Nasyr al-Maghribiyyah, 1997)

_____, Muhammad, Nahnu wa al-Turāts; Qirā-āt Mu’āshirah fi Turātsinā al-Falsafī, Cet. I, (Beirut: Markaz Dirāsāt al-Wahdah al-‘Arabiyyah, 2006)

Al Qurtuby, Sumanto, dkk, Pendidikan & Revolusi Industri 4.0; Arab Saudi dan Indonesia, Cet. I, (Semarang: Elsa Press, 2021)

Al-Idris, Husain, Muhammad ‘Ābid al-Jābirī; wa Masyru’ Naqd al-‘Aql al-‘Arabiy, Cet. I, (Beirut: Markaz al-Hadhārah li Tanmiyyah al-Fikr al-Islamiyy, 2010)

Al-Syaikh, Muhammad, Muhammad ‘Ābid al-Jābirī; Masārāt Mufakkir ‘Arabiy, Cet. I, (Beirut: Markaz Dirāsāt al-Wahdah al-‘Arabiyyah, 2011)

Amīn, Ahmad, Zuhr al-Islām, Vol. I,Cet. II, (Kairo: Mathba’ah Lajnah al-Ta’lif wa al-Tarjamah wa al-Nasyr, 1946),

Arsalān, Syakīb, Limādzā Taakhara al-Muslimūn wa Limādzā Taqaddama Ghoiruhum, (Beirut: Dar Maktabah al-Hayāh, t.th)

Assya'bani, R. (2022). Relevansi Epistemologi Dari Abid Al-Jabiri Terhadap Pembaruan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(1): 88-98.

Aziz, Muhammad Thariq. "Interrealisasi Pemikiran Muhammad Abid Al-Jabiri Dalam Pendidikan Islam." Proceeding of International Conference On Islamic Epistemology, (2016): 162-168

Baharun, Hasan, and Saudatul Alawiyah. "Pendidikan Full Day School Dalam Perspektif Epistemologi Muhammad ‘Abid Al-Jabiri." POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam 4, no. 1 (2018): 1-22.

Bloom, Benjamin S., et. al, Taxonomy of Educational Objectives; The Classicafication of Educational Goals, (Canada: Longman, 1956)

Daniah, Daniah. "Pentingnya Inkuiri Ilmiah pada Praktikum dalam Pembelajaran IPA untuk Peningkatan Literasi Sains Mahasiswa." Pionir: Jurnal Pendidikan 9, no. 1 (2020): 149

Fariq, Wan Muhammad, Muhajir Darwis, and Aisyah Nuramini. "PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF THAHA HUSEIN DALAM KITAB MUSTAQBAL AL-TSAQĀFAH FĪ MIṢR." Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 6, no. 1 (2021): 1-9

https://id.wikipedia.org/

Kasmah, K. A. S. M. A. H. "KONSEP DASAR EVALUASI DALAM KURIKULUM BERBASIS KKNI." Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 6, no. 1 (2018): 555-570.

Malakāwī, Fathī Hasan, al-Fikr al-Tarbawi al-Islamiy al-Mu’āshir; Mafāhīmuh wa Mashādiruh wa Khashā-ishuh wa Subul Ishlāhih, Cet. I, (Herndon: al-Ma’had al-‘Ālamy li al-Fikr al-Islamiy, 2020)

Ratna, Nyoman Kutha, Metodologi Penelitian; Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya, Cet. I (Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2010)

Ridla, Muhammad Jawwad, terjemahan, Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Islam (Perspektif Sosiologis-Filosofis), Mahmud Arif, Cet. I, (Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, 2002)

Subkhan, Edi. "Ideologi, Kekuasaan, dan Pengaruhnya Pada Arah Sistem Pendidikan Nasional Indonesia (1950-1965)." Journal of Indonesian History 7, no. 1 (2018): 19-34.

Tourneau, Roger Le, Fes fi ‘Ashri Banī Marīn, (Diterjemah oleh Naqulā Zubād), (Beirut: Maktabah Lubnān, 1967)

Undang-undang Sisdiknas No. 20 tahun 2003

Wahyudi, Winarto Eka. "MENGURAI PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AKIDAH (Integrasi Cooperative Learning dengan Epistimologi Abid Al-Jabiri)." Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 1, no. 2 (2022): 146-157

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.