EFEKTIFITAS PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PAI BERBASIS LITERASI DALAM MELAKSANAKAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH
pdf

Keywords

Efektifity of Learning Resources Development, Literacy-Based

How to Cite

Sulistyorini, S. (2023). EFEKTIFITAS PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PAI BERBASIS LITERASI DALAM MELAKSANAKAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 318-342. https://doi.org/10.21274/taalum.2022.10.2.318-342

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) bertujuan membentuk siswa memahami agama Islam dengan benar dan berkepribadian yang baik (berakhlakul karimah). Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan banyak membaca buku agama Islam. Salah satu buku bacaan agama Islam yang dibaca siswa-siswi merupakan produk dari guru-guru PAI. Tujuan penulisan artikel ini adalah menghasilkan bahan ajar berbasis literasi guna mendukung pembelajaran yang PAI lebih menyenangkan, efektif dan efisien. Peneliti sekaligus berfungsi sebagai narasumber untuk memberikan pemahaman mengenai perlunya guru mengembangkan sumber belajar berupa buku PAI. Metode penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implementation, Evaluation). Langkah pengembangan sumber belajar berbasis literasi dimulai dengan tahap analisis, baik analisis konsep maupun analisis materi. Setelah melalui tahap analisis, materi akan disusun menjadi bahan ajar dan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan siswa. Tahap selanjutnya adalah melakukan validasi dan uji kelayakan melalui program bimbingan teknik (bimtek). Tahap terakhir melakukan praktik dan evaluasi.

https://doi.org/10.21274/taalum.2022.10.2.318-342
pdf

References

Amiroh, Anud, 2019, Pengembangan Sumber Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Literasi Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Gandusari Kabupaten Blitar, Tesis, Tulungagung: IAIN Tulungagung.

Arikunto, Suharsimi. 1996.Prosedur Penelitian, Jakarta : Rineka Cipta, 1996, 245

Departemen Agama RI. 2002. Al-Quran dan Terjemahnya, Jakarta: Kelompok Gema Insani Al-Huda.

Dwi Wahyuning Aisyah, Muhana Gipayana, Ery Tri Djatmika, Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Bercirikan Quantum Teaching Untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Efektif Dan Produktif, Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 2 Nomor: 5 Bulan Mei Tahun 2017 Halaman: 667—675

Endang Mulyatiningsih, Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan, Bandung: Alfabeta: 2014, 199.

Gipayana, M. 2004. Pengajaran Literasi dan Penilaian Portofolio dalam Konteks Pembelajaran Menulis di SD. Jurnal Ilmu Pendidikan, 11 (1):59—70

Hendarwati,Endah. “Pengaruh Pemanfaatan lingkungan sebagai Sumber Belajar melalui Metode Inkuiri terhadap Hasil Belajar Siswa SDN I Sribit Delanggu pada Pelajaran IPS”, dalam PEDAGOGIA Jurnal Pendidikan, Vol. 2, No. 1, Februari 2013.

Idris Kamah dkk, Pedoman Pembinaan Minat Baca, Jakarta : Perpustakaan Nasional 2001

Iqbal Hasan, Muhammad. 200.Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, Bogor Selatan: Ghalia Indonesia.

Kamah, Idris., dkk. 2001. Pedoman Pembinaan Minat Baca, Jakarta: Perpustakaan Nasional.

Kemendikbud. 2016. Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Kemendikbud.

Mudjiono, dan Dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Mularsih, Heni danKarwono. 2017. Belajar dan Pembelajaran: serta Pemanfaatan Sumber Belajar, Jakarta: Rajawai Pers.

Mulyatiningsih, Endang. 2014. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Muttaqien, Zainal. 2011. “Pemanfaatan Blog sebagai Media dan SumberBelajarAlternatif Qur’an Hadits Tingkat Madrasah Aliyah”, Tesis, Yogyakarta: UIN SunanKalijaga.

Muhammad Rohman, 2014. Kurikulum Berkarakter, Jakarta: Prestasi Pustaka,

Kemendikbud. 2016, Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Kemendikbud.

Nooryono, Edhy. 2009. Lingkungan sebagai Sumber Belajar dalam Rangka Meningkatkan Minat Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Bae Kudus, Tesis, Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Nur, Faizah M. 2012. “Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Pembelajaran Sains Kelas V SD pada Pokok Bahasan Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan”, dalam Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 13, No. 1, April.

Nurdiyanti., & Suryanto. 2010. Pembelajaran Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Tesistidakditerbitkan. Surakarta: FKIP UNS.

Permendikbud Nomor 35 Tahun 2018 tentang Standar Kurikulum 2013.

Prastowo, Andi. 2018. Sumber Belajar & Pusat Sumber Belajar: Teori dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasah, Depok: Kencana-Prenada Media Group.

Purwono, Urip. 2008. Standar PenilaianBahan Ajar, Jakarta: BNSP.

Puspita, A.M.I. & Purwo, S. 2019. Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Literasi Dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Al Aulad, 2 (1): 1-7

Puspita, A. M. I. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Berbantuan Buku Teks Berbasis Kontekstual Untuk Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1 (10): 1880—1883

Rachman Shaleh, Abdul. Pendidikan Agama Islam dan Pembangunan Watak Bangsa, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rohman, Muhammad. 2012. Kurikulum Berkarakter, Jakarta: Prestasi Pustaka.

Rahim, F. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar Ed.2 Cet.3. Jakarta: Bumi Aksara. 2008, 79

Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sudjana dan Ahmad Rivai, Nana. 2007. Teknologi Pengajaran, Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Suradi, A. 2017.Globalisasi dan Respon Pendidikan Agama Islam di Sekolah, dalam Jurnal Murarrisma Vol 7 nomor 2, Juli-Desember, ISNN 2089-5127.

Syaodih Sukmadinata, Nana. 2012. Methode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suyono. 2009. Pembelajaran Efektif dan Produktif Bebasis Literasi: Analisis Konteks, Prinsip, dan Wujud Alternatif Strategi Implementasinya di Sekolah. Jurnal Bahasa dan Seni, Tahun 37, Nomor 2, Agustus 2009. Halaman 203-218.

Tim Penyusun Depdiknas. 2004.Pendoman Umum Pengembangan Bahan Ajar, Jakarta: Depdiknas RI.

Uno, H. 2010. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.