PENDIDIKAN PESANTREN DAN MODERASI BERAGAMA
pdf

Keywords

Pendidikan, Pesantren, Moderasi Beragama

How to Cite

Sumadi, E., Nisa, F., Nufus, I., Yulianto, F. A., & Bahruddin, B. (2023). PENDIDIKAN PESANTREN DAN MODERASI BERAGAMA. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 249-275. https://doi.org/10.21274/taalum.2022.10.2.249-275

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengembangan moderasi beragama di lembaga pendidikan Islam (pesantren) melalui sistem pendidikan dan pengajaran serta praktik nilai-nilai yang ditanamkan Pondok Pesantren Bali Bina Insani. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, sehingga data penelitian ini didapat dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pendidikan dan pengajaran yang diterapkan yaitu dengan mengadopsi Kurikulum Kementrian Agama, Kurikulum Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kurikulum Pesantren serta menerapkan multibahasa dalam kehidupan sehari-hari yaitu Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Dalam membentuk moderasi beragama ditengah-tengah masyarakat multikultural praktik nilai-nilai yang di internalisasikan Pondok Pesantren Bali Bina Insani yaitu Nilai Tasamuh yang dapat dilihat dari komitmen pimpinan dalam mengelola keragaman di internal pondok pesantren, Aulawiyah dengan tidak memasang pengeras suara di pondok pesantren, Musawah dengan tidak memandang kedudukan di pondok pesantren berdasarkan keyakinan, Tahaddur yang menjunjung tinggi adab terhadap satu sama lain serta I’tidal yang tidak mencampuradukkan perbedaan dan keyakinan.

https://doi.org/10.21274/taalum.2022.10.2.249-275
pdf

References

Abdussamad, Zuhri. Metodologi Penelitian Kualitatif. Makasar: CV Syakir Media Press, 2021.

Abidin Wakoni, dkk. Pengantar Multikultural. Yogyakarta: Cantika Pustaka, 2018.

Amrullah, M. Kholis, dan M. Irfan Islamy. “Moderasi Beragama: Penanaman Pada Lembaga Pendidikan Formal Dan Nonformal.” Nizham Journal of Islamic Studies 9, no. 02 (2021). https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/nizham/article/view/4308.

Arjiarna, Bella Almira, Yunani Hasan, dan Aulia Novemy Dhita. “Perkembangan Pesantren di Indonesia.” SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kajian Sejarah 3, no. 1 (2021). https://doi.org/10.31540/sindang.v3i1.748.

Asror, Muhamad. “Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Upaya Mengembangkan Sikap Toleransi Santri Di Pondok Pesantren.” MindSet : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11 Maret 2022, 42–53. https://journal.staimaarifkalirejo.ac.id/index.php/mindset/article/view/26.

Ferdinan. “Pondok Pesantren Dan Ciri Khas Perkembangannya.” TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, no. 1 (2016). https://doi.org/10.26618/jtw.v1i1.348.

Futaqi, Sauqi. Kapital Multikultural Pesantren. Yogyakarta: Grup Penerbitan CV Budi Utama, 2019.

Hernanda, Verren Auranissa, Afwa Yasyfa Azzahra, dan Fitri Alfarisy. “Pengaruh Penerapan Bahasa Asing dalam Kinerja Pendidikan | Jurnal Indonesia Sosial Teknologi.” Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2022. https://jist.publikasiindonesia.id/index.php/jist/article/view/367.

Hidayat, Rahmat. Ilmu Pendidikan Islam: Menuntun Arah Pendidikan Islam Indonesia. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI), 2016.

Hidayat, Tatang, Ahmad Syamsu Rizal, dan Fahrudin Fahrudin. “Peran Pondok Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia.” Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 2 (2018). https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/tadib/article/view/4117/2679.

Ismail, Luthfiansyah Hadi. “Moderasi Beragama di Lingkungan Pesantren: Pengalaman Pesantren di Bandung Barat, Jawa Barat.” Definisi: Jurnal Agama dan Sosial-Humaniora 1, no. 1 (2022). http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/definisi/article/download/16713/6745.

Kementrian Agama RI. Moderasi Beragama. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementrian Agama, 2019.

Komariah, Nur. “Pondok Pesantren Sebagai Role Model Pendidikan Berbasis Full Day School.” Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 2 (2016). https://ojs.staituankutambusai.ac.id/index.php/hikmah/article/view/30.

Mansur, Achmad Rifkih, dan Tika Widiastuti. “Pondok Pesantren Mukmin Mandiri Dan Perannya Pada Pengembangan Masyarakat Dalam Kerangka Maqashid Syariah.” Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan 7, no. 5 (2020): 861–73. https://doi.org/10.20473/vol7iss20205pp861-873.

Masturaini, dan Yunus. “Nilai-Nilai Moderasi Beragama Di Pondok Pesantren Shohifatusshofa Nw Rawamangun.” Tadarus Tarbawy : Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan 4, no. 1 (2022). https://doi.org/10.31000/jkip.v4i1.6377.

Murtado, Ramdan Zainal. “Peran Pondok Pesantren Dalam Membina Toleransi Di Dunia Pendidikan (studi Di Pondok Pesantren Sukamanah).” Online Thesis 16, no. 2 (2022). https://tesis.riset-iaid.net/index.php/tesis/article/view/145.

Purnomo, Muhammad Hadi. Manajemen Pendidikan Pesantren. Yogyakarta: Biklung Pustaka Utama, 2017.

Resya, Nurresa Fi Sabil, dan Fery Diantoro. “Sistem Pendidikan Nasional Di Pondok Pesantren.” Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam 19, no. 2 (2021). https://doi.org/10.35905/alishlah.v19i2.2134.

Saddam, Husain, dan Andi Eki Dwi Wahyuni. “Moderasi Beragama Berbasis Tradisi Pesantren Pada Ma’had Aly As’adiyah Sengkang Wajo Sulawesi Selatan.” Harmoni 20, no. 1 (2021). https://jurnalharmoni.kemenag.go.id/index.php/harmoni/article/download/48-66/307/2073.

Shobah, Rijal Nur Fajris. “Ketahanan Moderasi Beragama Melalui Internalisasi Nilai Sosial Pesantren.” Prosiding Nasional 4 (2021): 287–96. http://prosiding.iainkediri.ac.id/index.php/pascasarjana/asrticle/view/78.

Soleh, Badrus, dan Iswatul Hasanah. “Manajemen Pendidikan Pesantren Al-Ulum Wal-Althof Dalam Menguatkan Sikap Moderasi Beragama Santri.” Re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management) 4, no. 1 (2021): 34–47. http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/re-jiem/article/view/4733.

Syafe’i, Imam. “Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 1 (2017). https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2097.

Syahza, Almasdi. Metodologi Penelitian. Riau: UR Press Pekanbaru, 2021.

Wulandari, Teat. Konsep dan Praksis: Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: UNY Press, 2019.

Zaini, Akhmad. “UU Pesantren No 18 Tahun 2019: Kekuatan, Kelemahan, Peluang, Ancaman Bagi Pesantren dan Lembaga Pendidikan Keagamaan di Kabupaten Tuban.” Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam 15, no. 2 (2021). https://doi.org/10.51675/jt.v15i2.182.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.