ANALISIS BUKU AJAR DURUSULLUGHAH AL-ARABIYAH MENURUT PERSPEKTIF RUSYDI AHMAD THU’AIMAH
pdf

Keywords

Buku Ajar, Bahasa Arab, Rusdi Ahmad Thu’aimah

How to Cite

Aceh, I., & Nasution, S. (2023). ANALISIS BUKU AJAR DURUSULLUGHAH AL-ARABIYAH MENURUT PERSPEKTIF RUSYDI AHMAD THU’AIMAH. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 1-27. https://doi.org/10.21274/taalum.2023.11.1.1-27

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap buku ajar Durusullughah al-Arabiyah Jilid I berdasarkan pandangan Rusydi Ahmad. Aspek-aspek yang dibandingkan meliputi aspek bahasa dan aspek keterampilan berbahasa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi. Adapun langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengamati buku ajar, memilah dan memilih data, memetakan data, dan menganalisis data yang diperoleh dari pemetaan yang telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar Durusullughah al-Arabiyah telah memenuhi kriteria berdasarkan pandangan Rusydi Ahmad Thu’aimah dalam aspek bahasa dan keterampilan berbahasa yang disajikan. Berdasarkan kelayakan, buku ajar Durusullughah al-Arabiyah Jilid I telah sesuai dengan unsur MufrodatQawalid, dan Muhadtasah, namun tidak sesuai dengan unsur Muthola’ah. Berdasarkan analisis kelayakan aspek ketrampilan berbahasa, buku Durusullughah al-Arabiyah Jilid I telah sesuai dan layak digunakan. Berdasarkan cara ketrampilan penyajiannya, DLA telah menyajikan empat ketrampilan berbahasa. Serta berdasarkan ketrampilan ketrampilan berbahasa yang difokuskan, DLA telah seimbang dalam penyajian empat ketrampilan berbahasa.

https://doi.org/10.21274/taalum.2023.11.1.1-27
pdf

References

Annova, F. (2022). Konsep Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab bagi Pembelajar di Indonesia. Alibbaa’: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 143–162.

Arkadiantika, I., Ramansyah, W., Effindi, M. A., Dellia, P., Perwita, D. P., Kandika, P. S., Oktrisma, Y., Studi, P., Informatika, T., Teknik, F., Pamulang, U., Astuti, A. dewi. D. P., Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A., Fakhry, G., Firmansyah, M., Sujana, I. W. C., Kepada, D., Teknik, F., … Dariyadi, M. W. W. (2019). Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 3, Issue 1). UIN-MALIKI PRESS. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp/article/view/6709%0Ahttp://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/sastra-arab/article/view/39394%0Ahttp://infestasi.trunojoyo.ac.id/simantec/article/view/3809%0Ahttp://lpm.iain-jember.ac.id/download/file/DISKUSI_PERIODI

Aziz Muzayin, N. N. (2016). Analisis Buku Teks “Al-Lughah Al-‘Arabiyah Al-Mu’âshirah” Karya Eckehard Schulz. Jurnal Bashrah, 2(1), 1–23.

Aziza, L. F., & Muliansyah, A. (2020). Keterampilan Berbahasa Arab dengan Pendekatan Komprehensif. El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA, 19(1), 56–71. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v19i1.2344

Fahrudin, A. (2020). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian: Kompetensi dan Strategi Jitu Riset Peneliti (1st ed.). UIN SATU PRESS.

Fajrin, R., Walfajri, W., & Khotijah, K. (2021). Penerapan Metode Langsung dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab. لسـانـنـا (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya, 10, 342. https://doi.org/10.22373/ls.v10i2.8834

Harsia. (2015). Interferensi Gramatikal Bahasa Jawa terhadap Bahasa Indonesia pada Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Mangkitana Kabupaten Luwu Timur. Jurnal Pendidikan, Pengajaran Bahasa Dan Sastra Onoma, 1(1), 1–128.

Muradi, A. (2013). Tujuan Pembelajaran Bahasa Asing (Arab) di Indonesia. Al-Maqoyis, 1(1), 128–137. http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/maqoyis/article/viewFile/182/123

Muradi, A. (2014). Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab. ARABIYAT: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 1(1), 29–48. https://doi.org/10.15408/a.v1i1.1129

Muradi, A. (2018). Bahasa Arab dan Pembelajarannya Ditinjau Dari Berbagai Aspek. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10–27.

Nurhayati, N., Fhatulloh, M. R., & Yusup, M. (2019). Implementasi Guru dalam Mendesain Proses Pembelajaran PAI. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 2(2), 1–7. https://doi.org/10.15575/ath.v2i2.2790

Pane, A. (2018). Urgensi Bahasa Arab; Bahasa Arab Sebagai Alat Komunikasi Agama Islam. Komunikologi Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 2(1), 77–88. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/article/view/5452

Pasha Akhmad, F. A. (2022). Efektivitas Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru PAI SD di Kecamatan Tambun Selatan. PARAMETER, 7(1), 26–40. https://doi.org/10.37751/parameter.v7i1.185

Qadir, A. (2009). Peran Guru sebagai Motivator dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. INFORMASI, 35(2), 62–72. https://doi.org/10.21831/informasi.v2i2.6390

Ratna. (2018). Efektivitas Penggunaan Buku Ajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas VII MTS Aisyiyah Cab. Makassar. Journal of Controlled Release, 11(2), 430–439.

Salam, M. Y. (2008). Durûs Al-Lughah Al-‘Arabiyyah Karya Mahmud Yunus Dalam Perspektif Nazariyyah Al-Wahdah. Ta’dib, 11(2), 149–161. https://doi.org/10.31958/jt.v11i2.144

Syarnubi, S. (2019). Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Religiusitas Siswa Kelas IV di SDN 2 Pengarayan. Tadrib, 5(1), 87–103. https://doi.org/10.19109/tadrib.v5i1.3230

Zulheddi, Z., & Iqbal, M. (2022). Analisis Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Menggunakan Kitab Durus Al-Lughah Al-Alrobiyah Juz 1 di MTs Swasta Al-Kautsar Al-Akbar. Tadrib, 8(1), 93–106. https://doi.org/10.19109/tadrib.v8i1.11644

Zulkifli, M., & Umaini, H. (2020). Upaya Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Arab Siswa di Kelas V MI Syaikh Zainuddin NW Anjani Kecamatan Suralaga. Al-Mujahidah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 24–39. https://scholar.archive.org/work/3mehkkt5nfefzeoapsnw2xusre/access/wayback/http://ejournal.iaihnw-lotim.ac.id/almujahidah/index.php/Al-mujahidah/article/download/21/31

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.